Kami menggunakan cookies demi memberikan layanan terbaik di website Telkomsel Orbit Selengkapnya tentang kebijakan cookies /assets/images/icon-arrow-right-light.svg
Cara Menstabilkan Sinyal Modem: Internetan Mulus Tanpa Putus

Cara Menstabilkan Sinyal Modem: Internetan Mulus Tanpa Putus

Internet sudah menjadi kebutuhan penting sehari-hari. Tapi, kadang koneksi internet jadi lambat dan tidak stabil sehingga menghambat pekerjaan dan aktivitas kita. Inilah pentingnya memahami cara-cara menstabilkan sinyal modem. 

Kamu mungkin pernah mengalami kendala sinyal internet yang tidak merata di dalam rumah. Waktu internetan di ruang keluarga, sinyalnya kencang. Tapi, pas internetan di dalam kamar, sinyalnya malah jadi lambat. 

Pernah mengalami masalah seperti itu? Salah satu kemungkinan penyebabnya adalah sinyal modem yang tiba-tiba melemah. Apa yang menyebabkan hal ini terjadi? 

Berikut dua faktor yang bisa memengaruhi sinyal modem. 

  • Jarak dan halangan fisik 

Biasanya, internet jadi lemot bila posisi kamu atau perangkat yang kamu gunakan terlalu jauh dari modem. Hal ini mengakibatkan perangkatmu tidak menangkap sinyal WiFi secara optimal. Jarak yang jauh membuat sinyal sulit menembus tembok atau benda penghalang lainnya. 

  • Gangguan jaringan lain 

Tahukah kamu? Kualitas jaringan internet kita juga dipengaruhi oleh perangkat lain yang beroperasi pada frekuensi yang sama, seperti gadget, bluetooth, dan microwave. Perangkat-perangkat ini bekerja pada frekuensi 2,4 GHz, sama seperti kebanyakan modem. Akibatnya, muncul interferensi yang menurunkan kecepatan koneksi. Selain itu, jaringan wireless dari tetangga juga bisa jadi penyebab koneksi internetmu jadi lemot. 

 

Cara Memperkuat dan Menstabilkan Sinyal Modem 

Beruntungnya, masalah koneksi internet yang lambat seringkali bisa diatasi sendiri dengan beberapa langkah sederhana. Kamu tidak perlu repot memanggil teknisi atau mengubah provider internet. 

Kamu hanya perlu tahu beberapa cara menstabilkan sinyal modem, cara bikin penguat sinyal modem, dan cara memperkuat sinyal modem. Berikut tipsnya: 

  • Ubah posisi dan arah modem 

Perangkat modem memancarkan gelombang radio yang menyebar ke segala arah, membentuk pola seperti lingkaran. Agar sinyal modem dapat menjangkau seluruh ruangan dengan merata, sebaiknya letakkan modem di tempat yang tinggi yang bebas dari penghalang. Misalnya, di atas lemari, rak buku, atau ditempelkan pada dinding bagian atas. Posisi yang tinggi akan membantu meminimalisir gangguan dari benda-benda lain yang dapat menghalangi sinyal. 

Hindari meletakkan modem di sudut ruangan atau di lantai bawah karena hal ini dapat membatasi jangkauan sinyal. Dengan memilih posisi yang strategis, sinyal modem dapat tersebar lebih merata dan kuat ke seluruh area rumah. 

  • Jauhkan dari perangkat elektronik lain 

Menempatkan modem jauh dari perangkat elektronik sangat penting untuk memastikan memastikan sinyal modem tetap kuat dan stabil. Perangkat seperti TV dan speaker dapat menghasilkan interferensi yang mengganggu kekuatan sinyal Wi-Fi, mengurangi kecepatan dan jangkauannya.   

Tahukah kamu? Sinyal modem juga bisa terganggu oleh gelombang elektromagnetik dari perangkat seperti microwave. Frekuensi kerja microwave yang dekat dengan Wi-Fi 2.4 GHz bisa menyebabkan sinyal menjadi lemah, terutama jika microwave sudah usang. Maka itu, cek kembali posisi modem, dan pastikan lokasinya berjauhan dari perangkat elektronik lainnya.  

Dengan meminimalkan jarak antara modem dan perangkat elektronik lain, Anda dapat meningkatkan stabilitas koneksi dan memperkuat sinyal modem di seluruh rumah, sehingga mampu menembus hambatan seperti tembok tebal dengan lebih efektif. 

  • Tidak berdekatan dengan benda logam 

Hal lain yang perlu diperhatikan untuk memperkuat sinyal modem di rumah adalah menempatkan modem Wi-Fi jauh dari benda logam. Benda logam dapat menghalangi atau memantulkan sinyal Wi-Fi, sehingga mengurangi jangkauan dan kualitas koneksi.  

