Kami menggunakan cookies demi memberikan layanan terbaik di website Telkomsel Orbit Selengkapnya tentang kebijakan cookies /assets/images/icon-arrow-right-light.svg
Cara Screenshot di Laptop dan Komputer Lengkap Semua Merek

Cara Screenshot di Laptop dan Komputer, Lengkap untuk Semua Merek

Mengambil dan mengirim tangkapan layar laptop dan komputer sudah normal dilakukan di dunia kerja. Oleh karena itu, cara screenshot di laptop atau komputer kini menjadi pengetahuan umum yang perlu dimiliki.

Artikel ini akan menjelaskan bagaimana cara mengambil tangkapan layar di laptop untuk semua merek dan sistem operasi. Simak selengkapnya di bawah, ya!

Bagaimana Cara Screen Shot Layar Laptop atau Komputer?

Ada banyak cara screenshot di laptop atau komputer yang kamu gunakan. Namun, pada dasarnya, terbagi menjadi tiga metode.

Pertama, kamu bisa pakai fitur bawaan laptop atau komputer. Kedua, dengan menggunakan shortcut key. Terakhir, dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga. 

Hasil tangkapan layar bisa kamu jadikan dokumentasi untuk mendukung pekerjaan kamu. Dokumentasi tersebut dapat kamu kirim lewat email atau chat dengan koneksi yang stabil. 

Supaya proses pengiriman sukses, kamu bisa menggunakan Orbit Star N1. Dengan modem ini, kamu bisa mendapatkan koneksi internet stabil dan kuat.

Modem Terbaru dari Telkomsel Orbit ini hadir dengan desain yang ringkas sehingga cocok ditempatkan di setiap sudut rumah. Selain itu, modem ini juga memiliki dua Antena.

Berkat dua antenanya, modem Orbit Star N1 bisa menjangkau area yang lebih luas dengan jaringan yang  kuat. Ini juga didukung oleh teknolgi Wi-Fi yang dipakai.

Modem Orbit Star N1 sudah memakai Wi-Fi 4G LTE CAT4. Kecepatan internetnya hingga 15 Mbps dan ini sudah cukup untuk bisa berkirim hasil tangkapan layar.

Kamu bisa mendapatkan Modem Orbit Star N1 dengan harga Rp579.000 di situs resmi Telkomsel Orbit. Tersedia juga di GraPARI Telkomsel terdekat dan toko resmi Telkomsel di marketplace kesayanganmu.

Dengan koneksi internet dari Orbit, kamu tak perlu khawatir lagi gagal mengirim hasil tangkapan layar. Sekarang, kamu hanya perlu mengingat berbagai cara screenshot di komputer atau laptop yang kamu pakai.

Cara Screen Shot di Komputer dan Laptop dengan Shortcut, Lengkap!

Sistem operasi dan layout keyboard bisa memengaruhi cara dalam mengambil tangkapan layar. Di pasaran sendiri, kini ada dua sistem operasi laptop atau komputer yang populer, yaitu Windows dan MacOS.

Keduanya memiliki cara menangkap layar yang berbeda bila menggunakan shortcut keyboard. Ini terjadi karena layout keyboard mereka memiliki sedikit perbedaan, khususnya di tombol untuk screenshot.

Berikut ini daftar cara SS di laptop atau komputer dengan menggunakan shortcut di sistem operasi yang berbeda:

7 Cara screenshot di laptop atau komputer Windows dengan tombol shortcut

  • Tombol Print Screen: Pintasan termudah untuk mengambil screenshot seluruh layar. Tombolnya bisa bertuliskan Print Screen, prt.scrn, atau PrtSc.

  • Tombol Alt + PrtScn: Digunakan untuk mengambil tangkapan layar dari jendela yang sedang aktif digunakan.

  • Tombol Windows + PrtScn: Berfungsi untuk mengambil tangkapan layar dan langsung menyimpan filenya di folder Screenshots.

  • Tombol Windows + Shift + S: Pintasan untuk membuka Snip & Sketch yang langsung bekerja untuk mengambil screenshot.

