Kami menggunakan cookies demi memberikan layanan terbaik di website Telkomsel Orbit Selengkapnya tentang kebijakan cookies /assets/images/icon-arrow-right-light.svg
Kerja Remote: Pengertian, Kelebihan dan Kekurangannya

Kerja Remote: Pengertian, Kelebihan dan Kekurangannya

Pembatasan mobilitas masyarakat untuk bekerja ke kantor, telah membuat banyak perusahaan di Indonesia menerapkan aturan bekerja yang fleksibel. Para karyawan kini diperbolehkan kerja remote (remote working), baik itu memilih untuk bekerja dari rumah (working from home) atau bahkan bekerja dari mana saja (work from anywhere). Apakah Anda termasuk salah satu di antaranya? 

 

Apa Itu Kerja Remote?

Tren remote working sebenarnya bukanlah hal yang baru. Kerja secara remote adalah sebuah konsep bekerja dari jarak jauh yang bisa dilakukan dari rumah, cafe, co-working space, dan dari mana pun kita berada. Konsep ini sudah diterapkan di negara seperti Amerika Serikat sejak tahun 1970-an dan semakin gencar dilakukan pada tahun 2000-an. Beberapa perusahaan di Indonesia pun sudah mulai mengadopsi sistem remote working ini hingga akhirnya menjadi tren di kalangan masyarakat global setelah pandemi COVID-19 menyebar.

 

Kelebihan dari Remote Working

Konsep bekerja secara remote dinilai bisa membantu meningkatkan produktivitas karyawan. Menurut kajian dari jurnal ekonomi, The Quarterly Journal of Economics, kerja remote dari rumah dapat meningkatkan produktivitas karyawan sebanyak 13%. Sedangkan berdasarkan hasil studi yang dilakukan di The United States Patent and Trademark Office, sebuah agensi di bawah naungan departemen perdagangan AS, konsep work from anywhere dapat membantu karyawannya 4,4% lebih produktif dari WFH dan membuat mereka merasa lebih bahagia. Selain itu, masih ada kelebihan lainnya yang bisa didapatkan para karyawan saat bekerja secara remote, yaitu: 

  • Mencapai Work-Life Balance

Jam kerja yang fleksibel saat remote working dapat membantu para karyawan untuk menyeimbangkan antara kehidupan profesional dengan kehidupan personalnya. Ini karena, karyawan dapat mengatur sendiri kapan waktunya untuk mengerjakan pekerjaan rumah, berolahraga, menekuni hobi, atau bahkan menyelesaikan pekerjaan freelance. Keseimbangan antara berbagai hal tersebut dapat membuat karyawan jauh dari stres. Makanya, tak heran kalau banyak orang mencari perusahaan yang menawarkan kerja secara remote.

 

  • Menghemat Biaya

Ini juga salah satu keuntungan dari bekerja secara remote, karena Anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk isi bensin, bayar tol, atau ongkos naik kendaraan umum. Selain itu, yang bikin lebih hemat adalah Anda tidak perlu makan siang di kantor. Sebab biasanya selain biaya transportasi, makan siang membutuhkan alokasi budget yang cukup besar.

 

  • Memanfaatkan Waktu Bekerja dengan Maksimal

Perjalanan ke kantor dan sebaliknya memang menyita cukup banyak waktu, apalagi bagi Anda yang tinggal jauh dari kantor. Nah, dengan remote working, tak ada lagi waktu yang terbuang di jalan akibat kemacetan. Sehingga, Anda dapat memanfaatkannya untuk menyelesaikan pekerjaan supaya lebih cepat selesai atau melakukan hal lain yang disukai untuk me-refresh pikiran.

 

  • Meningkatkan Kreativitas 

Tahukah Anda?Kelebihan dari Rremote working dapat meningkatkan kreativitas karenaadalah Anda dapat memilih untuk bekerja dari mana saja, tak terbatas hanya di rumah. Anda dapat bekerja dari destinasi liburan favorit Anda yang menawarkan pemandangan asri dan ketenangan. Istirahat sejenak di ruangan terbuka seperti ini dapat mendukung Anda untuk bekerja lebih kreatif.  

 

Tantangan Remote Working

Meskipun banyak keuntungan yang bisa kita dapatkan dengan bekerja secara remote, namun bukan berarti mudah untuk dijalani. Sama halnya dengan bekerja dari kantor, remote working juga tetap ada tantangannya. Beberapa di antaranya adalah seperti berikut ini: 

  • Banyak Distraksi

Ini hal umum yang sering dialami saat bekerja secara remote, baik itu di rumah atau di tempat paling favorit sekali pun. Saat mau mulai bekerja atau bahkan di tengah jam kerja, bisa jadi muncul distraksi seperti mengambil kiriman paket, menemani anak belajar, hingga godaan untuk cek media sosial atau menonton video yang menghibur. Hal seperti ini dapat menimbulkan sikap procrastination alias menunda-nunda pekerjaan. Untuk itu, Anda sebaiknya harus disiplin waktu dan membuat prioritas pekerjaan setiap harinya. 


Baca Juga: 4 Cara Menghilangkan Procastination

 

  • Kurang Sosialisasi dengan Karyawan Lain

Situasi remote working yang minim tatap muka langsung, memang dapat mengurangi keakraban dengan atasan dan sesama karyawan. Padahal komunikasi yang baik jadi hal penting dalam pekerjaan. Salah satu solusi untuk meningkatkan sosialisasi di lingkungan kantor adalah dengan melakukan virtual meeting di luar jam kerja. Misalnya, memanfaatkan waktu sebelum meeting online dengan menyapa dan menanyakan kabar kolega atau mengadakan makan siang bersama secara virtual. 

 

  • Koneksi Internet yang Belum Tentu Stabil

Saat bekerja secara remote, biasanya kita mengandalkan koneksi internet dari WiFi di tempat kita berada atau dengan tethering pakai handphone. Namun kualitas internetnya bisa jadi belum tentu stabil. Internet rumah Telkomsel Orbit, bisa menjadi solusi konkrit untuk bekerja secara remote dari mana saja. Ini karena modem Orbit portable dan didukung dengan kualitas internet seluler 4G berkualitas terbaik dari Telkomsel. Jangkauannya juga sudah hampir meliputi seluruh wilayah Indonesia, sehingga Anda yang memilih bekerja jauh dari keramaian kota masih bisa bekerja dengan produktif. Anda dapat segera mendapatkan modem wifi internet Orbit sesuai kebutuhan Anda, dan nikmati tambahan kuota 150 GB (25 GB per hari) selama enam bulan! 


Nah, melihat tren saat ini, kerja remote diprediksi akan menjadi sebuah kebiasaankenormalan baru yang tak lagi dirasa asing. Jadi, apakah Anda sudah siap untuk remote working? Di mana saja, Anda bisa tetap kerja produktif asalkan Anda disiplin pada diri sendiri dan ikuti beberapa tips di atas. Selamat mencoba!

Telkomsel Orbit

  • 542