Ketika modem berada di dekat logam, sinyal dapat terdistorsi, menyebabkan koneksi menjadi lambat atau tidak stabil. Dengan menghindari penempatan modem di sekitar benda logam, sinyal modem dapat tersebar lebih baik dan mampu menembus hambatan seperti dinding, memastikan koneksi yang lebih kuat dan andal di seluruh rumah. 

  • Pastikan posisi modem berjauhan dengan cermin 

Menempatkan modem jauh dari cermin juga dapat membantu menjaga kualitas sinyal modem di rumah. Cermin dapat memantulkan sinyal, yang mengakibatkan interferensi dan melemahkan kekuatan sinyal.  

Pantulan ini bisa membuat sinyal modem menjadi tidak stabil dan mengurangi efektivitas koneksi internet. Dengan menempatkan modem di lokasi yang bebas dari pantulan cermin, sinyal modem dapat bergerak lebih lancar tanpa gangguan, menghasilkan koneksi internet yang lebih baik dan konsisten. 

  • Pakai password yang kuat 

Internet lambat di rumah bisa jadi pertanda adanya “penumpang gelap” yang menumpang koneksi Wi-Fi kita. Saat banyak perangkat tidak dikenal terhubung ke jaringan, kecepatan internet akan melambat secara signifikan. Untuk mencegah hal ini, sangat penting untuk menggunakan kata sandi atau password modem Wi-Fi yang kuat dan unik.  

  • Lakukan on-off modem secara berkala 

Modem yang terus-menerus beroperasi akan menghasilkan panas yang cukup signifikan. Panas berlebih ini tidak hanya dapat mengganggu kinerja modem, tetapi juga berpotensi merusak komponen di dalamnya. 

Untuk mencegah hal itu terjadi, kamu bisa mematikan modem secara berkala, misalnya saat tidur atau ketika tidak digunakan dalam waktu yang cukup lama. Memberikan waktu istirahat pada modem akan membantu menjaga suhu komponen tetap stabil dan memperpanjang usia pakainya. 

  • Optimalkan pengaturan modem 

Untuk mendapatkan koneksi yang lebih stabil dan meminimalkan gangguan sinyal, kamu bisa mencoba mengatur frekuensi modem ke 5 GHz. Frekuensi 5 GHz ini lebih sedikit mengalami interferensi dari perangkat lain di sekitar sehingga koneksi internet yang dihasilkan lebih lancar dibandingkan dari frekuensi 2.4 GHz. 

  • Gunakan penguat sinyal 

Cara menstabilkan sinyal modem selanjutnya adalah menggunakan penguat sinyal. Kamu bisa mulai mencoba penguat sinyal Wi-Fi tembus tembok. Aplikasi penguat sinyal bekerja dengan cara mengoptimalkan pengaturan jaringan Wi-Fi pada perangkat kamu. Aplikasi ini dapat membantu meningkatkan kekuatan sinyal agar tembus tembok dan mengurangi penggunaan daya.  

Contoh aplikasi yang bisa dipakai untuk mendukung cara bikin penguat sinyal modem: 

  • Wifi Signal Booster 

  • Wifi Booster 

  • Network Speed Booster 

 

  • Hubungi ISP 

Cara menstabilkan sinyal modem yang ini bisa kamu lakukan bila cara memperkuat sinyal Telkomsel yang lain tidak berhasil. Kamu bisa menghubungi penyedia layanan internet (ISP) yang kamu pakai untuk minta bantuan. Mereka biasanya memiliki tim teknis yang siap membantu mendiagnosis masalah dan memberikan solusi, seperti memeriksa jaringan, mengganti perangkat, atau menyesuaikan pengaturan. 

cara menstabilkan sinyal modem

Buat kamu yang selama ini mengalami kendala internet lemot, mungkin sudah saatnya beralih ke Telkomsel Orbit yang menawarkan fitur unggulan untuk koneksi internet yang stabil dan cepat. 

Telkomsel Orbit menggunakan koneksi 4G LTE berkualitas dengan jangkauan yang sudah mulai merata ke hampir seluruh area di Indonesia. Bahkan, sebagian wilayah, seperti Jakarta dan Tangerang, telah memiliki jangkauan koneksi 5G. Dengan internet cepat ini, kamu bisa bekerja dengan produktif, bermain dengan nyaman, atau menonton film dan streaming tanpa terganggu buffering

Modem Orbit tersedia dalam berbagai pilihan yang menggunakan frekuensi 2.4 GHz (single-band) maupun 2.4 GHz & 5 GHz (dual-band).  Kamu tinggal pilih saja mana yang paling sesuai dengan kebutuhanmu. 

Yuk, segera cek pilihan produk modem Orbit untuk kamu dan keluarga di sini. Jangan lupa juga untuk menerapkan cara memperkuat sinyal di atas agar modem Orbit kamu bebas dari buffering yang mengganggu. 

Telkomsel Orbit

  • 36900