Kami menggunakan cookies demi memberikan layanan terbaik di website Telkomsel Orbit Selengkapnya tentang kebijakan cookies /assets/images/icon-arrow-right-light.svg
6 Cara Memperkuat Sinyal WiFi Modem Orbit Sampai ke Sudut Rumah

6 Cara Memperkuat Sinyal WiFi Modem Orbit Sampai ke Sudut Rumah

Apakah Anda mengalami kendala jaringan internet WiFi yang lambat dan sinyal yang tidak merata di area rumah? Sering kali, masalah ini membuat Anda dan keluarga terpaksa mengandalkan tethering dari handphone supaya aktivitas belajar online dan meeting virtual tetap berjalan lancar. Namun selain merepotkan, solusi ini juga belum tentu jadi cara efektif untuk menjaga internet rumah tetap lancar.

 

Lalu, bagaimana ya cara memperkuat sinyal WiFi agar tetap stabil dan dapat menjangkau sampai ke tiap sudut rumah? Satu hal yang mesti Anda perhatikan adalah di mana Anda meletakkan modem WiFi. Kenapa? Ini karena menurut kajian Ilmu Fisika dari Imperial College, London, Inggris, lokasi modem WiFi dapat memengaruhi kualitas sinyal dan jangkauan penyebaran sinyalnya. 

 

Nah, kalau Anda sudah memiliki modem Telkomsel Orbit, pastikan modem tersebut diletakkan di tempat yang tepat. Berikut ini adalah rekomendasi terbaiknya yang bisa Anda coba di rumah. 

 

  1. Letakkan Modem Orbit Telkomsel di Tempat yang Tinggi 

Ini menjadi hal paling krusial sebagai cara memperkuat sinyal modem WiFi di rumah. Sebab, perangkat WiFi menyebarkan gelombang radio ke segala arah dalam radius berbentuk lingkaran. Saran terbaik, Anda dapat menyimpan modem WiFi di atas lemari, rak, ataupun ditempel pada dinding bagian atas. 

 

Semakin tinggi lokasi modem WiFi, semakin luas jangkauannya, terutama bagi Anda yang tinggal di rumah dengan tipe dua lantai. Supaya sinyal yang dipancarkan lebih optimal, Anda juga bisa mempertimbangkan untuk membeli modem Orbit yang dapat dipasang antena eksternal.

 

  1. Pastikan Modem WiFi Terpasang di Area Tengah Rumah 

Tidak disarankan meletakkan modem Telkomsel Orbit di bagian sudut rumah. Posisi seperti ini dapat membatasi jangkauan sinyalnya, sehingga Anda tidak dapat menggunakan koneksi internet dari modem Orbit di ruangan tertentu. Selain itu, jika modem WiFi dipasang pada sudut rumah berpotensi untuk diakses dan digunakan oleh orang lain dari luar rumah. Anda tidak mau kan, kuota internet Orbit cepat habis karena dipakai selain Anda dan anggota keluarga? 

 

  1. Atur Posisi Modem WiFi Agar Terpasang di Tempat Terbuka 

Anda pastinya ingin sinyal kuat yang dipancarkan dari modem WiFi seperti Telkomsel Orbit tetap stabil di ruangan mana pun. Oleh sebab itu, pastikan Anda meletakkan modem di ruangan rumah yang tidak terhalang oleh tembok, misalnya area ruang keluarga. Dengan begitu, sinyal WiFi dapat menyebar hingga ke sudut-sudut rumah Anda.

 

  1. Pasang Modem Telkomsel Orbit di Tempat yang Jauh dari Perangkat Elektronik 

Tahukah, Anda? Sebagian perangkat elektronik seperti microwave, memancarkan gelombang radio yang sama dengan modem WiFi, yaitu pada frekuensi 2.4 Ghz. Jika, keduanya berada dalam jarak yang berdekatan dapat menyebabkan terjadinya interferensi sinyal. Akibatnya, sinyal yang dikirim dari modem WiFi terganggu dan dapat menurunkan kecepatan atau kualitas koneksi internetnya. Untuk itu, pastikan modem Telkomsel Orbit dipasang berjauhan dari perangkat elektronik lainnya, ya.

 

  1. Jaga Jarak Antara Modem WiFi dengan Benda yang Terbuat dari Logam

Posisi modem Orbit Telkomsel yang berdekatan dengan benda dari logam, seperti kabinet atau rak, dapat mengurangi kekuatan gelombang elektromagnetik yang dipancarkannya. Hal tersebut, menyebabkan kecepatan koneksi internet dapat melambat. Jadi, hindari meletakkan modem WiFi di ruangan yang banyak terdapat benda logamnya, misalnya dapur. 

 

  1. Pastikan Posisi Modem WiFi Berjauhan dengan Cermin

Cara memperkuat sinyal WiFi agar merata di rumah, juga tergantung dari hal yang satu ini. Mungkin terdengar sepele bagi Anda, namun kenyataannya posisi modem yang berdekatan dengan cermin dapat memengaruhi kualitas sinyal dari modem WiFi. Penyebabnya adalah kemampuan material cermin atau benda-benda yang sifatnya reflektif (memantulkan cahaya) dapat memantulkan gelombang radio dari modem, sehingga mengakibatkan sinyal WiFi yang dipancarkan ke area rumah terganggu dan membuat performanya menurun. 

 

Semoga 6 tips di atas dapat membantu Anda dan keluarga dalam mendapatkan koneksi internet yang stabil di area mana pun di dalam rumah. Jika tiba-tiba saat buka page di browser terasa lama atau terjadi buffering waktu lagi streaming film, bisa jadi ada yang kurang tepat dengan lokasi pemasangan modem WiFi. 

 

Baca Juga: Cara Mengatasi WiFi Tersambung Tanpa Koneksi Internet

 

Tidak perlu repot mencoba berbagai cara memperkuat sinyal WiFi. Pastikan posisi modem berada di tempat yang tepat, supaya Anda dan keluarga dapat terus produktif menjalani rutinitas di rumah. Tetap nyaman dan produktif selama masa PPKM ini bersama modem Telkomsel Orbit. Dengan kualitas internet seluler terbaik melalui jaringan 4G LTE milik Telkomsel, modem Orbit siap menjadi pendukung pertama di kala koneksi internet rumah melambat dan tidak merata. Segera dapatkan modem Telkomsel Orbit dengan harga lebih hemat dan bonus 150 GB untuk 6 bulan, dengan memanfaatkan promo FantaSix. Beli di sini.

Telkomsel Orbit

  • 1122