Kami menggunakan cookies demi memberikan layanan terbaik di website Telkomsel Orbit Selengkapnya tentang kebijakan cookies /assets/images/icon-arrow-right-light.svg
internet broadband

Internet Broadband: Pengertian, Jenis-jenis, dan Keunggulan

Kini, manusia tidak bisa lepas dari koneksi internet. Bahkan, sudah bisa dikatakan ketergantungan. Hal ini karena banyak aktivitas yang mengharuskan adanya internet.

Jadi, memilih layanan internet menjadi langkah pertama yang menentukan kelancaran aktivitas tersebut.

Anda harus memahami jenis layanan internet seperti apa yang Anda butuhkan. Saat ini umumnya jenis internet dibagi menjadi dua, yaitu internet broadband dan internet dedicated. Mari simak perbedaannya.

Apa Itu Internet Broadband?

Internet broadband adalah jenis koneksi internet yang biasa digunakan di rumah, yang mana kecepatannya dibagi rata sesuai jumlah pengguna atau padatnya penggunaan internet. Keunggulan internet broadband adalah biaya langganan cenderung lebih murah, namun bila jumlah pengguna atau penggunaan internet sedang banyak, kecepatan yang didapat oleh setiap pengguna akan berkurang.

Internet broadband direkomendasikan untuk rumah, kamar kos, apartemen, usaha bisnis kecil, atau kantor kecil yang tidak memiliki kebutuhan khusus untuk kecepatan internet yang cepat dan stabil.

Baca juga: Faktor yang Mempengaruhi Kecepatan Internet, Jarang Diketahui

 

Apa Itu Internet Dedicated?

Jenis internet dedicated biasanya digunakan oleh kantor bisnis, co-working space, atau gedung perusahaan karena kecepatan internet didedikasikan khusus untuk setiap pengguna sehingga kecepatan yang didapat sesuai dengan kecepatan yang ditentukan saat berlangganan. Jadi jumlah traffic yang padat atau penggunaan internet yang berat tidak mempengaruhi kecepatan internet. Jadi, kecepatan internet akan tetap stabil dalam kondisi apapun.

Namun kekurangannya adalah biaya langganan internet dedicated cenderung mahal namun sesuai dengan penawaran kecepatan yang stabil. Internet dedicated sangat direkomendasikan untuk kebutuhan bisnis yang memiliki kebutuhan khusus pada kecepatan internet yang stabil.

 

Jadi, sudah jelas perbedaan dari internet broadband dan internet dedicated adalah pada stabilnya kecepatan dan biaya. Jika Anda membutuhkan kecepatan yang stabil untuk keperluan bisnis dan budget Anda memenuhi untuk kebutuhan tersebut maka pilih jenis internet dedicated. Jika Anda berencana menggunakan internet untuk di rumah tanpa kebutuhan kecepatan stabil dan budget langganan yang lebih murah, gunakan internet broadband.

Selanjutnya, pahami perkembangan jenis koneksi internet broadband.

Perkembangan Jenis Koneksi Internet Broadband

Anda harus memiliki keputusan final tentang koneksi apa yang ingin Anda pakai. Ada beberapa opsi yang bisa Anda gunakan untuk mengatur layanan ini, tentunya dengan kecepatan yang tidak diragukan, karena kapasitas broadband yang bagus.

Akan tetapi, jenis-jenis Broadband Internet akan membutuhkan akses tertentu. Dimana akses tersebut harus sesuai dengan kecepatan, lokasi, dan anggaran.

Nah, berikut penjelasan tentang jenis-jenisnya koneksi internet broadband:

1. Internet Broadband DSL (Digital Subscriber Line)

Digital subscriber line (DSL) merupakan teknologi internet yang dapat menghantarkan data digital melalui kabel yang digunakan dalam jarak yang dekat dari jaringan telepon. Kecepatan internet DSL saat mengunduh data berkisar 128 kbps hingga 24.000 kbps. Namun kecepatan unggah DSL pada versi ADSL akan lebih rendah dari unduh dan akan sama cepat pada versi SDSL. DSL memiliki jenis yang bervariasi, namun yang paling mudah untuk ditemukan adalah Asymmetric Digital Subscriber Line (ADSL).

2. Internet Broadband ADSL

Asymmetric digital subscriber line (disingkat ADSL) adalah salah satu bentuk dari teknologi DSL. Ciri ADSL adalah sifatnya yang asimetrik, jadi kecepatan data yang ditransfer bisa berbeda dari satu sisi ke sisi lainnya.

Untuk menggunakan koneksi ADSL, Anda harus menghubungkan ponsel dengan koneksi kabel tembaga. Oleh sebab itu, carilah pertukaran telepon terdekat. Misalnya seperti tower, listrik, dan sejenisnya.

Internet ADSL ini masih menggunakan kabel tembaga. Sehingga kecepatan internet akan sangat bergantung pada jarak jauh dan dekatnya dari gardu telepon.

Setidaknya, pastikan bahwa Anda dekat tidak kurang dari 5 km. Jarak tersebut tidak masalah untuk penduduk kota, namun menjadi masalah serius untuk penduduk desa.

Baca juga: Inilah Jenis Koneksi Internet Sepanjang Sejarah

 

3. Internet Broadband Wireless

Jenis ini biasa disebut dengan koneksi internet nirkabel. Wireless broadband internet (WiBB) merupakan jaringan internet yang memiliki kecepatan tinggi dalam mentransfer data melalui Wireless Local Area Network (WLAN).

Koneksi tanpa kabel ini sudah dipakai di alat komunikasi kita sehari-hari seperti HP dan Laptop. Pada dasarnya wireless merupakan perangkat jaringan yang fleksibel, dapat berupa portable atau tidak. Dari segi perawatan, kerapihan, maupun instalasi termasuk mudah. Kecepatannya dari 128 Kbps hingga 2 Mbps.

4. Koneksi Kabel Internet Broadband

Koneksi kabel Internet Broadband dibuat tersedia bersama dengan saluran TV kabel. Jadi, sumber internetnya adalah TV Kabel itu sendiri. Ini merupakan sesuatu yang sangat efisien. Kecepatan internet broadband ini dari 2 - 8 Mbps. Penggunaannya di kota-kota besar lebih populer daripada penggunaan ADSL.

5. Koneksi Internet Broadband Satelit

Koneksi internet broadband satelit merupakan koneksi internet cepat yang tidak memiliki keterbatasan jangkauan secara geografis. Jenis koneksi Internet Broadband ini berbeda dengan yang telah dijelaskan sebelumnya. Banyak orang yang belum mengetahui koneksi internet satelit.

Bedanya dengan yang lain, internet satelit menggunakan komunikasi antar terminal di bumi yang berupa VSAT serta modem dengan satelit yang mengorbit di langit.

 

Dapatkan Kecepatan Maksimal dari Broadband Internet

Setiap kegiatan virtual akan membutuhkan jaringan internet yang bagus, sehingga aktivitas bisa berjalan dengan lancar.

Nah, adanya Broadband Internet akan membantu Anda untuk mendapatkan kemudahan akses internet dengan biaya yang tidak mahal.

Jadi, apakah Anda tertarik menggunakannya?

 

Dengan produk modem wifi Telkomsel Orbit, Anda akan mendapatkan kemudahan akses internet dengan biaya langganan sesuai keinginan Anda tanpa ada ikatan untuk memperpanjang dengan biaya langganan tertentu.

Modem wifi Telkomsel Orbit menggunakan jaringan internet broadband 4G yang telah menjangkau hampir ke seluruh pelosok Indonesia.

Telkomsel Orbit

  • 344