Kami menggunakan cookies demi memberikan layanan terbaik di website Telkomsel Orbit Selengkapnya tentang kebijakan cookies /assets/images/icon-arrow-right-light.svg
6 Tips Memilih Handphone yang Cocok untuk Bermain Game

6 Tips Memilih Handphone yang Cocok untuk Bermain Game

Tak hanya untuk berkomunikasi, saat ini ponsel juga digunakan sebagai salah satu media hiburan. Mulai dari menyimak cuitan penuh humor, streaming musik favorit, menonton video, hingga bermain game. Ini semua dapat dengan mudah Anda akses melalui layar smartphone. Seiring dengan perkembangan teknologi smartphone yang semakin pesat, kini aplikasi game yang dihadirkan juga semakin canggih dan beragam, mulai dari game strategi, game olahraga, hingga online game yang menggabungkan dengan dunia nyata melalui teknologi Augmented Reality. Anda sendiri, lebih suka main game jenis apa? Apapun itu, pastikan Anda bermain pakai hp yang cocok untuk game, supaya pengalaman mainnya makin seru dan tetap lancar.

 

Kalau Anda masih kesulitan untuk memilih handphone yang pas untuk dipakai main game, berikut ini adalah checklist kriteria dan spesifikasi ponsel game yang wajib Anda simak. Jangan lupa dicatat, ya.

 

  • Pilih Handphone dengan Chipset yang Dapat Mendukung Performa Main Game

Chipset merupakan komponen ponsel yang perlu Anda perhatikan untuk memaksimalkan kenyamanan bermain game. Fungsinya ada dua, bagian  CPU (Central Processing Unit) bertugas sebagai inti otak dari sebuah ponsel, sedangkan bagian GPU (Graphics Processing Unit) bertugas menyediakan data dalam bentuk grafis pada layar ponsel Anda. Semakin baik performa chipset yang dimiliki sebuah ponsel, maka aktivitas bermain game semakin bebas dari lag dan grafis yang dihasilkan juga akan semakin optimal. Oleh sebab itu, tak heran bila sebagian  game yang telah diluncurkan para pengembangnya, mengharuskan ponsel dilengkapi dengan spesifikasi chipset tertentu agar bisa dimainkan oleh Anda. Saat ini, ada dua chipset yang direkomendasikan untuk Anda yang mencari ponsel untuk gaming, yakni Snapdragon dan Mediatek.

 

  • Pastikan Kapasitas RAM Cukup Besar

RAM (Random Access Memory) merupakan komponen ponsel yang berfungsi untuk menyimpan data saat aplikasi sedang berjalan. Hal ini membuat peran RAM sangat berpengaruh pada kinerja ponsel Anda, terutama saat aplikasi game sedang berjalan. Jika saat bermain game, aplikasi tersebut memerlukan banyak sekali space memori untuk membuka beberapa data sekaligus sedangkan jumlah space memori yang dimiliki handphone terbatas atau bahkan penuh, akibatnya ponsel akan mengalami lag. Gangguan ini menyebabkan grafis game terputus-putus atau bahkan membuat permainan terhenti dalam beberapa lama. Untuk itu, Anda disarankan memilih handphone dengan kapasitas RAM sebesar 4 GB atau lebih.

 

  • Pertimbangkan Memilih Handphone dengan Kapasitas Penyimpanan Internal yang Besar

Selain RAM, Anda juga harus cek spesifikasi ROM (Read Only Memory) atau yang biasa dikenal dengan penyimpanan internal pada smartphone. Komponen ini berfungsi untuk menyimpan data game di ponsel Anda, semakin detail fitur dan grafis game yang Anda mainkan, maka semakin besar pula ROM yang dibutuhkan agar aktivitas bermain game berjalan tanpa gangguan. Sebagai rekomendasinya, Anda perlu memilih ROM dengan kapasitas 64 GB ke atas supaya kapasitas penyimpanan internalnya semakin besar dan kecepatan transfer datanya juga semakin tinggi.

 

  • Pilih Layar yang Lebar 

Layar merupakan komponen yang mesti diperhatikan saat Anda memilih ponsel untuk bermain game. Ini karena ukuran layar yang lebar, dapat memberikan pandangan yang lebih nyaman saat Anda main game. Ukuran layar yang direkomendasikan untuk hp gamers adalah 5,5 inci atau lebih, agar pandangan tidak terhalang oleh jari saat bermain. Selanjutnya, jangan lupa pilih resolusi layar yang Full HD atau bahkan Quad HD supaya tampilan grafisnya semakin jernih dan maksimal. Perbedaan kedua resolusi ini terletak pada jumlah pikselnya. Layar Full HD memiliki resolusi 1.080 piksel, sedangkan Quad HD memiliki resolusi 1.440 piksel. Tentunya dengan memilih layar yang memiliki jumlah piksel lebih banyak, dapat menghasilkan tingkat kejernihan yang semakin baik. Nah, untuk Anda para gamer, sebaiknya pilih layar AMOLED dan IPS LCD yang tampilan grafiknya lebih jernih dan hemat baterai.

