Kami menggunakan cookies demi memberikan layanan terbaik di website Telkomsel Orbit Selengkapnya tentang kebijakan cookies /assets/images/icon-arrow-right-light.svg
Cara Pasang WiFi Tanpa Kabel di Rumah Kontrakan

Cara Pasang WiFi Tanpa Kabel di Rumah Kontrakan

Saat ini, koneksi internet di rumah telah menjadi sebuah kebutuhan bagi keluarga. Namun memasang jaringan internet tidak selalu semudah kelihatannya, apalagi bagi yang masih menghuni rumah kontrakan.

Selain perizinan, biaya yang dikeluarkan di awal pun belum tentu sedikit. Pasalnya, memasang internet kabel biasanya memiliki keterbatasan jangkauan dan proses pemasangan yang relatif butuh bantuan teknisi.

Oleh karena itu, banyak orang yang kini memilih untuk menggunakan WiFi tanpa kabel di rumah kontrakannya. Selain praktis, biaya yang perlu dikeluarkan pun relatif lebih murah.

Nah, buat kamu yang lagi cari solusi internet rumah terbaik, kamu bisa simak artikel ini sampai habis. Artikel ini akan membahas mengenai bagaimana cara memasang internet rumah tanpa kabel di rumah kamu. 

Dengan begitu, kamu bisa memperkirakan biaya yang diperlukan hingga apa yang dapat kamu nikmati dengan memasang Wifi tanpa kabel di kontrakanmu.

Cara Pasang WiFi Sebagai Internet Rumah Tanpa Kabel di Kontrakan

Pasang WiFi di kontrakan itu mudah dan praktis. Bagi kamu yang sedang mempertimbangkan untuk memasang dan menggunakannya di rumah kontrakan, ada beberapa cara yang dapat kamu coba.

Berikut adalah beberapa alternatif yang dapat kamu pilih dalam memasang internet rumah tanpa kabel:

1. Menggunakan Tethering atau Mobile Hotspot dari HP

Jika kamu memiliki smartphone, kamu bisa mengandalkan fitur mobile hotspot atau tethering. Dengan fitur tersebut, kamu dapat langsung terhubung ke internet di rumah kontrakan yang kamu huni.

Selain mudah untuk digunakan, modal yang kamu perlukan juga relatif kecil. Kamu hanya membutuhkan kartu SIM seluler yang terpasang pada smartphone dan memiliki paket data untuk terhubung ke internet.

Namun, metode ini tidak bisa dijadikan solusi untuk terhubung ke internet dalam jangka waktu yang lama. Pasalnya, metode ini bisa menguras dan menurunkan daya tahan baterai smartphone kamu dengan cepat.

Selain itu, smartphone yang kamu gunakan sebagai pemancar sinyal WiFi juga tidak dapat terkoneksi ke sinyal internet WiFi lainnya saat kamu mengaktifkan fitur tethering atau mobile hotspot.

Baca Juga: Berapa Biaya Pasang Wifi di Rumah

2. Menggunakan Modem Orbit Star N2

Cara berikutnya yang dapat kamu pertimbangkan adalah dengan menggunakan Modem WiFi. Pada umumnya, modem WiFi sendiri tidak membutuhkan koneksi kabel untuk terhubung ke jaringan penyedia layanan internet.

Di Indonesia, kamu bisa mendapatkannya dari penyedia layanan internet WiFi rumah terbaik, Telkomsel Orbit. Salah satu modem WiFi yang bisa kamu gunakan adalah modem Orbit Star N2.

Modem Orbit Star N2

Orbit Star N2 adalah wireless router 4G dari Telkomsel Orbit. Dengan menggunakan modem ini, konektivitas internet yang stabil serta kecepatan koneksi yang mumpuni bisa kamu nikmati. 

Ini berkat dukungan jaringan luas dan stabil dari Telkomsel yang sudah mencakup hingga lebih dari 96% wilayah Indonesia. Ditambah lagi, teknologi yang diadopsi oleh Orbit Star N2 juga sudah sangat baik.

Orbit Star N2 sudah dilengkapi dengan teknologi Wifi 2,4 Ghz dan MIMO 2x2 LTE. Kecepatan rata-ratanya pun bisa mencapai hingga 15 Mbps.

Kamu dan keluarga tidak perlu khawatir saat akan menggunakan jaringan terpercaya Telkomsel Orbit secara bersamaan. Ini karena Orbit Star N2 juga mendukung untuk terhubung  hingga 32 pengguna secara bersamaan.

Di samping itu, untuk pengalaman internet yang lebih stabil, kamu bisa menghubungkan komputer atau laptopmu ke modem dengan kabel LAN. Pasalnya, modem ini memiliki sebuah port LAN di bagian belakangnya.

Bagian menariknya, kamu juga dapat menikmati secara langsung bonus kuota sebesar 150 GB selam 6 bulan setelah melakukan aktivasi.

Bagi kamu yang tertarik untuk membeli Orbit Star N2, segera kunjungi situs resmi Telkomsel Orbit atau e-commerce favoritmu dan dapatkan Orbit Star N2 seharga Rp519.000 saja.

