Kami menggunakan cookies demi memberikan layanan terbaik di website Telkomsel Orbit Selengkapnya tentang kebijakan cookies /assets/images/icon-arrow-right-light.svg
Internet Broadband: Pengertian, Jenis-jenis, dan Keuntungan

Internet Broadband: Pengertian, Jenis-jenis, dan Keuntungan

Kini, umat manusia tidak bisa lepas dari koneksi internet. Bahkan, sudah bisa dikatakan ketergantungan. Hal ini karena banyak aktivitas yang mengharuskan adanya internet.

Jadi, memilih layanan internet harus menjadi prioritas utama. Sebab, ini berhubungan dengan kelancaran aktivitas tersebut.

Anda harus memahami jenis layanan internet seperti apa yang bisa membantu Anda dalam beraktivitas. Oleh sebab itu, yuk kenali lebih dalam tentang Broadband Internet!

 

Apa Itu Broadband Internet?

Secara umum, istilah ini sering digunakan untuk menyebutkan koneksi internet yang sangat cepat.

Dengan adanya teknologi ini, para pengguna akan lebih mudah dalam mengunduh hiburan online. Antara lain seperti, video, musik, game, aplikasi, radio digital, email, dan lain sebagainya.

Layanan ini mampu memberikan informasi mencapai 40 kali dengan kecepatan koneksi yang maksimal. Hal ini karena koneksi internet akan selalu menyala, jadi pengguna tidak perlu melakukan panggilan terlebih dahulu untuk menggunakannya.

Selain itu, layanan ini juga dapat membebaskan orang-orang untuk menjelajah internet dan menelpon secara bersamaan. Itulah mengapa aktivitas online bisa berjalan lancar, karena broadband sudah berevolusi dengan signifikan.

Broadband memiliki kecepatan melebihi 160 kali, sehingga dapat menghasilkan layanan internet penuh inovasi. Antara lain untuk digunakan pada semua tempat, baik rumah, kantor, maupun ruang publik.

Baca juga: Faktor yang Mempengaruhi Kecepatan Internet, Jarang Diketahui

 

Jenis Koneksi Internet Broadband

Anda harus memiliki keputusan final tentang koneksi apa yang ingin Anda pakai. Ada beberapa opsi yang bisa Anda gunakan untuk mengatur layanan ini, tentunya dengan kecepatan yang tidak diragukan, karena kapasitas broadband yang bagus.

Akan tetapi, jenis-jenis Broadband Internet akan membutuhkan akses tertentu. Dimana akses tersebut harus sesuai dengan kecepatan, lokasi, dan anggaran.

Nah, berikut penjelasan tentang jenis-jenisnya koneksi internet broadband:

1. Internet Broadband DSL (Digital Subscriber Line)

Digital subscriber line (DSL) merupakan teknologi internet yang dapat menghantarkan data digital melalui kabel yang digunakan dalam jarak yang dekat dari jaringan telepon. Kecepatan internet DSL saat mengunduh data berkisar 128 kbps hingga 24.000 kbps. Namun kecepatan unggah DSL pada versi ADSL akan lebih rendah dari unduh dan akan sama cepat pada versi SDSL. DSL memiliki jenis yang bervariasi, namun yang paling mudah untuk ditemukan adalah Asymmetric Digital Subscriber Line (ADSL).

2. Internet Broadband ADSL

Asymmetric digital subscriber line (disingkat ADSL) adalah salah satu bentuk dari teknologi DSL. Ciri ADSL adalah sifatnya yang asimetrik, jadi kecepatan data yang ditransfer bisa berbeda dari satu sisi ke sisi lainnya.

Untuk menggunakan koneksi ADSL, Anda harus menghubungkan ponsel dengan koneksi kabel tembaga. Oleh sebab itu, carilah pertukaran telepon terdekat. Misalnya seperti tower, listrik, dan sejenisnya.

Internet ADSL ini masih menggunakan kabel tembaga. Sehingga kecepatan internet akan sangat bergantung pada jarak jauh dan dekatnya dari gardu telepon.

Setidaknya, pastikan bahwa Anda dekat tidak kurang dari 5 km. Jarak tersebut tidak masalah untuk penduduk kota, namun menjadi masalah serius untuk penduduk desa.

Baca juga: Inilah Jenis Koneksi Internet Sepanjang Sejarah

 

3. Internet Broadband Wireless

Jenis ini biasa disebut dengan koneksi internet nirkabel. Wireless broadband internet (WiBB) merupakan jaringan internet yang memiliki kecepatan tinggi dalam mentransfer data melalui Wireless Local Area Network (WLAN).

Koneksi tanpa kabel ini sudah dipakai di alat komunikasi kita sehari-hari seperti HP dan Laptop. Pada dasarnya wireless merupakan perangkat jaringan yang fleksibel, dapat berupa portable atau tidak. Dari segi perawatan, kerapihan, maupun instalasi termasuk mudah. Kecepatannya dari 128 Kbps hingga 2 Mbps.

