Kami menggunakan cookies demi memberikan layanan terbaik di website Telkomsel Orbit Selengkapnya tentang kebijakan cookies /assets/images/icon-arrow-right-light.svg
Cara Mengatasi Wifi Tersambung Tanpa Koneksi Internet

Cara Mengatasi Wifi Tersambung Tanpa Koneksi Internet

Apakah Anda sering mendapati WiFi tersambung tapi tidak bisa internet? Gangguan ini sering kali terjadi saat browsing di laptop maupun smartphone, apalagi kalau Anda sedang sibuk bekerja. Pesan no internet access yang mendadak muncul memaksa Anda menghentikan aktivitas untuk mencari solusi memecahkan masalah secepatnya.

 

Apa saja faktor yang mempengaruhi jaringan WiFi?

Semakin terjangkaunya WiFi membuat masyarakat mudah mengakses koneksi internet dengan kecepatan tinggi. Sejumlah provider bahkan menawarkan tarif murah yang membuat konsumen lebih memilih penggunaan WiFi ketimbang paket data internet. Hal ini juga disambut kelompok pekerja yang bergantung pada koneksi internet untuk menuntaskan tugas-tugasnya tepat waktu.

Namun, WiFi tak terlepas juga dari kekurangan, salah satunya internet yang tak muncul walau jaringan sudah tersambung. Sebelum mengambil tindakan, Anda perlu mengenali dulu beberapa faktor yang mempengaruhi gangguan tersebut, antara lain:

  • Sinyal atau jaringan lemah. Faktor ini bisa disebabkan area yang belum terjangkau jaringan terbaru atau ada halangan seperti tembok besar. Cuaca ekstrem seperti hujan deras disertai petir pun tak jarang melemahkan jaringan WiFi.

  • Masalah pada router. Usia router yang sudah tua dan kerusakan pada komponen adalah salah dua faktor yang menimbulkan masalah pada perangkat. Akibatnya, jaringan WiFi yang ditangkap laptop atau smartphone ikut bermasalah;

  • Maintenance dari provider WiFi. Maintenance atau masa pemeliharaan yang dilakukan provider kadang mengharuskan mereka menurunkan kualitas jaringan bahkan hingga memutusnya untuk sementara waktu sampai perbaikan selesai dilakukan.

 

Bagaimana cara mengatasi WiFi tersambung tanpa internet?

Mengaplikasikan solusi berdasarkan faktor penyebab akan lebih mudah. Peluang Anda untuk mendapatkan hasil yang diharapkan pun jauh lebih besar. Namun, kalau Anda kurang yakin dengan pemicunya atau tak kunjung menemukannya, terapkan langkah-langkah berikut supaya koneksi internet kembali saat WiFi terhubung dengan perangkat.

 

  1. Restart laptop atau smartphone

Langkah ini kerap dianjurkan provider, sebab perangkat kadang tak bisa berfungsi maksimal saat sudah terlalu lama dipakai. Termasuk saat Anda menghubungkannya dengan jaringan WiFi. Anda bisa restart laptop atau smartphone, lalu diamkan beberapa menit. Untuk smartphone, Anda bisa cabut dulu kartu SIM-nya sebelum dipasangkan kembali.

 

Dengan mematikan perangkat, data-data yang sedang diproses akan dimuat ulang dan membuat sistem menjadi lebih fresh saat dinyalakan. Kemudian, setelah mengaktifkan laptop atau smartphone, Anda bisa hubungkan lagi dengan jaringan WiFi.

 

  1. Restart modem atau router

Sudah restart laptop atau smartphone, tetapi koneksi internet tak kunjung muncul? Anda dapat lanjutkan ke langkah selanjutnya dengan restart modem atau router. Masing-masing provider mempunyai prosedur untuk melakukan langkah ini. Jadi ada baiknya Anda memeriksa dulu cara restart modem atau router saat menghadapi WiFi tersambung tapi tidak bisa internet.

Kalau modem atau router terasa panas, diamkan dulu sampai dingin. Pasalnya, kenaikan suhu pada perangkat kadang mengganggu performa komponen di dalam perangkat. Setelah itu, nyalakan lagi modem atau router WiFi untuk digunakan kembali.

 

  1. Mengaktifkan mode pesawat 

Airplane mode atau mode pesawat tak hanya berguna untuk menggunakan laptop dan smartphone saat Anda berada di dalam pesawat terbang. Mengaktifkan mode tersebut merupakan salah satu trik yang sudah umum dipakai untuk memancing koneksi internet supaya terhubung lagi ke perangkat. Tak ada salahnya mencoba kalau Anda mendapatkan pesan no internet access.

 

Dalam langkah ini, Anda bisa restart dulu laptop atau smartphone. Kemudian, sambungkan ke jaringan WiFi dan aktifkan mode pesawat selama beberapa detik, lalu matikan. Sambungkan lagi ke WiFi untuk mengetahui hasilnya.

 

  1. Masukkan ulang password WiFi

Ada kalanya kesalahan kecil seperti salah memasukkan password membuat koneksi internet hilang dari perangkat. Hal ini sering dialami sebagian orang yang tak mengaktifkan opsi auto connected. Akan tetapi, karena faktor-faktor tertentu, kadang provider WiFi meminta Anda memasukan ulang password sebelum menghubungkan koneksi internet pada perangkat.

Anda juga bisa memutus sementara pengaturan WiFi dengan memilih opsi Forget WiFi pada laptop atau smartphone. Kemudian, hubungkan lagi dengan memasukkan password yang sudah digunakan atau yang baru.

 

  1. Ganti pengaturan tanggal dan waktu

Salah satu faktor penyebab yang dilupakan beberapa orang sebelum terhubung dengan internet adalah pengaturan tanggal dan waktu. Anda harus memastikan informasinya sesuai timezone atau waktu lokal tempat tinggal. Kalau laptop atau smartphone masih menggunakan tanggal dan waktu yang tak cocok dengan timezone, Anda tak akan bisa mengakses internet.

 

Untuk Indonesia, Anda bisa mengubah pengaturan tanggal dan waktu ke UTC 07:00 atau GMT+7 yang mencakup wilayah Jakarta, Bangkok, dan Jakarta. Namun, Anda pun bisa mengubahnya secara manual mengingat Indonesia punya tiga timezone berbeda.

 

  1. Lakukan reset pada perangkat

Jika WiFi terhubung di perangkat lain selain laptop atau smartphone Anda, ada kemungkinan masalah terletak pada gawai yang digunakan. Laptop atau smartphone yang sudah terlalu lama digunakan pasti mengalami penurunan performa pada komponen dalam, terutama kalau jarang dipelihara dengan baik.

Anda bisa mengambil langkah reset yang akan mengembalikan pengaturan pabrik pada laptop maupun smartphone. Sebelumnya, back up data-data penting ke perangkat lain kalau Anda tak mau kehilangan file atau dokumen lainnya.

 

Langkah lain yang dapat Anda ambil adalah mengunjungi gerai resmi provider apabila kendala WiFi tersambung tapi tidak bisa internet berlangsung terlalu lama. Jika Anda menggunakan internet rumah Telkomsel Orbit, Anda dapat langsung mengajukan pertanyaan melalui website di www.myorbit.id atau menghubungi 0807 1811 811.

Telkomsel Orbit

  • 32466