  • Tombol Windows + Vol. Down: Pintasan khusus di perangkat Windows Surface untuk mengambil tangkapan layar.

  • Tombol Fn + Windows logo key + Space Bar: Pintasan bagi pengguna tanpa tombol PrtSc. Hasil tangkapan akan langsung disimpan di folder Screenshots.

  • Windows key + G key: Memanggil Xbox Game Bar untuk mengambil screenshot.

5 Cara screenshot di laptop atau komputer MacOS dengan tombol shortcut

  • Tombol Shift + Command + 4: Pintasan untuk screenshot layar secara penuh. Secara default, hasilnya tersimpan di Desktop.

  • Tombol Shift + Command + 4 + Space Bar: Pintasan untuk screenshot jendala aplikasi secara spesifik. Secara default, hasilnya tersimpan di Desktop.

  • Tombol Shift + Control + Command + 4 + Space Bar: Pintasan untuk screenshot jendala aplikasi secara spesifik dan hanya menyalinnya di clipboard.

  • Tombol Shift + Command + 3: Pintasan untuk screenshot layar sebagian yang bisa diatur oleh pengguna. Hasilnya akan disimpan di Desktop secara default.

  • Tombol Shift + Command + 5: Pintasan untuk memangil aplikasi screenshot di MacOS yang bisa mengambil dan merekam layar.

Cara Screenshot Layar dengan Aplikasi atau Fitur Bawaan

Selain tombol pintasan, aplikasi atau fitur bawaan di masing-masing sistem operasi juga bisa dipakai untuk screnshoot. Cara ini efektif bila kamu sulit mengingat atau tombol keyboard kamu ada yang rusak.

Berikut ini aplikasi atau fitur bawaan yang bisa kamu gunakan untuk menangkap layar laptop atau komputermu:

Snip & Sketch (Windows)

Aplikasi Snip and Sketch adalah versi yang lebih canggih dari Snipping Tool. Pilihan yang tersedia lebih luas dan aksesnya pun lebih mudah. 

Pada aplikasi ini terdapat lebih banyak variasi warna stabilo, pena, dan warna pembatas. Selain itu, ada fitur penggaris untuk memastikan material disejajarkan dengan benar.

Screenshot (MacOS)

Aplikasi Screenshot pada MacOS menyediakan panel alat yang untuk mengambil tangkapan layar dan rekaman layar dengan mudah. Opsi untuk mengontrol apa yang kamu ambil pun cukup lengkap.

Pada menu Opsi, kamu dapat mengatur Timer, 5 dan 10 detik. Selain itu, kamu juga bisa memilih tempat untuk menyimpan hasil screnshot.

Maksimalkan Fitur Screenshot yang Ada Sebelum Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Fitur screenshot bawaan yang ada di laptop atau komputer sebenarnya sudah cukup mumpuni. Namun, terkadang, ada beberapa hal yang tidak bisa difasilitasi.

Untuk itulah, sebagian orang kemudian memasang aplikasi pihak ketiga untuk memenuhi kebutuhannya. Biasanya, aplikasi tersebut akan dipakai untuk mengambil screenshot panjang sebuah website, dari atas hingga bawah.

Beberapa aplikasi screenshot di komputer yang cukup populer di antaranya yaitu:

  • Lightshot

  • Fireshoot (add on Chrome)

  • EaseUS ScreenShot

  • PicPick

  • ShareX

  • Skitch

  • Jing

  • Movavi Screen Recorder

Pada akhirnya, keputusan untuk cara screenshot di laptop atau komputer yang akan digunakan akan kembali kepada individunya. 

Jika ingin menggunakan aplikasi tambahan, artinya harus siap untuk belajar mengoperasikannya lagi. Ada waktu yang harus dikorbankan.

Namun, dengan memanfaatkan dan memaksimalkan fitur bawaan, waktu yang kamu miliki bisa dimanfaatkan lebih efektif dan efisien untuk keperluan lain.

  • 2405