Kami menggunakan cookies demi memberikan layanan terbaik di website Telkomsel Orbit Selengkapnya tentang kebijakan cookies /assets/images/icon-arrow-right-light.svg
Cara Main Game Android di PC

Cara Main Game Android di PC

Main game bisa jadi salah satu cara seru untuk menunggu waktu berbuka puasa tiba. Baik itu dilakukan lewat ponsel atau PC, keduanya sama-sama bisa membuat waktu luang jadi lebih menyenangkan. Nah, Anda sendiri termasuk tim yang mana, tim main game di handphone Android atau PC? Kalau Anda suka main game Android tapi menginginkan kontrol yang lebih nyaman di PC, mungkin Anda mesti coba mengunduh emulator Android di PC Anda.

Apa Itu Emulator Android?

Emulator Android merupakan aplikasi yang digunakan untuk menjalankan aplikasi Android di PC ataupun laptop. Salah satu aplikasinya itu adalah game. Dengan cara melakukan instalasi emulator Android, Anda bisa memainkan game Android favorit Anda di PC. Bedanya, kini Anda bisa bermain dengan lebih nyaman karena menggunakan bantuan keyboard dan mouse. Selain itu, bermain game Android di PC juga bisa menghemat penggunaan memori pada smartphone. Jadi, Anda tidak perlu khawatir performa smartphone melambat karena kapasitas memori sudah full.

Bagaimana, tertarik untuk mengunduh dan meng-install emulator Android? Caranya tidak terlalu sulit, kok. Ikuti saja langkah-langkah di bawah ini. 

Cara Unduh dan Install Emulator Android di PC

Saat ini ada banyak emulator Android yang dapat Anda temukan di laman Google. Namun jika Anda bingung mau pilih yang mana, berikut ini ada beberapa rekomendasi emulator Android terbaik, yaitu: Leapdroid, Droid 4X, Nox, Bluestacks, dan Youwave. Kelima emulator Android ini banyak diunduh oleh para pengguna PC, karena memiliki tampilan simpel dan user experience yang baik, mudah untuk diakses, serta kompatibel dengan berbagai perangkat PC.

Sudah memutuskan mau pakai emulator Android yang mana? Berarti Anda bisa segera mengunduhnya. Simak langkah-langkah mudahnya ini. 

  1. Pastikan PC Anda memiliki spesifikasi yang sesuai untuk menjalankan emulator Android yang dipilih.

  2. Download emulator Android pada website resminya, atau jika kesulitan mencarinya bisa gunakan bantuan Google search dengan mengetik nama emulator Android tersebut.

  3. Buka folder emulator Android yang telah Anda download.

  4. Baca petunjuk instalasinya, sebab tiap emulator Android memiliki cara pemasangan yang berbeda-beda. Ada yang perlu menggunakan koneksi internet, ada juga yang perlu dipasang secara offline.

  5. Lakukan instalasi emulator Android pada PC Anda sampai selesai.

  6. Mulai mainkan game Android favorit Anda di PC menggunakan emulator Android.

Tips Atasi Masalah pada Emulator Android

Terkadang, bisa saja Anda mengalami masalah atau kegagalan saat mengunduh dan melakukan instalasi emulator Android. Berikut ini adalah beberapa masalah yang sering terjadi dan cara mengatasinya. Simak sampai habis, ya. 

  • Proses instalasi tidak dapat dimulai

Kalau Anda mengalami masalah seperti ini, bisa jadi kendalanya ada pada ketersediaan ruang disk pada PC Anda. Biasanya, instalasi emulator Android akan gagal jika kapasitas disk kosong pada PC kurang dari 2 GB. Hal ini, secara otomatis dibatalkan oleh sistem untuk mencegah terjadinya crash dan hang pada saat menjalankan emulator Android. Untuk mengatasinya, pastikan Anda cek kapasitas disk kosong pada PC Anda, sebelum mulai instalasi, ya.

  • Performa emulator Android menurun 

Hal ini bisa disebabkan oleh sistem yang dijalankan oleh software antivirus pada PC Anda, karena antivirus terus memonitor kinerja emulator Android. Untuk itu, sebaiknya Anda cek pengaturan antivirus tersebut. Jika Anda menggunakan software Avast, nonaktifkan used nested virtualization when available dan enable hardware assisted virtualization dalam setelan Troubleshooting Avast. 

  • Emulator Android lambat setelah di-update

Solusi untuk mengatasinya dapat dilakukan dengan cara berikut:

  • Periksa apakah Anda telah meng-install Windows Update KB4013429 dan KB4015217.

  • Pastikan Anda mengunduh dan melakukan instalasi driver grafis yang terbaru. 

  • Nonaktifkan GPU Intel HD 4000 di Device Manager, jika PC Anda menggunakan GPU Intel HD 4000 dan GPU Diskret. 

  • Jalankan emulator Android menggunakan mode -gpu angle, -gpu swiftshader, atau -gpu guest. 

  • Pastikan router Anda tidak menggunakan alamat IPv6, jika Anda tidak memiliki koneksi IPv6.

Nah, semoga dengan menyimak tips seputar memasang emulator android di PC ini, Anda jadi bisa lebih menikmati serunya main game Android. 

 

Baca Juga: Apa Saja Sih, Kriteria WiFi yang Bagus untuk Game Online?


Jangan sampai, keseruan main game terhenti karena terjadi gangguan pada jaringan internet rumah. Untuk itu, pastikan rumah Anda menggunakan koneksi internet yang stabil, seperti modem WiFi Internet Orbit. Didukung dengan jaringan seluler 4G berkualitas terbaik milik Telkomsel, modem Orbit siap ikut menemani Anda ngabuburit di rumah dengan koneksi internet yang lancar. Bersama Telkomsel Orbit, bikin #SemuaDone!

Telkomsel Orbit

  • 116