Kami menggunakan cookies demi memberikan layanan terbaik di website Telkomsel Orbit Selengkapnya tentang kebijakan cookies /assets/images/icon-arrow-right-light.svg
Proxy Whatsapp

Mengenal Proxy Whatsapp dan Cara Menggunakannya

Fitur proxy WhatsApp diumumkan pertama kali pada awal Januari 2023. Dukungan ini diperkenalkan sebagai jawaban atas hambatan dalam mengakses internet yang kerap terjadi di beberapa negara konflik.

Dengan fitur ini, Anda dapat terhubung ke WhatsApp melalui server proxy yang disiapkan oleh relawan dan organisasi di seluruh dunia. Komunikasi dengan orang-orang yang Anda cintai pun menjadi lancar.

Namun, bagaimana dengan pengguna WhatsApp yang berada di Indonesia? 

Jawabannya, fitur ini akan tetap sangat berguna meski digunakan di Indonesia yang jarang mengalami pembatasan internet. Anda akan merasakan manfaatnya ketika berada di wilayah dengan jangkauan internet buruk.

Apa itu Server Proxy WhatsApp?

Server Proxy WhatsApp adalah sebuah sistem yang terletak di antara perangkat kita dan server WhatsApp. Tugasnya yaitu bertindak sebagai perantara yeng menghubungkan perangkat Anda dengan server WhatsApp dan menyembunyikan alamat IP asli Anda.

Dengan begitu, pengguna dapat mengakses WhatsApp secara bebas dari lokasi mana saja saat internet diblokir atau terganggu. WhatsApp sendiri mengklaim bahwa mereka tetap mempertahankan tingkat privasi dan keamanan tinggi yang disediakan.

Artinya, pesan pribadi Anda seharusnya tetap dilindungi oleh enkripsi end-to-end. Ini untuk memastikan bahwa pesan Anda tidak dapat dilihat oleh orang lain, bahkan server proxy, pihak WhatsApp, atau pihak Meta sekalipun.

Cara Setting Proxy WhatsApp

Lalu bagaimana cara untuk menggunakan WhatsApp proxy? Hal pertama yang perlu dipersiapkan sebelum mengutak-atik pengaturannya adalah Anda memastikan untuk menggunakan jaringan internet yang stabil dan lancar. 

Anda bisa mendapatkannya dengan menggunakan layanan internet dari Telkomsel Orbit. Salah satu modem WiFi terbaik Telkomsel Orbit yang bisa Anda pakai adalah modem Orbit Star N1.

Modem Orbit Star N1

Orbit star N1 adalah pilihan tepat bagi Anda yang ingin terhubung ke jaringan internet stabil dan cepat dengan praktis. Pasalnya, modem 4G dari Telkomsel Orbit ini dilengkapi dengan dua buah antena untuk memperkuat sinyal.

Selain itu, teknologi WiFi 2,4 Ghz dan 2x2 MIMO LTE juga sudah hadir di modem ini. Kecepatan rata-ratanya bisa mencapai hingga 15 Mbps dan dapat terhubung hingga 32 perangkat sekaligus.

Kamu bisa mendapatkan Orbit Star N1 dengan harga Rp579.000 saja. Segera dapatkan modem ini di situs resmi telkomsel orbit, GraPARI terdekat, atau toko resmi Telkomsel di e-commerce kesayanganmu.

Jika Anda sudah memiliki akses Internet, Anda dapat mencari sumber tepercaya yang telah membuat proxy melalui media sosial atau mesin pencari. Untuk terhubung dengan server proxy, kamu perlu mengubah beberapa pengaturan. 

Pertama, pengguna harus mengetahui dulu port yang digunakan untuk layanan Proxy WA sebelum memasukkan alamat proxy WhatsApp atau alamat IP pada proxy server. 

