Kami menggunakan cookies demi memberikan layanan terbaik di website Telkomsel Orbit Selengkapnya tentang kebijakan cookies /assets/images/icon-arrow-right-light.svg
Pengertian Proxy

Pengertian Proxy, Perantara Jaringan dengan Banyak Manfaat

Sebal dan kesal. Itu adalah perasaan yang akan rasakan ketika ingin mengakses sebuah situs di internet tapi malah diblokir. Padahal, Anda tahu situs tersebut tidak mengandung muatan negatif apapun.

Lain lagi kalau Anda merasa gelisah dan tidak nyaman ketika sedang berselancar di internet. Mungkin, Anda merasa diawasi dan sebenarnya ingin menyembunyikan identitas Anda ketika saat browsing internet.

Jika demikan, dalam dunia internet sebenarnya ada banyak cara untuk melindungi privasi dan keamanan Anda. Salah satunya adalah dengan menggunakan proxy.

Nah, pada artikel ini kami sudah merangkum banyak hal tentang proxy. Simak sampai habis kalau Anda ingin mengakses internet lebih cepat dan aman.

Apa itu Proxy?

Proxy adalah sebuah sistem yang terletak di antara pengguna dan internet. Tugasnya yakni seperti perantara yang bertindak sebagai penghubung antara pengguna dan internet.

Nah, untuk untuk menjalankan tugasnya ini, sistem proxy akan membutuhkan sebuah proxy server. Ini adalah seperangkat komputer atau software yang berfungsi untuk memproses permintaan menggunakan alamat proxy.

Dengan begitu, data yang dikirim ke website tujuan tidak akan menggunakan alamat IP dari pengguna karena akan melalui server terlebih dahulu. Sehingga, identitas pengguna yang mengakses internet bisa disembunyikan.

Namun, agar keamananmu lebih terjamin, pastikan juga untuk menggunakan koneksi internet yang terpercaya seperti yang diberikan oleh modem Orbit Pro dari Telkomsel Orbit.

Modem Orbit pro

Orbit Pro adalah modem nirkabel 4G dari Telkomsel Orbit yang memiliki banyak keunggulan dengan harga yang terjangkau. Anda bisa mendapatkannya melalui situs resmi Orbit dengan harga Rp1.099.000 saja.

Orbit Pro memiliki teknologi Wi-Fi 2.4 GHz dan 5 GHz yang dilengkapi 4x4 MIMO LTE CAT6. Kecepatan unduhnya bisa mencapai hingga 300 Mpbs dan unggahnya hingga 50 Mbps dengan kecepatan rata-rata mencapai 21,6 Mbps.

Dengan kecepatan seperti itu, modem ini cocok untuk kamu pakai untuk berbagai kebutuhan. Entah itu untuk streaming film live action kesayanganmu tanpa buffering, bekerja, atau sekedar mengirim file dari rumah.

Mau dipakai bersama-sama dengan orang rumah atau teman-teman juga bisa. Pasalnya, Orbit Pro bisa terhubung hingga 64 perangkat sekaligus.

Kamu juga berhak untuk mendapatkan total bonus paket data 150 GB (25 GB/30 Hari selama 6 bulan) setelah mengaktivasi modem. Jadi, pemakaiannya bisa lebih hemat lagi.

Baca Juga: Pengertian Firewall

Manfaat dan Fungsi Proxy Server

Dalam praktiknya, Proxy Server banyak digunakan oleh banyak perusahaan, organisasi, atau institusi besar untuk membuat jaringan bisnis yang tertutup. Ini tak lepas dari manfaat yang diberikannya.

Beberapa di antaranya tak lepas dari fungsi proxy server itu sendiri, yaitu:

  • Menjaga privasi pengguna

Salah satu fungsi proxy yaitu untuk menyembunyikan alamat IP pengguna (masking) dan menggantinya dengan IP dari proxy. 

Sehingga, privasi pengguna bisa jadi lebih terjaga saat berselancar di internet karena situs yang dituju tidak akan menerima atau mengetahui informasi pengguna.

  • Membuka akses website yang diblokir

Web atau layanan yang diblokir oleh pemerintah, sekolah, atau kantor dapat diakses dengan menggunakan proxy. Ini tak lepas dari cara kerja proxy server yang menyembunyikan IP pengguna.

Dengan begitu, secara otomatis permintaan akses ke server yang diblokir akan diizinkan. Pasalny, alamat IP yang meminta akses tidak termasuk dalam IP yang ada di daftar blokir.

  • Mengontrol penggunaan internet

Selain membuka akses blokir, proxy server juga dapat digunakan untuk memonitor akses terhadap konten-konten yang diinginkan. Ini biasanya diterapkan di perusahaan atau lembaga pendidikan.

