Kami menggunakan cookies demi memberikan layanan terbaik di website Telkomsel Orbit Selengkapnya tentang kebijakan cookies /assets/images/icon-arrow-right-light.svg
Perbedaan Internet Fiber Optik dengan Home Wireless Telkomsel Orbit

Perbedaan Internet Fiber Optik dengan Home Wireless Telkomsel Orbit

Sebagian masyarakat Indonesia masih belum mengetahui perbedaan fiber optik dengan wireless. Padahal keduanya sering dipakai untuk mengembangkan modem internet yang semakin diperlukan di masa pandemi. Bahkan beberapa perusahaan teknologi menyediakannya supaya bisa disesuaikan dengan bujet dan kegiatan Anda.

 

Meski internet berbasis fiber optik dan wireless sama-sama bisa memberikan jaringan internet di rumah Anda, keduanya punya beberapa perbedaan yang mungkin masih banyak orang yang belum mengetahuinya. Lalu, apa saja perbedaan fiber optik dengan wireless? Bagaimana cara kerjanya dan mana tipe yang sesuai untuk Anda? Mari simak ulasannya di bawah ini.

 

Internet dengan Fiber Optik

Fiber optik merupakan salah satu jenis kabel dengan jenis material berupa plastik atau kaca sangat halus yang berfungsi sebagai media transmisi. Dengan kabel ini, sinyal cahaya dapat ditransmisikan dari satu lokasi ke lokasi lain dengan kecepatan yang maksimal. Jenis transmisinya pun sudah berkecepatan tinggi karena mengandalkan pembiasan cahaya (laser atau LED) dalam cara kerjanya.

 

Perbedaan fiber optik dengan wireless

  1. Instalasi Membutuhkan Bantuan Teknisi untuk Menarik Kabel

Proses instalasi internet fiber optik terbilang sedikit rumit karena mengharuskan pelanggan menarik kabel terlebih dahulu agar area rumahnya bisa terjangkau layanan. Tentunya hal ini juga melibatkan teknisi sehingga Anda perlu menyediakan waktu khusus untuk melakukan instalasi

 

  1.  Adanya Biaya Tambahan Menyewa Alat

Perangkat yang digunakan layanan internet rumah berbasis fiber optik umumnya tidak menjadi milik pelanggan, melainkan dipinjamkan atau harus menyewa yang kadang membutuhkan biaya tambahan.

 

  1. Adanya Biaya Bulanan

Perbedaan fiber optik dengan wireless selanjutnya adalah adanya biaya bulanan karena sistem yang digunakan adalah langganan. Jadi, tiap bulan Anda harus mengeluarkan biaya yang jumlahnya sama meski internet tidak dipakai sekalipun.

Setelah membaca tentang internet rumah berbasis fiber optik, mari kita bandingkan dengan internet wireless seperti Telkomsel Orbit.

 

Internet Wireless Telkomsel Orbit

Orbit bukan hanya pilihan produk yang muncul untuk memenuhi kebutuhan internet di masa pandemi, melainkan juga inovasi teranyar dengan koneksi data berkecepatan tinggi.

 

  1. Aktivasi Mandiri Tanpa Bantuan Teknisi

Anda bisa dengan mudah mengaktifkan modem Telkomsel Orbit lewat aplikasi, sehingga setelah modem datang, Anda pun tak perlu menunggu lama untuk menggunakannya, apalagi sampai menarik kabel fiber optik yang membutuhkan bantuan petugas atau teknisi.

 

  1. Modem Jadi Milik Pelanggan

Perbedaan fiber optik dengan wireless selanjutnya adalah modem internet wireless dari Telkomsel Orbit akan menjadi milik pelanggan tanpa adanya biaya tambahan. Jadi dengan biaya yang Anda keluarkan di awal, modem pun sudah menjadi milik Anda.

 

  1. Tidak Ada Biaya Bulanan

Jika internet fiber optik menggunakan sistem langganan, biaya penggunaan Telkomsel Orbit bisa disesuaikan dengan pemakaian dan kebutuhan Anda. Jadi jika Anda tidak menggunakan internet sama sekali selama satu bulan, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya apa pun. Hal ini tentunya membuat pengeluaran bulanan Anda menjadi lebih efisien.

 

  1. Pengaturan Dalam Satu Aplikasi

Di Telkomsel Orbit, Anda bisa melakukan berbagai jenis pengaturan di aplikasi MyOrbit yang tersedia untuk iOS dan Android. Mulai dari beli paket data, atur pemakaian, sampai melakukan pembatasan situs yang bisa diakses.

 

  1. Jaringan The Real 4G LTE Telkomsel

Hal selanjutnya yang membuat Telkomsel Orbit bisa jadi pilihan internet di rumah Anda adalah jaringan yang digunakan, yaitu The Real 4G LTE dari Telkomsel yang sudah terbukti jangkauannya luas hingga ke pelosok dan koneksinya stabil. 

Lantas untuk memastikan Orbit terus memberikan pengalaman terbaik, Telkom memperhitungkan faktor-faktor yang menunjangnya. Antara lain konfigurasi perangkat BTS, jarak lokasi pelanggan ke BTS 4G LTE terdekat, kapasitas jaringan, serta jumlah pengguna maksimal yang dilayani per BTS. Dengan begitu, Orbit bisa menjangkau pelanggan meski berada di lokasi yang relatif terpencil.

 

Pilih mana, internet fiber optik atau wireless seperti Telkomsel Orbit?

Dari perbandingan di atas, Anda dapat melihat perbedaan fiber optik dengan wireless. Dua-duanya dapat memberikan manfaat maksimal selama pemakaiannya tepat karena  cocok untuk keluarga atau perusahaan yang menggunakan internet untuk berbagai kebutuhan. Misalnya bekerja dari rumah (WFH), mengikuti kelas atau kursus virtual, hingga menjalankan bisnis online.

Jika Anda tertarik untuk menggunakan internet wireless seperti Telkomsel Orbit, Anda bisa langsung mencari tahu info lengkapnya di myorbit.id, di mana Anda dapat menemukan pilihan modem dan paket data yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda. 

 

Dengan Telkomsel Orbit, #SemuaDone!

Telkomsel Orbit

  • 2886