Kami menggunakan cookies demi memberikan layanan terbaik di website Telkomsel Orbit Selengkapnya tentang kebijakan cookies /assets/images/icon-arrow-right-light.svg
6 Cara Mudah Mengubah TV Biasa Menjadi Smart TV

6 Cara Mudah Mengubah TV Biasa Menjadi Smart TV

Perkembangan teknologi yang semakin pesat membuat banyak hal di sekitar kita bertransformasi dan dibuat sedemikian rupa menyesuaikan kebutuhan manusia. Salah satunya adalah kebutuhan kita akan hiburan yang praktis dan cepat, terutama di masa pandemi seperti saat ini. Jika dulu ketika ingin mendengarkan musik saat bepergian Anda harus membawa beberapa jenis kaset serta Walkman di dalam tas, kini Anda hanya perlu membawa smartphone karena Anda bisa mendengarkan lagu dalam format digital.

Begitu pula dengan televisi. Selain bentuk yang berubah dari cembung menjadi flat screen, fitur-fitur yang ditawarkan pun turut berkembang, mulai dari teknologi VCR (Video Cassette Recorder) untuk merekam siaran televisi, sambungan ke TV kabel untuk menonton tayangan-tayangan dari luar negeri, hingga smart TV yang dapat terhubung dengan internet. Lantas, apa yang membuat smart TV terlihat lebih istimewa dibandingkan dengan TV konvensional pada umumnya?

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, TV jenis ini bisa disambungkan dengan koneksi internet menggunakan modem WiFi terbaik untuk smart TV sehingga Anda dapat menjelajahi dunia maya melalui situs internet, bermain game secara online, hingga streaming video selayaknya komputer. Dengan fitur yang canggih tersebut, tak heran apabila banyak yang memutuskan untuk beralih dari TV biasa menjadi smart TV.

Beragam cara mengubah TV biasa jadi smart TV

Sayangnya, karena keunggulannya tersebut harga TV ini menjadi relatif lebih mahal dibandingkan TV konvensional dan terasa cukup berat bagi sebagian. Nah, jika Anda termasuk salah satu yang ingin merasakan fitur-fitur canggih smart TV namun terhambat masalah biaya, cara berikut ini untuk mengubah TV biasa Anda menjadi smart TV tanpa perlu membeli perangkat TV baru. Simak sampai habis, ya!

1. Pastikan TV Anda Memiliki Port HDMI

Setelah menentukan TV box yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan Anda, pastikan TV Anda memiliki port HDMI atau High-Definition Multimedia Interface yang nantinya akan disambungkan ke perangkat TV box tersebut. Teknologi HDMI ini sendiri biasanya terdapat pada perangkat elektronik seperti proyektor ataupun pemutar DVD dengan fungsi menyalurkan sinyal audio maupun video berkualitas tinggi dari perangkat lain ke layar TV.

2. Pasang Streaming Stick

Salah satu cara untuk mengubah TV biasa Anda menjadi TV pintar adalah dengan memasang streaming stick ke sambungan HDMI pada TV. Streaming stick adalah pemutar media portabel yang budget-friendly dengan ukuran kira-kira sebesar USB, sehingga perangkat ini tidak memakan ruang banyak dan bahkan bisa Anda bawa bepergian. Meski begitu, ruang penyimpanan pada streaming stick juga biasanya terbatas dan proses bekerja prosesornya tak secepat TV box.  

3. Pilih Smart Media Player Sesuai Keinginan

Cara lain yang bisa Anda coba untuk mengubah TV biasa menjadi TV pintar adalah  adalah dengan memasang smart media player atau sering disebut TV box. Perangkat ini merupakan hardware yang memiliki sistem operasi serupa dengan smartphone sehingga dapat digunakan untuk streaming film hingga bermain game. Selayaknya smartphone, TV box yang tersedia di pasaran kini juga sudah semakin beragam. Anda bisa menyesuaikan jenisnya dengan kebutuhan Anda dan keluarga dengan melihat segala kekurangan maupun kelebihannya sebagai bahan perbandingan.

4. Sambungkan TV Box Menggunakan Sambungan HDMI

Saatnya menyambungkan smart media player pilihan Anda ke TV di rumah dan lihat apakah TV Anda dapat menangkap serta mendeteksi sinyal perangkat tersebut dengan baik. Pastikan kabel HDMI yang Anda gunakan sesuai dengan instruksi pemasangan, ya. Jika Anda menggunakan kabel yang tidak sesuai, maka TV Anda akan gagal membaca perangkat TV box yang akan Anda pasang tersebut.

5. Aktifkan Koneksi internet Menggunakan Port LAN atau WiFi

Jika TV box sudah terpasang dan terdeteksi dengan baik oleh TV Anda, kini Anda tinggal mengaktifkan koneksi internet menggunakan kabel ethernet melalui port LAN atau modem WiFi untuk Smart TV agar TV box tersebut dapat beroperasi dengan baik. Pastikan koneksi internet yang tersambung stabil dan cukup cepat agar semua fitur bisa diakses sehingga Anda dapat menikmati fitur-fitur canggih selayaknya smart TV pada umumnya. Jangan sampai streaming film atau momen bermain game kesukaan Anda jadi terganggu karena buffering maupun koneksi yang terputus secara tiba-tiba. Oleh karena itu, selalu pastikan Anda menggunakan provider internet rumah yang terbaik, misalnya tentu saja Telkomsel Orbit.

6. Lengkapi TV Pintar Anda dengan Keyboard Wireless.

Supaya pengalaman Anda dalam menikmati fitur-fitur TV pintar terasa lebih lengkap, Anda bisa membeli keyboard wireless yang khusus diciptakan untuk smart TV. Keyboard jenis ini biasanya sudah dilengkapi dengan touch pad yang berfungsi sebagai mouse. Sehingga, 

Anda bisa mengoperasikan web browser seperti komputer pada umumnya serta memudahkan Anda saat memilih film yang akan ditonton. Cukup menarik, bukan? 

Itulah 6 cara jitu mengubah TV biasa menjadi Smart TV. Bagaimana? Apakah Anda tertarik untuk mencobanya? Cara ini bisa menjadi solusi apabila Anda ingin upgrade TV di rumah tanpa harus mengeluarkan biaya besar, karena Anda hanya memerlukan TV box yang tepat dan serta koneksi internet yang stabil.

Baca juga: Berikut Paket Internet Rumah Seharga 100 Ribuan untuk Kamu!

Apabila Anda mengalami gangguan koneksi ketika sedang asyik menonton film favorit, Anda tak perlu khawatir karena Telkomsel Orbit siap jadi pendukung pertama pada masalah koneksi. Anda bisa memilih modem WiFi untuk smart TV sesuai kebutuhan Anda dengan melihat spesifikasi lengkap beserta keunggulannya di website resmi MyOrbit. Pokoknya, dengan Telkomsel Orbit, #SemuaDone!

Telkomsel Orbit

  • 6545