Dengan melakukan monitoring, Anda dapat membatasi akses penggunaan ke website yang dianggap berbahaya atau tidak layak. Hal ini bagus untuk menghindari penyalahgunaan internet. 

  • Meningkatkan keamanan yang lebih baik

Jika pengaturan proxy server optimal, Anda juga bisa memanfaatkannya untuk meningkatkan keamanan dalam menggunakan internet. Anda dapat mencegah pengguna asing melakukan pemantauan aktivitas Anda dan yang lainnya.

Pasalnya, proxy server dapat memonitor seluruh data yang masuk dan keluar. Dengan begitu, Anda bisa melakukan penyaringan agar terlindungi dari virus, malware, atau bahkan mengenkripsi pertukaran data.

  • Penggunaan bandwidth yang lebih hemat dan meningkatkan kecepatan

Proxy server memiliki kemampuan untuk menyimpan cache dari sebuah situs yang dituju sebelumnya. Alhasil, bandwidth yang digunakan untuk mengakses sebuah situs bisa jadi lebih hemat.

Pasalnya, ketika Anda hendak mengakses data dari website yang pernah dikunjungi sebelumnya, proxy hanya perlu mengakses dari penyimpanan cache sehingga dapat meningkatkan kecepatan website.

Pilih Server Proxy Sesuai dengan Kebutuhan

Pada akhirnya, keputusan untuk menggunakan proxy akan kembali ke masing-masing individu dan kebijakan perusahaan atau organisasi yang berlaku. Meski memiliki banyak manfaat, proxy juga ternyata punya beberapa kekurangan.

Beberapa di antaranya yaitu:

  • Kecepatan yang lebih lambat: Saat menggunakan proxy, permintaan Anda harus melewati server proxy terlebih dahulu sebelum mencapai situs web tujuan. Hal ini dapat menambah lapisan latensi dan memperlambat kecepatan penjelajahan Anda.

  • Ketersediaan yang terbatas: Tidak semua situs web dan layanan mendukung koneksi proxy. Ini berarti Anda mungkin tidak dapat mengakses situs web atau layanan tertentu saat menggunakan proxy.

  • Risiko keamanan: Jika server proxy disusupi, lalu lintas Anda dapat disadap dan privasi Anda dapat terganggu. Penting untuk memilih server proxy yang andal dengan fitur keamanan yang baik.

  • Kompleksitas: Menyiapkan dan menggunakan proxy dapat menjadi rumit, terutama bagi pemula. Ada banyak jenis proxy yang tersedia, dan masing-masing memiliki set opsi konfigurasi sendiri.

Berikut adalah beberapa jenis proxy yang paling umum:

  • Transparent proxy: Proxy ini biasanya digunakan untuk meningkatkan kecepatan browsing atau untuk mengakses situs web yang diblokir. Sayangnya, jenis proxy ini tidak menyembunyikan alamat IP asli pengguna.

  • Anonymous proxy: Proxy ini biasanya digunakan untuk meningkatkan privasi dan anonimitas pengguna. Pasalnya, jenis proxy ini akan menyembunyikan alamat IP asli pengguna dan menggantinya dengan alamat IP proxy.

  • High-anonymity proxy: Proxy ini biasanya digunakan untuk menghindari pemblokiran dan untuk melindungi privasi pengguna. Jenis proxy ini pun lebih anonim daripada proxy anonim.

  • Rotating proxy: Proxy ini pun umumnya digunakan untuk menghindari pemblokiran dan meningkatkan anonimitas pengguna karena secara teratur mengubah alamat IP proxy yang digunakan.

  • Residential proxy: Proxy yang biasanya lebih mahal daripada proxy lainnya, tetapi menawarkan tingkat anonimitas yang lebih tinggi. Ini adalah jenis proxy yang menggunakan alamat IP dari komputer pribadi yang sebenarnya.

Oleh karena itu, Anda harus mengetahui kebutuhan Anda sebelum memilih jenis proxy yang tepat. ika Anda tidak yakin, Anda dapat berkonsultasi dengan penyedia proxy atau melakukan riset online secara lengkap.

Di samping itu, pastikan juga untuk selalu menggunakan koneksi internet terbaik yang stabil dan cepat seperti yang diberikan Telkomsel Orbit. Dengan begitu, Anda bisa mengakses internet secara lancar tanpa terkendala.

Anda tak perlu khawatir dengan paket data Telkomsel Orbit karena bisa dibeli dengan mudah melalui aplikasi MyOrbit dengan harga yang terjangkau. Unduh aplikasi MyOrbit dari PlayStore untuk perangkat Android dan AppStore untuk iOS.

Segera dapatkan modem Orbit Pro, salah satu modem terbaik Telkomsel Orbit, dengan harga yang terjangkau di sini. Dapatkan juga tambahan kuota sebesar 150 GB selama 6 bulan agar Anda dapat tetap produktif dengan lancar.

  • 2181