 

  • Pastikan Kapasitas Baterai Handphone Besar

Handphone gaming memerlukan kapasitas baterai yang besar, agar Anda tidak perlu sering mengisi daya pada ponsel Anda. Jika pengisian daya ponsel terlalu sering dilakukan, akibatnya ponsel akan cenderung panas dan berisiko cepat rusak. Makanya, bagi Anda yang mencari ponsel gaming disarankan memilih yang kapasitas baterainya sekitar 4.000 mAh atau lebih.

 

  • Pilih Handphone yang Memiliki Fitur Pendingin

Bermain game dalam intensitas yang tinggi dapat membuat ponsel cepat panas. Untuk mencegah hal ini terjadi, Anda perlu cek apakah handphone gaming incaran Anda memiliki fitur pendingin. Fitur canggih ini berfungsi mengontrol dan menurunkan suhu ponsel ketika sudah terlalu panas, jadi aktivitas bermain game bisa lebih nyaman. 

 

Rekomendasi Ponsel Gaming Terbaik

Setelah mengetahui komponen dan fitur yang perlu diperhatikan saat memilih  handphone gaming, selanjutnya Anda juga dapat menyimak beberapa rekomendasi hp yang cocok untuk game di bawah ini. 
 

  1. Asus ROG Phone 5s Pro

Asus ROG Phone 5s Pro bisa jadi jawaban bagi Anda yang sedang mencari handphone untuk bermain game, karena sudah dilengkapi dengan prosesor terbaru Snapdragon 888+ dan didukung dengan teknologi jaringan 5G. Untuk urusan RAM dan Memori, ponsel ini memiliki RAM 18 GB dan memori internal sebesar 512 GB. Tak hanya itu, ponsel ini juga sudah dilengkapi dengan layar AMOLED 6,78 inci dan fitur ROG Vision rear color matrix display untuk menampilkan animasi yang lebih nyata dan jernih.

 

  1. Realme GT Neo2

Ya, ponsel yang satu ini juga direkomendasikan untuk para gamer. Realme GT Neo2 memiliki prosesor yang kencang dan memori internal besar, yakni Snapdragon 870 dan memori penyimpanan hingga 256 GB. Selain itu, ponsel ini juga mengusung layar dengan ukuran 6,6 inci AMOLED E4 dengan resolusi Full HD+ untuk memanjakan mata gamer ketika bermain game. Realme GT Neo2 juga sudah memiliki fitur pendingin bernama GT Mode 2.0, yang dapat mengontrol suhu ponsel ketika sudah overheat.

 

  1. Xiaomi Mi 11 Ultra

Jika membicarakan tentang smartphone gaming, Xiaomi Mi 11 Ultra juga masuk ke dalam daftar rekomendasinya. Sebab, ponsel ini sudah didukung layar AMOLED 6,81 inci dengan resolusi WQHD+ dan tingkat kecerahan mencapai 1.700 nits, yang dapat menampilkan visual terbaik saat bermain game. Untuk urusan performa, ponsel ini sudah dilengkapi dengan chipset premium Qualcomm Snapdragon 888 dan RAM 12 GB, serta memori internal 256 GB, sehingga dapat mendukung pengalaman bermain game tanpa lag.

 

  1. Samsung Galaxy Z Fold 3

Apakah Anda menginginkan bermain game dengan layar super luas? Nah, Samsung Galaxy Z Fold 3 bisa jadi pilihan yang cocok. Ponsel flagship keluaran Samsung ini memiliki spesifikasi di atas rata-rata dengan layar Dynamic AMOLED 2X berukuran 6,2 inci dan resolusi tinggi, supaya Anda bisa lebih puas bermain game. Belum lagi prosesornya juga sudah didukung Snapdragon 888 dengan clock speed maksimal sekitar 2,84 Ghz, serta kapasitas RAM sebesar 12 GB.

 

Nah, sekarang Anda sudah mendapatkan tips  cara memilih hp yang cocok untuk game, serta rekomendasi daftar handphone-nya. Jadi sudah tahu mau beli handphone  yang mana? Agar aktivitas bermain game lebih optimal, Anda juga membutuhkan koneksi internet yang cepat dan stabil. 

 

Baca Juga: Apa Saja Sih Kriteria WiFi yang Bagus untuk Game Online?

 

Telkomsel Orbit bisa jadi pendukung koneksi pada jaringan internet utama rumah Anda, agar Anda sekeluarga dapat menikmati jaringan internet yang lancar. Hebatnya lagi, modem WiFi Telkomsel Orbit dapat digunakan di rumah secara bersamaan melalui 32 perangkat sekaligus. Jadi, Anda dapat bermain game dan melakukan kegiatan aktivitas lainnya di internet bersama anggota keluarga tanpa gangguan. Untuk mencari tahu info selengkapnya tentang keunggulan fitur modem Orbit, silakan Anda cek di website www.myorbit.id

Telkomsel Orbit

  • 133