Kami menggunakan cookies demi memberikan layanan terbaik di website Telkomsel Orbit Selengkapnya tentang kebijakan cookies /assets/images/icon-arrow-right-light.svg
Ini Dia 5 Perbedaan Frekuensi 2.4 GHz dan 5 GHz pada Modem Orbit!

Ini Dia 5 Perbedaan Frekuensi 2.4 GHz dan 5 GHz pada Modem Orbit!

Penggunaan internet sebagai bagian dari kehidupan sehari-hari membuat perangkat WiFi menjadi salah satu kebutuhan krusial agar produktivitas tetap terjaga. Itu sebabnya, penting bagi Anda untuk memahami informasi seputar spesifikasi dari WiFi router yang Anda gunakan, sekaligus mengetahui kelebihan Telkomsel Orbit, sehingga akan lebih mudah bagi Anda untuk menemukan modem Orbit yang tepat sebagai solusi dari masalah pada koneksi yang sering Anda temui.

Salah satu informasi yang perlu diketahui adalah pengertian mengenai frekuensi 2.4 GHz dan 5 GHz yang sering ditemui pada perangkat dengan konektivitas WiFi. Apa sih yang dimaksud dengan frekuensi 2.4 GHz dan 5 GHz?

Pengertian Frekuensi 2.4 GHz dan 5 GHz

Frekuensi 2.4 GHz (2400 MHz) merupakan sinyal yang bisa ditemukan pada hampir semua perangkat nirkabel di sekitar kita, seperti remote TV, remote kunci mobil, serta WiFi router. Sinyal ini memiliki cakupan yang cukup luas dengan sinyal relatif lebih kuat.

Sedangkan untuk frekuensi 5 GHz (5000 MHz), karena gelombang jenis ini masih terhitung baru, perangkat yang menggunakan frekuensi ini tidak sebanyak 2.4 Ghz. Sehingga, frekuensinya bisa dikatakan lebih kuat meskipun cakupannya cenderung lebih pendek. Jadi, performanya akan terasa lebih baik ketika digunakan berdekatan dengan perangkat yang memerlukannya, seperti modem WiFi portable.

Setelah mengetahui pengertian dari kedua frekuensi tersebut, Anda juga sebaiknya mengetahui perbedaan keduanya secara rinci sekaligus melihat kelebihan Telkomsel Orbit sebelum memutuskan modem Orbit jenis apa yang akan Anda pilih. Lantas, apa saja kah perbedaannya?

  1. Jangkauan Sinyal

Perbedaan pertama yang ada pada frekuensi 2.4 GHz dan 5 GHz terletak pada jangkauan sinyalnya. Sesuai dengan rumus fisika, semakin tinggi suatu frekuensi maka gelombangnya pun semakin pendek, dan berlaku sebaliknya. Dengan ini, maka bisa disimpulkan bahwa jaringan yang ada pada frekuensi 2.4 GHz memiliki gelombang panjang sehingga jangkauannya lebih jauh, namun kekuatan sinyal lebih lebih lemah dibandingkan 5 GHz. Meski begitu, perlu dipahami juga bahwa kuat dan lemahnya sinyal, juga tergantung pada kondisi ruangan tempat modem berada, seperti halangan akibat adanya dinding yang cukup tebal serta lantai keramik. Karena masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan, Anda hanya perlu menyesuaikan pilihan dengan kebutuhan Anda maupun keluarga.  

  1. Interferensi atau Gangguan pada Perangkat

Tahukah Anda? Gadget yang memiliki konektivitas WiFi ternyata bisa menimbulkan gangguan pada perangkat nirkabel lain atau yang lebih sering disebut dengan istilah interferensi, lho. Pada umumnya, gadget yang memiliki konektivitas WiFi menggunakan frekuensi jaringan 2.4 GHz. Nah, adanya perangkat dengan frekuensi sama secara bersamaan berpotensi mengalami penurunan kecepatan pada jaringan yang digunakan karena terjadinya tabrakan antar frekuensi serta channel yang sama. Oleh sebab itu, tak sedikit orang yang lebih memilih jaringan 5 GHz meskipun frekuensi ini juga sama-sama berpotensi mengalami interferensi dan hanya bekerja dengan baik dalam jarak dekat.

  1. Bandwidth atau Kecepatan Transmisi Data

Ketika memilih modem WiFi, Anda tentu mencari perangkat yang memiliki kemampuan untuk mengirim atau menerima data dengan lebih cepat. Hal ini menjadi salah satu pertimbangan utama, terutama di masa serba digital seperti sekarang yang membutuhkan koneksi internet cepat dan stabil. Nah, pada WiFi dengan frekuensi 2.4 GHz, transmisi data yang terjadi cenderung lebih lambat karena tingkat interferensinya cukup tinggi. Sedangkan frekuensi 5 GHz dipercaya memiliki bandwidth yang lebih tinggi sehingga dianggap lebih menguntungkan untuk keperluan streaming video maupun game. Meski begitu, kecepatan transmisi data ini juga tergantung pada ISP (Internet Service Provider) yang digunakan dan inilah yang menjadi salah satu kelebihan Telkomsel Orbit. Dengan tingkat kecepatan data hingga 50 Mbps, Anda tetap bisa merasakan koneksi internet yang cepat baik dengan frekuensi 2.4 GHz maupun 5 GHz.