Port yang dapat digunakan untuk setting WhatsApp Proxy adalah:

  • 80: Lalu lintas web standar (HTTP)

  • 443: Lalu lintas web standar, terenkripsi (HTTPS)

  • 5222: Lalu lintas protokol Jabber (default WhatsApp)

  • 587 or 7777: Lalu lintas protokol *.whatsapp.net termasuk media (HTTPS)

Ada juga port yang dikonfigurasi yang menerima header proxy masuk (versi 1 atau 2) pada koneksi.

  • 8080: Standar lalu lintas web (HTTP) dengan protokol PROXY diharapkan

  • 8443: Standar lalu lintas web, terenkripsi (HTTPS) dengan protokol PROXY diharapkan

  • 8222: Lalu lintas protokol Jabber (default WhatsApp) dengan protokol PROXY diharapkan

Baca Juga: Pengertian Proxy

Setelah mengetahui port yang digunakan, Anda bisa melakukan konfigurasi alamat proxy WhatsApp pada perangkat Anda. Berikut langkah-langkah yang bisa Anda ikuti:

Cara Terhubung ke Server Proxy WhatsApp untuk Perangkat Android

  • Pastikan Anda menggunakan WhatsApp versi terbaru.

  • Di tab Chat, ketuk > Setelan.

  • Ketuk Penyimpanan dan data > Proxy.

  • Ketuk Setelan Proxy.

  • Masukkan alamat Proxy WhatsApp, seperti alamat IP. Anda dapat menyesuaikan port chat hanya untuk chat atau port media untuk pesan suara, video, atau gambar.

  • Anda dapat memilih untuk menyesuaikan port chat atau media. Teks dikirim melalui port chat. Gambar, video, suara, dan sebagainya dikirim melalui port media.

  • Ketuk untuk menyimpan. Pesan status akan ditampilkan jika koneksi berhasil.

Cara Terhubung ke Server Proxy WhatsApp untuk Perangkat iOS

  • Pastikan Anda menggunakan WhatsApp versi terbaru.

  • Buka Pengaturan WhatsApp.

  • Ketuk Penyimpanan dan data > Proxy.

  • Ketuk Pengaturan Proxy.

  • Ketuk Alamat Proxy.

  • Masukkan Alamat Proxy WhatsApp, seperti alamat IP atau nama DNS. Anda dapat menyesuaikan port chat hanya untuk chat atau port media untuk pesan suara, video, atau gambar.

  • Ketuk Simpan untuk menyimpan pengaturan baru.

  • Aktifkan Gunakan Proxy untuk mengaktifkan proxy. Pesan status akan ditampilkan jika koneksi berhasil.

Jika Anda masih tidak dapat mengirim atau menerima pesan ketika menggunakan proxy, ada kemungkinan proxy tersebut telah diblokir. 

Anda dapat menekan lama alamat proxy yang diblokir untuk menghapusnya. Setelah itu, masukkan alamat proxy baru untuk mencoba lagi.

Pilih Server Proxy WhatsApp Sesuai Kebutuhan dengan Bijak

Pada akhirnya keputusan untuk memilih menggunakan alamat proxy WhatsApp akan kembali kepada masing-masing individu. Meski memiliki banyak manfaat, bukan berarti tidak akan mengalami kendala sama sekali.

Oleh karena itu, cara terbaik untuk terhubung dengan layanan WhatsApp adalah dengan menggunakan layanan dari penyedia layanan internet terbaik seperti Telkomsel Orbit.

Dengan dukungan jaringan yang luas dari Telkomsel, Anda bisa merasakan untuk terhubung dengan koneksi internet yang cepat dan stabil saat menggunakan modem Orbit.

Di samping Anda juga tak perlu khawatir dengan paket internet Orbit karena bisa dibeli dengan mudah melalui aplikasi MyOrbit dengan harga yang terjangkau. Unduh aplikasi MyOrbit dari PlayStore untuk perangkat Android dan AppStore untuk iOS.

Segera dapatkan Orbit Star N1, salah satu modem terbaik Telkomsel Orbit, dengan harga yang terjangkau di sini. Dapatkan juga tambahan kuota sebesar 150 GB selama 6 bulan agar Anda dapat tetap produktif dengan lancar.

  • 3060