Kami menggunakan cookies demi memberikan layanan terbaik di website Telkomsel Orbit Selengkapnya tentang kebijakan cookies /assets/images/icon-arrow-right-light.svg
Cara Mengunci Aplikasi di Berbagai Merek HP

Cara Mengunci Aplikasi di Berbagai Merek HP untuk Jaga Privasi

Dewasa ini, banyak aktivitas hingga pekerjaan yang menggunakan aplikasi di smartphone atau HP kita. Namun, beberapa dari aplikasi tersebut juga menyimpan informasi sensitif kita.

Misalnya, aplikasi untuk mengirim pesan, foto, dan mobile banking yang menyimpan informasi keuangan kita. Oleh sebab itu, penting untuk tahu cara mengunci aplikasi di smartphone yang kita miliki.

Dengan begitu, kita dapat mengamankan smartphone lebih baik lagi. Bukan hanya untuk menghindari tindakan kejahatan, tetapi juga hal-hal lain yang dapat merugikan kita.

Cara Mengunci Aplikasi di Beberapa Merek HP

Saat ini ada banyak merek HP yang beredar di pasaran. Masing-masing merek pun memiliki cara yang berbeda-beda untuk mengunci aplikasi yang terpasang.

Oleh karena itu, kami sudah merangkum cara mengunci aplikasi di beberapa merek HP yang populer digunakan. Kamu bisa simak artikel ini sampai habis agar smartphone yang kamu pakai bisa menjadi lebih aman.

Berikut cara untuk mengunci aplikasi di beberapa merek HP yang sering digunakan:

1. Cara Mengunci Aplikasi di HP Samsung

Ada dua cara untuk mengunci aplikasi di HP Samsung. Pertama,  melalui pengaturan HP Samsung. Kedua, dengan memakai aplikasi pihak ketiga. 

Cara mengunci aplikasi di HP Samsung melalui pengaturan yaitu: 

  • Pertama, pilih opsi ‘Biometrik & Keamanan’ atau ‘Keamanan’. Nama opsi ini bisa berbeda, tergantung dengan jenis model dan versi HP Samsung yang kamu pakai. 

  • Setelah itu, pilih ‘Penguncian Aplikasi’. 

  • Lalu, kamu akan diminta untuk mengatur tipe kunci yang akan dipakai. Pilihan yang tersedia pada umumnya, yaitu:

    • Menggunakan Pin,

    • Menggunakan Pola

    • Menggunakan Password.

  • Setelah memilih tipe kunci, kamu dapat memilih aplikasi yang ingin dikunci.

Selain melalui pengaturan, kamu juga bisa memanfaatkan aplikasi pihak ketiga seperti Applock, Smart Applock, atau aplikasi lainnya. Secara umum, aplikasi penguncian ini bisa kamu temukan dan unduh di Play Store.

Biasanya, cara yang sama berlaku apabila kita menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk mengunci aplikasi. Kamu akan menemukan pilihan tipe kunci seperti Pin, Password, atau pola.

Setelah memilih tipe kunci yang akan digunakan, kamu tinggal memilih aplikasi yang ingin dikunci.

Berbicara tentang mengamankan aplikasi, kita juga perlu bijak dalam memilih internet atau provider yang terpercaya. Salah satu provider internet yang berkualitas dan aman adalah Telkomsel Orbit.

Salah satu modem yang bisa kamu gunakan, yaitu Modem Orbit Star N2. Modem ini sudah dapat memberikan kecepatan rata-rata hingga 15 Mbps.

Ini berkat teknologi Wi-Fi berfrekuensi 2,4 Ghz dan 2x2 MIMO LTE. Selain itu, modem ini juga dapat tehubung dengan 32 perangkat sekaligus.

Orbit Star N2 bisa kamu dapatkan dengan harga Rp519.000 di situs resmi Orbit. Segera lakukan pembelian sekarang di situs resmi, atau melalui GraPARI maupun Telkomsel official store di marketplace kesayanganmu.

Modem Orbit Star N2 

Foto Orbit Star N2

Baca Juga: Penyebab Baterai HP Cepat Habis

2. Cara Mengunci Aplikasi di HP iPhone

Berbeda dengan HP Samsung, HP iPhone tidak memiliki fitur yang dapat digunakan untuk mengunci aplikasi. Namun, ada beberapa aplikasi yang sudah mendapatkan fitur bawaan seperti Face ID dan Touch ID. 

Cara mengunci aplikasi di iPhone dengan Face ID atau Touch ID, yaitu

  • Pergi ke Pengaturan, 

  • Lalu, pilih opsi Face ID & Passcode , 

  • Kemudian, masukan passcode homescreen kamu

  • Lalu, aktifkan face ID dan passcode apabila belum diaktifkan.