  1. Kompatibilitas Perangkat

Adanya dua jenis frekuensi berbeda yang bisa ditemui pada perangkat WiFi tidak menjamin bahwa seluruh gadget yang ada dapat terhubung dengan dua frekuensi tersebut. Mengingat penggunaan frekuensi 5 GHz ini terbilang baru, tidak semua perangkat bisa terhubung dengan jaringan WiFi ini terutama apabila gadget yang Anda gunakan hanya support frekuensi 2.4 GHz. Sebaliknya, apabila perangkat Anda sudah mendukung frekuensi 5 GHz, maka gadget Anda bisa terhubung dengan kedua jaringan tersebut, yakni 2.4 GHz dan 5 GHz.

  1. Protokol

Hal terakhir yang membedakan kedua jaringan ini adalah protokol yang digunakan. Ketika membeli modem WiFi, Anda akan menemukan sebuah kode pada produk tersebut yang dikenal dengan istilah protokol jaringan wireless IEEE 802.11. Biasanya, untuk frekuensi 2.4 GHz, protokol yang digunakan adalah 802.11/b/g/n. Sedangkan untuk 5 GHz, protokol yang digunakan adalah 802.11a/n/aC. Protokol-protokol ini merupakan standar yang dikeluarkan oleh IRRR (Institute of Electronic and Electrical Engineer) sebagai informasi mengenai spesifikasi dari teknologi yang dipakai oleh WiFi router tersebut, tak terkecuali modem Orbit.

Baca juga: Modem Orbit Mana Yang Cocok Untuk Kamu?

Perbedaan antara dua jenis frekuensi yang terdapat pada WiFi router ini mungkin membuat Anda sedikit bingung untuk memutuskan pilihan mana yang terbaik. Salah satu cara paling mudah adalah tentukan terlebih dahulu kebutuhan Anda, kemudian cek spesifikasi lengkap dari modem Telkomsel Orbit dan disesuaikan dengan keperluan tersebut. 

Mengenal Berbagai Fitur Keunggulan dan Kelebihan Telkomsel Orbit 

Sebelum menjatuhkan pilihan, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu beberapa fitur keunggulan dan kelebihan Telkomsel Orbit berikut ini:

  • Pemasangan Modem Secara Mandiri

Salah satu kelebihan dari modem Telkomsel Orbit adalah Anda bisa langsung memasang perangkat home internet wireless ini sesampainya di rumah Anda tanpa bantuan teknisi. Setelah itu, Anda tinggal melakukan aktivasi dan modem pun siap digunakan sebagai pendukung produktivitas Anda.

  • Kontrol Penuh Lewat Aplikasi

Setelah Anda menerima modem Orbit, Anda bisa langsung download aplikasi MyOrbit pada handphone sehingga Anda dapat mengontrol penggunaan kuota harian serta membatasi jumlah perangkat yang terhubung ke modem. 

  • Bayar Sesuai Kebutuhan Tanpa Komitmen Langganan

Anda merasa biaya berlangganan internet Anda terlalu mahal untuk frekuensi pemakaian yang cenderung jarang? Tak usah khawatir, salah satu kelebihan Telkomsel Orbit adalah Anda diberi kebebasan untuk membeli paket data sesuai kebutuhan dengan sistem prabayar tanpa harus berlangganan. Jadi lebih fleksibel, bukan?

Baca juga: Cara Beli Paket Data di Website Myorbit.id

  • Internet Cepat dengan 4G LTE & 5G

Menggunakan koneksi 4G LTE berkualitas dengan jangkauan Telkomsel Orbit yang sudah mulai merata ke hampir seluruh area di Indonesia, Anda bisa menikmati film dan streaming tanpa terganggu buffering. Tak hanya 4G LTE, modem Orbit juga memiliki jangkauan koneksi 5G yang sudah bisa digunakan di beberapa area tertentu di Jakarta maupun Tangerang. 

  • Memiliki Pilihan dengan Frekuensi Single-band (2.4 GHz) atau Dual-band (2.4 GHz & 5 GHz)

Satu lagi kelebihan Telkomsel Orbit yang bisa Anda jadikan bahan pertimbangan. Modem Orbit tersedia dalam berbagai pilihan yang menggunakan frekuensi 2.4 GHz (single-band) maupun 2.4 GHz & 5 GHz (dual-band).  Sehingga Anda pun bisa menyesuaikan pilihan modem dengan perangkat yang Anda punya.  

Tunggu apa lagi? Segera temukan modem Telkomsel Orbit untuk mendukung kebutuhan produktivitas Anda karena Anda bisa mendapatkan total kuota sebesar 150 GB (25 GB/30 hari selama 6 bulan) dengan promo FantaSix. Semoga informasi ini bermanfaat, ya!

Telkomsel Orbit

  • 1181