Kami menggunakan cookies demi memberikan layanan terbaik di website Telkomsel Orbit Selengkapnya tentang kebijakan cookies /assets/images/icon-arrow-right-light.svg
uji kecepatan internet

Rekomendasi Aplikasi dan Cara Uji Kecepatan Internet yang Mudah

Sebelum melakukan aktivitas menggunakan internet, baik itu bermain game online, streaming YouTube, ataupun aktivitas serupa lainnya, banyak orang melakukan uji kecepatan internet terlebih dahulu. Cara ini cukup penting karena Anda bisa mengetahui berapa kecepatan internet yang dimiliki agar dapat mendukung aktivitas tanpa gangguan.

Persiapan Sebelum Uji Kecepatan Internet

Sebelum melakukan tes kecepatan internet, sebaiknya lakukan beberapa persiapan terlebih dahulu. Ada beberapa langkah penting agar hasil uji kecepatan internet sesuai dengan harapan yaitu: 

1. Me-restart modem

Tips pertama yang harus dilakukan adalah me-restart modem atau router terlebih dahulu. Modem atau router adalah alat yang digunakan untuk menyalurkan internet melalui WiFi internet cepat maupun kabel LAN. 

Cara ini akan membantu Anda secara efektif memulihkan kembali jaringan internet terutama apabila ada masalah yang mengganggu.

2. Me-restart gadget atau perangkat

Tips penting berikutnya adalah me-restart gadget yang digunakan, baik itu smartphone atau bahkan laptop. Anda tentu sudah mengetahui bagaimana cara untuk me-restart gadget yang digunakan, yaitu tinggal tekan tombol ON/OFF pada gadget kemudian pilih restart.

Namun, jika Anda menggunakan komputer, carilah menu ’Start’ lalu klik restart.

Cara ini akan benar-benar membantu Anda untuk me-refresh gadget sehingga koneksi internet kembali dalam kondisi terbaik.

3. Membersihkan cache

Persiapan berikutnya yaitu membersihkan cache dari perangkat yang digunakan.

Setiap kali Anda menggunakan internet, cache akan banyak menumpuk dan menyebabkan koneksi melambat. Anda perlu membersihkan cache secara rutin karena hal ini mempengaruhi koneksi internet Anda.

4. Tutup program yang tidak terpakai

Cara berikutnya yang juga tidak kalah penting adalah menutup semua program yang sudah tidak terpakai. Apabila masih ada program yang menyala, hal ini bisa menyebabkan koneksi internet melambat. Sehingga, hasil uji kecepatan internet pun menjadi tidak akurat.

 

Aplikasi Uji Kecepatan Internet dan Cara Penggunaannya

Setelah mengetahui bagaimana cara melakukan uji kecepatan internet, penting juga bagi Anda untuk mengetahui aplikasi apa saja yang bisa digunakan.

Melakukan test kecepatan internet bisa dilakukan dengan mudah menggunakan aplikasi gratis. Ada beberapa aplikasi gratis yang bisa Anda coba gunakan, di antaranya:

1. Speed Test Google

Cara pertama adalah dengan menggunakan speed test Google. Situs ini banyak digunakan untuk mengecek kecepatan internet, baik itu di komputer maupun smartphone. Ketika Anda memilih menggunakan speed test Google, Anda tidak harus mengunduhnya di Play Store ataupun App Store.

Caranya adalah dengan membuka browser kemudian cari ‘speed test’ dan speed test Google akan muncul di halaman pertama. Setelah itu, buka speed test Google tersebut dan klik "Jalankan uji kecepatan”. Selanjutnya tunggu beberapa saat, maka hasil tes kecepatan internet akan segera muncul.

2. Speedtest.net

Cara berikutnya yaitu dengan menggunakan aplikasi speedtest.net. Aplikasi ini sangat mudah dan efektif untuk membantu mengetahui kecepatan internet yang Anda gunakan.

Sebelum menggunakan aplikasi ini, Anda harus mengunduhnya terlebih dahulu di Play Store ataupun App Store. Setelah berhasil, jangan lupa untuk klik install. Lanjutkan dengan membuka aplikasi tersebut, maka di sana akan muncul pilihan yang bertuliskan “Go”. Klik opsi tersebut maka proses pengecekan internet akan segera berlangsung.

Jika proses sudah selesai, Anda bisa melihat hasil pengukuran dari aplikasi ini. Selain bisa mengakses speedtest.net menggunakan aplikasi, Anda juga bisa mengaksesnya melalui browser. Jadi, misalnya Anda menggunakan komputer, Anda tetap bisa melakukan pengecekan koneksi internet menggunakan speedtest.net ini.