Selain menggunakan Face ID dan Touch ID, kamu juga bisa menggunakan Screen Time. Dengan mengaktifkan screen time, kita dapat membatasi durasi penggunaan aplikasi.

Cara mengaktifkannya juga ada pada pengaturan. Langkah-langkahnya, yaitu:

  • Buka Pengaturan.

  • Pilih menu Screen Time.

  • Lalu, aktifkan screen time apabila belum aktif.

  • Kemudian, klik menu App Limits dan klik juga Add Limits. 

  • Selanjutnya, pilih aplikasi yang ingin dibatasi dan atur durasi waktunya. 

Dengan mengaktifkan kedua pengaturan tersebut, aplikasi yang terpasang pada perangkat yang kamu pakai bisa jadi lebih aman. 

Nah, agar pengalaman memakai iPhone meningkat, pastikan terkoneksi dengan internet cepat dan stabil dengan menggunakan Orbit MiFi N2. 

Orbit MiFi N2 adalah modem 4G mini yang dapat digunakan dan dibawa kemana saja berkat ukurannya yang kecil. Ditambah lagi, modem ini juga dapat terhubung dengan 10 perangkat sekaligus.

Orbit MiFi N2 juga dapat memberikan kecepatan yang stabil hingga 15 Mbps. Ini berkat dukungan teknologi Wi-Fi 2.4 GHz dan 2x2 MIMO LTE.

Yuk segera lakukan pembelian di situs resmi Telkomsel Orbit dengan harga Rp649.000. Selain itu, kamu juga bisa mendapatkannya di GraPARI terdekat, atau toko resmi Telkomsel di marketplace kesayanganmu.

Lakukan aktivasi setelah pembelian untuk mendapatkan bonus paket data 150 GB selama 6 bulan. Pilih internet yang aman untuk menjaga privasi dan keamanan HP kamu.

Modem Orbit MiFi N2

Foto Orbit MiFi N2

3. Cara Mengunci Aplikasi di HP Vivo

Cara mengunci aplikasi di HP Vivo bisa saja berbeda antara satu dengan yang lainnya. Hal itu akan dipengaruhi oleh versi sistem Android dan model Vivo yang digunakan.

Meski demikian, kamu dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini untuk mengunci aplikasi pada HP Vivo:

  • Buka Pengaturan, 

  • Lalu, pilih opsi keamanan dan privasi. 

  • Setelah itu, cari dan pilih opsi App Lock atau Kunci Aplikasi. Fitur inilah yang digunakan di HP Vivo untuk mengunci aplikasi. 

  • Selanjutnya, masukan kode keamanan atau Passcode yang kamu inginkan.

  • Pada opsi menu kata sandi, anda dapat mengatur ingin menggunakan Pin, Passcode, ataupun Pola. 

  • Konfirmasi sandi kunci tersebut lalu pilih aplikasi yang ingin dikunci.

Baca Juga: Apa itu Chipset

4. Cara Mengunci Aplikasi di HP Xiaomi

Cara mengunci aplikasi di HP Xiaomi tak jauh berbeda dengan HP bersistem operasi Android lain. Langkah-langkah di bawah ini bisa kamu ikuti untuk melakukan penguncian aplikasi:

  • Pertama, buka menu Pengaturan. 

  • Lalu, masuk ke menu Apps atau aplikasi. 

  • Selanjutnya, pilih opsi App Lock; aktifkan App Lock apabila belum diaktifkan.

  • Kemudian, masukan kata sandi yang telah kamu buat sebelumnya. Di App Lock kamu dapat melihat daftar aplikasi yang terpasang pada HP. 

  • Setelah itu, pilih aplikasi yang ingin kamu kunci.

  • Terakhir, aktifkan kunci keamanan. Pilihan tipe kunci dapat berbentuk Pin, Passcode, atau Pola. 

Ketika aplikasi sudah berhasil di kunci, maka aplikasi tersebut hanya dapat dibuka dengan kata sandi yang sudah dibuat. 

Cara mengunci aplikasi yang terpasang di HP penting untuk diketahui. Dengan menerapkan penguncian, kamu bisa meningkatkan keamanan dari aplikasi yang sering kamu pakai dan menyimpan informasi sensitif.

Selain itu, kamu juga dapat meningkatkan perlindungan privasi ketika menjelajah internet melalui HP dengan menggunakan layanan Telkomsel Orbit. Pilihan yang modem yang bisa kamu dapatkan pun ada banyak.

Kamu bisa menggunakan Orbit star N2 untuk dipakai di rumah. Bila membutuhkan koneksi internet yang stabil dari mana saja, kamu bisa pakai Orbit MiFi N2.

Patikan juga untuk membeli paket data Orbit agar pengalaman menjelajah internetmu tidak mengalami kendala. Paket data Orbit bisa dibeli melalui situs resmi Orbit atau aplikasi MyOrbit.

  • 2553