4. Koneksi Kabel Internet Broadband

Koneksi kabel Internet Broadband dibuat tersedia bersama dengan saluran TV kabel. Jadi, sumber internetnya adalah TV Kabel itu sendiri. Ini merupakan sesuatu yang sangat efisien. Kecepatan internet broadband ini dari 2 - 8 Mbps. Penggunaannya di kota-kota besar lebih populer daripada penggunaan ADSL.

5. Koneksi Internet Broadband Satelit

Koneksi internet broadband satelit merupakan koneksi internet cepat yang tidak memiliki keterbatasan jangkauan secara geografis. Jenis koneksi Internet Broadband ini berbeda dengan yang telah dijelaskan sebelumnya. Banyak orang yang belum mengetahui koneksi internet satelit.

Bedanya dengan yang lain, internet satelit menggunakan komunikasi antar terminal di bumi yang berupa VSAT serta modem dengan satelit yang mengorbit di langit.

 

Keuntungan Menggunakan Broadband Internet

Ada beberapa keuntungan saat menggunakan layanan ini, apa sajakah itu? Nah, berikut penjelasannya:

1. Kecepatan Internet

Untuk Anda yang ingin meng-upgrade jaringan internet menjadi internet broadband, baik pada lokasi rumah maupun perusahaan. Tentu saja alasan utamanya adalah untuk mendapatkan kecepatan internet yang tinggi.

Pada dasarnya, broadband mengarah pada transmisi kecepatan internet yang mencapai lebih dari 256 Kbps. Ini bisa disebut dengan koneksi internet secara permanen.

Kini telah hadir berbagai paket data internet dengan kecepatan yang maksimal untuk membantu Anda dalam mengakses internet. Broadband berfungsi untuk memastikan penggunanya dapat mengunduh di jejaring sosial.

Baik itu video, gambar, game online, streaming, dan lain sebagainya. Anda bisa menggunakan tiga cara untuk melakukan broadband secara online.

Antara lain melalui kabel TV, satelit, dan ponsel yang Anda miliki. Namun, saran paling mudah yang bisa Anda gunakan adalah TV kabel.

Akan tetapi, secara umum kebanyakan orang akan menggunakan ponsel saat memakai internet broadband.

Bahkan, ADSL juga kerap ditingkatkan saat penggunaan saluran ponsel terjadi. Hal ini karena ADSL akan selalu terhubung, jadi Anda tidak perlu melakukan panggilan ke pihak yang mengatasi masalah internet.

Anda juga membutuhkan dua biaya, yakni biaya untuk modem broadband dan biaya untuk meningkatkan saluran telepon yang Anda miliki.

2. Koneksi Tidak Mudah Putus

Keuntungan selanjutnya dari Broadband Internet adalah koneksi internetnya yang tidak mudah putus. Selain lebih cepat, penggunaan internet dari layanan ini juga terbilang lebih praktis. 

Hal ini karena layanan ini bersifat koneksi dial-up, sehingga akan memudahkan penggunanya dalam memakai layanan tersebut. Misalnya, seperti mencari barang online, berbelanja online shop, dan kegiatan virtual lainnya.

Dengan koneksi internet yang selalu aktif dan kondisinya dalam kecepatan yang tinggi, semua aktivitas online akan berjalan lancar. Namun, tetap berdampak pada kerja perangkat yang Anda gunakan. Entah menjadi terhambat atau menerimanya.

Meskipun terlihat sepele, namun masalah ini tersebut tetap akan membuat perubahan internet yang kasual. Jadi, Anda tidak perlu khawatir koneksi terputus atau bahkan hilang sinyal.

 

Dapatkan Kecepatan Maksimal dari Broadband Internet

Setiap kegiatan virtual akan membutuhkan jaringan internet yang bagus, sehingga aktivitas bisa berjalan dengan lancar. 

Nah, adanya Broadband Internet akan membantu Anda dalam mengatasi permasalahan koneksi. 

Jadi, apakah Anda tertarik menggunakannya?

Tentunya ada solusi bagi Anda yang bingung memilih jenis koneksi internet apa yang cocok untuk di rumah.

Dengan produk modem wifi Telkomsel Orbit, Anda tidak perlu bingung memikirkan kecepatan, atau memanggil teknisi untuk instalasi internet ke rumah, atau pusing memilih paket berlangganan yang mana yang pas untuk Anda sebelum Anda menandatangani kontrak.

Modem wifi Telkomsel Orbit menggunakan jaringan internet broadband 4G yang telah menjangkau hampir ke seluruh pelosok Indonesia.

Kecepatan sudah tidak diragukan, Anda bisa bawa modem kemanapun Anda pergi, dan pilih jumlah kuota internet per-bulannya sesuai kebutuhan.

Telkomsel Orbit

  • 162