Menggunakan modem WiFi menjadi solusi fleksibel untuk digunakan di kontrakan atau daerah yang belum terjangkau oleh layanan WiFi kabel. Selain praktis, modem dapat dipindah ke setiap sudut rumah dengan mudah.

Baca Juga: Cara Pasang Wifi Tanpa Kabel

3. Menggunakan Router USB

Cara lainnya yang dapat kamu coba adalah menggunakan router USB. Router USB sendiri merupakan alat yang berfungsi sebagai pihak ketiga dalam memancarkan sinyal yang diterima oleh USB modem. Salah satunya seperti modem TP Link MR3420 yang dapat kamu sambungkan dengan modem USB mu.

Untuk menggunakan router USB kamu memerlukan modem USB yang memiliki kartu seluler dan paket data, serta router USB itu sendiri. Setelah kamu mengatur dan menghubungkan modem USB tersebut ke router tersebut, barulah kamu dapat menikmati internet yang dapat terhubung ke beberapa gawai yang ada di rumah kontrakan.

Selain memancarkan secara nirkabel, sebagian router USB juga memiliki port LAN sebagai opsi konektivitas lainnya. Port LAN cocok untuk kamu yang ingin menghubungkan router tersebut dengan komputer mu secara langsung. Untuk mencoba metode ini, kamu perlu merogoh kocek sekitar Rp.600.000 an untuk membeli alat dan paket data yang diperlukan.

Baca Juga: Cara Pasang WiFi di Kosan

Kelebihan Pasang WiFi Tanpa Kabel di Rumah Kontrakan

Setelah mengetahui beberapa cara dan biaya yang diperlukan untuk memasang WiFi tanpa kabel di rumah kontrakan, berikut adalah keuntungan yang dapat kamu rasakan menggunakan pilihan ini:

1. Mudah untuk Melakukan Pemasangan dan Pengaturan

Pasang WiFi di kontrakan itu jauh lebih mudah dibanding memasang internet kabel yang membutuhkan bantuan teknisi. Selain itu, kamu juga memiliki keleluasaan dalam mengatur tata letak perangkat WiFi sebagai sumber internet.

Mengatur perangkat WiFi juga mudah, apalagi kalau kamu menggunakan layanan dari Telkomsel Orbit. Kamu hanya perlu mengunduh aplikasi MyOrbit dan seluruh pengaturan bisa dilakukan dari genggamanmu.

Aplikasi MyOrbit bisa kamu unduh di Play Store untuk perangkat Android dan Apps Store untuk iOS. Dengan MyOrbit, kamu juga bisa membeli paket data Orbit dan memonitor pemakaian internet kamu!

2. Biaya yang Lebih Hemat

Kelebihan lainnya yaitu dari sisi biaya. Harga WiFi tanpa kabel bisa lebih hemat karena tidak ada biaya tambahan di awal pemasangan internet. Selain itu, biaya penggunaan internet juga bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan.

Hal ini akan memberikan kamu kebebasan dalam mengatur keuangan agar tidak menguras kantong. Pasalahnya, internet kabel pada umumnya memiliki harga tetap yang harus dibayarkan setiap bulannya.

Sedangkan internet WiFi seperti Telkomsel Orbit menawarkan harga paket data yang bervariasi. Kamu bisa bisa membeli paket data untuk mendukung produktivitasmu mulai dari Rp21.000 saja.

3. Pemantauan Internet yang Mudah

Terakhir, kamu juga memiliki kemudahan dalam memonitor penggunaan internetmu jika menggunakan layanan WiFi tanpa kabel di rumah kontrakan. Pasalnya, penyedia layanan biasanya menyediakan aplikasi yang bisa kamu unduh ke ponsel.

Jika kamu menggunakan Telkomsel Orbit, kamu bisa mengunduh aplikasi MyOrbit. Dengan aplikasi ini, kamu dapat mengatur dan membatasi pemakaian internetmu.

Selain itu, tersedia juga fitur filter yang dapat membatasi akses ke situs-situs dengan konten bermuatan negatif. Dengan begitu, internet bisa digunakan lebih aman dan nyaman oleh keluarga dan dirimu sendiri.

Setelah mengetahui cara dan perkiraan biaya untuk pasang internet rumah tanpa kabel, pastikan untuk memilih penyedia layanan WiFi tanpa kabel terbaik seperti Telkomsel Orbit.

Dengan dukungan jaringan luas dari Telkomsel, kamu bisa internetan dengan nyaman di mana saja. Pasalnya, jaringan Telkomsel sudah mencakup sekitar 96% wilayah di Indonesia.

Kamu juga bisa mengecek cakupan jaringan Telkomsel Orbit di daerah hunianmu terlebih dahulu sebelum membeli modem Orbit di sini

Kalau wilayahmu belum terjangkau jaringan Telkomsel Orbit, kamu bisa mengirimkan data lengkapmu. Lalu, Telkomsel Orbit akan menginformasikan jika lokasi kamu telah terjangkau oleh jaringan Orbit.

Pastikan juga untuk mengunjungi situs resmi Telkomsel Orbit bila ingin membeli modem dan paket data yang dapat kamu gunakan untuk internetan di rumah. Terima kasih telah memilih Orbit sebagai solusi internet rumah kamu.

  • 2235