3. Internet Speed Test App

Aplikasi uji kecepatan internet berikutnya yang juga menarik untuk digunakan adalah internet speed test. Aplikasi ini bisa diunduh secara mudah tanpa biaya di Play Store. Jangan lupa untuk klik install setelah mengunduhnya.

Setelah berhasil membuka aplikasi tersebut, Anda akan menemukan opsi bertuliskan “Test”. Klik opsi tersebut dan proses pengecekan koneksi internet akan dimulai.

4. Internet Speed Meter Lite

Uji kecepatan internet menggunakan smartphone memang semakin mudah dengan adanya aplikasi Internet Speed Meter Lite ini. Anda bisa mengunduh aplikasi ini secara gratis, untuk digunakan di smartphone.

Langkah berikutnya tinggal membuka aplikasi tersebut. Di sana Anda bisa memantau kecepatan internet secara mudah dan bahkan real time. Cara untuk menjalankan aplikasi ini juga sangat mudah dan hampir sama ketika Anda menggunakan aplikasi lainnya.

 

Cara Uji Kecepatan Internet Melalui Komputer

Jika Anda menggunakan smartphone, melakukan cek kecepatan internet akan jauh lebih mudah dengan aplikasi gratis yang bisa diunduh di Play Store atau App Store. Namun, apabila Anda menggunakan PC maupun komputer, cara yang digunakan akan berbeda.

Anda bisa menggunakan beberapa situs gratis yang dapat ditemukan melalui browser. Beberapa situs tersebut antara lain:

1. Fast.com

Situs pertama yang sangat menarik adalah fast.com. Anda bisa membuka situs ini menggunakan browser pada perangkat komputer Anda, seperti Chrome. Selanjutnya, Anda bisa menuliskan alamat situs tersebut dan kemudian masuk ke halaman utama. Setelah masuk, Anda tinggal mengikuti petunjuk yang tersedia di sana.

Informasi mengenai hasil pengecekan internet akan muncul di layar. Hanya butuh beberapa menit saja untuk melihat hasil pengecekan internet menggunakan situs yang satu ini.

2. Meter.net

Situs berikutnya yang juga sangat menarik untuk Anda coba adalah meter.net. Cara untuk mengunjungi situs ini sama seperti yang sebelumnya, yaitu menggunakan browser. Setelah berhasil masuk ke halaman, klik opsi 'Start' yang muncul di layar.

Jika sudah, coba menunggu beberapa saat sampai informasi mengenai kecepatan internet muncul. Data yang ditunjukkan biasanya cukup lengkap, mulai dari kecepatan upload, kecepatan download, ping, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Mudah dan Cepat, Begini Cara Cek Ping Internet!

3. MyRepublic

Menguji kecepatan internet juga bisa melalui myrepublic.co.id. Anda bisa langsung masuk ke website tersebut dan nantinya akan menemukan opsi “Go”. Klik opsi tersebut dan proses pengecekan kecepatan internet akan berlangsung selama beberapa saat.

Menguji kecepatan internet menggunakan situs ini sangat mudah dan cepat. Anda mungkin saja hanya membutuhkan waktu kurang dari 1 menit untuk mengetahui hasilnya.

4. Speedtest CBN

Situs berikutnya yang juga bisa Anda gunakan adalah speedtest CBN. Untuk masuk ke halaman ini, Anda tinggal memasukkan nama situs tersebut di browser, kemudian pilih opsi “Go”. Tunggu sampai proses pengecekan selesai. Informasi yang akan muncul antara lain mulai dari kecepatan upload, kecepatan download, ping, dan jitter.

5. Bandwidth Place

Jika Anda ingin mencoba cara lain, maka Anda bisa masuk ke situs bandwidthplace.com. Caranya juga sama seperti dengan situs yang lain, yaitu hanya klik 'Start' pada halaman utama.

Baca Juga: 7 Cara Mempercepat Koneksi Saat WFH

Dari banyak cara yang telah disebutkan di atas tentu akan ada satu yang memberikan hasil terbaik. Situs atau aplikasi menawarkan kelebihan dan kekurangannya tersendiri. Anda tidak perlu merasa bingung karena tinggal memilih salah satu yang paling sesuai dengan kebutuhan.

Sekarang Anda sudah tidak perlu bingung lagi ketika ingin melakukan uji kecepatan internet. Semoga informasi ini menambah pengetahuan Anda tentang berbagai macam aplikasi yang membantu mengetahui koneksi internet Anda.

Telkomsel Orbit

  • 1165