Kami menggunakan cookies demi memberikan layanan terbaik di website Telkomsel Orbit Selengkapnya tentang kebijakan cookies /assets/images/icon-arrow-right-light.svg
Menawarkan Kuota Data Besar, Apa yang Membedakan Orbit 2 Star dan Orbit Max?

Menawarkan Kuota Data Besar, Apa yang Membedakan Orbit 2 Star dan Orbit Max?

Dengan memperkenalkan modem Telkomsel Orbit pada pertengahan 2020, Telkom secara tak langsung membantu masyarakat mendapatkan layanan internet nirkabel terbaik yang terjangkau. Pasalnya sepanjang 2020, penggunaan internet di Indonesia mengalami peningkatan drastis karena transformasi digital yang masif akibat wabah Covid-19 sejak Maret 2020.

 

Menggunakan layanan internet secara bijak

Sampai kuartal II/2020, jumlah pengguna internet di Indonesia mencapai 196,7 juta atau 73,7% dari total populasi. Jumlah tersebut bertambah kurang lebih 25,5 juta pengguna dibandingkan 2019. Ketua Umum Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia atau APJII, Jamalul Izza, mengungkapkan bahwa kenaikan tersebut cukup signifikan saat membandingkannya dengan hasil survei seputar pengguna internet pada 2018.

 

Produk teknologi seperti modem Telkomsel Orbit pun semakin memudahkan masyarakat beraktivitas. Khususnya bagi mereka yang sedang merantau dan belum bisa pulang karena terhalang PSBB. Meski begitu, Anda juga harus memperhatikan pemakaiannya. Sebab, penggunaan paket data internet dari modem yang berlebih hanya akan membuat pengeluaran membengkak.

 

Jadi, supaya jatah kuota dari modem tak habis sebelum masa aktif berlaku, terapkan rangkaian tip berikut agar Anda lancar beraktivitas.

 

  • Memantau penggunaan kuota internet

Pencegahan pemakaian kuota internet berlebih dapat dilakukan sejak awal, yakni dengan memantau penggunaannya. Dalam hal ini, Telkom sudah menyertakan aplikasi MyOrbit yang bisa diinstal pada ponsel Anda setelah membeli modem Telkomsel Orbit. Dengan begitu, Anda tak perlu memanfaatkan aplikasi dari pihak ketiga.

 

Dengan MyOrbit, Anda bisa menentukan jumlah kuota internet yang digunakan per hari hingga perangkat yang terhubung dengan modem. Jadi, Anda tak perlu cemas kuota bakal cepat habis, sebab aplikasi tersebut sudah membantu Anda dalam pengaturannya.

 

  • Nonaktifkan fitur audio dan video

Selama pandemi, aktivitas seperti online meeting dan mengikuti kelas virtual membuat pemakaian kuota internet semakin boros. Namun, Anda juga tak bisa membatasinya karena akan mempengaruhi nilai atau performa kerja. Lantas, apa yang harus Anda lakukan supaya paket internet dari modem Telkomsel Orbit tak cepat terkuras?

 

Selain menginstal aplikasi MyOrbit, Anda bisa menonaktifkan fitur audio dan video apabila sedang tidak digunakan. Langkah ini juga dapat diterapkan saat Anda meeting atau mengikuti kelas online selama masih diizinkan.

 

  • Menggunakan peramban (browser) irit data

Peramban atau browser memegang peran penting saat kuliah atau kerja online. Akan tetapi, tak banyak yang tahu kalau browser bisa menguras konsumsi kuota internet. Anda bisa mengakalinya dengan menggunakan browser irit data yang juga tak membebani perangkat, salah duanya adalah Opera dan Mozilla Firefox.

 

Mozilla Firefox memang kalah populer dari Google Chrome, tetapi browser ini lebih bersahabat bagi Anda yang mengandalkan modem Telkomsel Orbit untuk kegiatan sehari-hari. Begitu pula dengan Opera yang merupakan peramban berbasis open source populer dan berbobot ringan.

 

Memilih modem yang sesuai dari Telkomsel Orbit

Selain tiga hal di atas, memilih jenis modem yang sesuai turut mempengaruhi penggunaan kuota internet. Telkomsel Orbit sendiri menyediakan dua tipe modem, yakni Orbit Max dan Orbit Star 2. Apa yang membedakan keduanya?

 

  • Orbit Star 2

Diperkenalkan sebagai router nirkabel (wireless), Ornit Star 2 dari Telkomsel mempunyai dimensi bodi yang ringkas, yakni 101 mm x 126 mm x 36 atau setara dengan telapak tangan orang dewasa. Modem Telkomsel Orbit tersebut sudah dilengkapi kartu SIM dan satu port ethernet di bagian belakang. Selain itu, ada pula port konektor yang bisa dipakai untuk memasang antena tambahan.

 

Layanan yang diberikan Orbit Star 2 pun cukup optimal. Dari jaringan Wi-Fi 2.4GHz berteknologi 2x2 MIMO hingga koneksi seluler berbasis 4G LTE Cat. 4 yang memungkinkan Anda mengunduh dengan kecepatan sampai 150 Mbps dan dan uplink mencapai 51 Mbps.

 

Selain itu, Orbit Star 2 mempunyai kemampuan untuk terhubung dengan 32 perangkat sekaligus, sehingga membuatnya cocok dipakai untuk keluarga maupun perusahaan skala kecil. Anda yang memilih Orbit Star 2 akan mendapatkan satu unit modem Wi-Fi dengan paket data internet gratis 50GB dengan masa berlaku selama 30 hari pada pembelian awal.

 

  • Orbit Max 

Kemudian, ada Orbit Max, modem Telkomsel Orbit dengan dimensi lebih besar dari Star 2. Dengan ukuran perangkat 103 mm x 103 mm x 225 mm, modem ini mempunyai dua port ethernet. Spesifikasi Orbit Max, sesuai namanya, memang lebih maksimal dibandingkan Star 2 dan bisa dipertimbangkan kalau sang adik belum memenuhi ekspektasi Anda.

 

Orbit Max sudah dirancang untuk mendukung jaringan Wi-Fi 2.4GHz serta 5GHz yang membuat transfer datanya lebih cepat. Selain itu, Anda akan mendapatkan koneksi 4G LTE Cat. 19 dengan kecepatan unduh maksimal 1.566 Mbps dan uplink sampai 150 Mbps dengan Cat 13.

 

Jumlah perangkat yang dapat terhubung dengan modem Telkomsel Orbit ini pun lebih banyak, yaitu sampai 64 perangkat sekaligus. Dengan jumlah tersebut, Anda bisa memanfaatkan modem untuk perusahaan skala sedang. Sementara kuota internet yang disediakan Orbit Max mencapai 150GB dengan masa berlaku selama 30 hari pada pembelian awal.

 

Menyoal harga, Orbit Star 2 dibanderol dengan harga lebih murah, yakni dari Rp799 ribu. Lantas kalau Anda berminat dengan Orbit Max, sediakan bujet dari Rp2 jutaan untuk membelinya. 

 

Setelah menilai spesifikasi dan layanan, Anda bisa tentukan modem Telkomsel Orbit mana yang sesuai kegiatan dengan bujet yang disediakan. Silakan kunjungi myorbit.id untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Telkomsel Orbit

  • 1976