Kami menggunakan cookies demi memberikan layanan terbaik di website Telkomsel Orbit Selengkapnya tentang kebijakan cookies /assets/images/icon-arrow-right-light.svg
Tips Maksimalkan Cuan dari Bisnis Online

5 Tips Maksimalkan Cuan dari Bisnis Online

Bisnis online saat ini menjadi pilihan banyak orang untuk mendapatkan penghasilan.

Baik itu sebagai usaha sampingan atau sumber penghasilan utama bagi yang mengubah haluan karier dari karyawan, bisnis secara daring sering kali dilirik karena punya banyak keuntungan. 

 

Kenapa Pilih Bisnis Online?

Hal pertama yang paling menarik pengusaha pemula untuk berjualan online adalah bisa dimulai dengan modal yang tidak besar.

Bahkan ada juga lho model bisnis online yang minim modal, yaitu dengan menjadi reseller atau dropshipper dari produk tertentu. 

 

Selain itu, bisnis online juga tidak mengharuskan kita untuk menyewa tempat sebagai lapak berjualan. Semua dapat dilakukan melalui lapak online di media sosial atau marketplace virtual. Dengan begitu, bisnis dapat dijalankan secara rumahan.

Bisnis boleh jadi skalanya masih rumahan, tapi lewat dunia online kita dapat menjangkau pelanggan yang lebih luas lagi hingga ke berbagai daerah di Indonesia.

 

Tips Cuan Jalankan Bisnis Online

Nah, bagaimana dengan Anda sendiri? Apakah Anda sedang mempertimbangkan merintis bisnis secara daring, atau justru sudah mulai menjalankan bisnis online dan sedang mencari cara untuk maksimalkan cuan? Berikut ini ada beberapa strategi marketing yang perlu Anda terapkan. 

1. Buat Promo Spesial

Untuk menarik lebih banyak pelanggan potensial ke lapak jualan online milik Anda, salah satu strategi yang dapat ditempuh yaitu dengan membuat promo atau diskon di momen spesial. Misalnya, diskon sekian persen, buy 1 get 2, atau cashback. 

 

2. Buat Konten yang Relevan dengan Kebutuhan Audiens

Promosi itu tidak melulu berupa ajakan membeli barang dengan penawaran harga terbatas. Anda juga bisa mempromosikan keunggulan produk dengan cara membantu mereka menghadapi tantangan dalam kesehariannya.

Jika Anda menjual frozen food misalnya, Anda dapat membuat konten tentang resep praktis bekal makan siang. Atau jika Anda menjual hijab, Anda bisa memberikan tutorial daily hijab yang mudah untuk ditiru.

Cara ini dapat membuat usaha Anda memiliki value lebih dibandingkan dengan kompetitor, sehingga kesempatan untuk dilirik calon pelanggan jadi lebih besar.


3. Sesuaikan Jadwal Post Konten dan Promo 

Kebiasaan penggunaan media sosial audiens mesti diperhatikan, supaya konten dan promo kita bisa lebih banyak dilihat.

Jika orang yang menjadi target sebagai audiens kita adalah pekerja kantoran yang sudah mulai kembali beraktivitas ke kantor, sebaiknya bikin jadwal post di pagi hari saat mereka sedang dalam perjalanan ke kantor, menjelang makan siang, dan sepulang kerja.

Ini bisa jadi berbeda tergantung siapa calon pelanggannya dan platform yang digunakan.

Namun, American Marketing Association menyarankan untuk post konten Instagram di jam 11.00-14.00, konten Facebook di jam 09.00-01.00, dan konten Twitter di jam 08.00. Menurut kajian mereka, di waktu ini penggunaan media sosial secara global paling tinggi. 

 

4. Fokus Jual Produk Kebutuhan yang Sedang Menjadi Incaran

Saat musim hujan tiba, biasanya perlengkapan seperti jas hujan, cover sepatu, hingga kuliner berkuah yang disajikan hangat banyak dicari.

Untuk itu, anda bisa mempertimbangkan agar bisa fokus berjualan produk kebutuhan tadi. Kalau Anda masih kesulitan mencari produk yang kira-kira bakal dicari banyak orang, Anda bisa gunakan bantuan Google Trend secara gratis.

Caranya, Anda perlu ketik topik pencarian di laman Google Trend. Contohnya, “hijab”. Lalu, ternyata muncul pencarian populer seperti “strap masker hijab” dan “hijab sport”. Dari sini Anda bisa menambah peluang penjualan produk Anda, dengan menyediakan strap masker hijab dan juga hijab untuk berolahraga. 

 

5. Kolaborasi dengan Brand Lain untuk Buka Peluang Pasar yang Baru

Ini strategi yang bisa Anda lakukan untuk memperluas target pemasaran. Anda bisa coba berkolaborasi dengan brand lain untuk saling melengkapi.

Misalnya saja, bagi Anda yang punya usaha hantaran/hampers, dapat mengajak pemilik bisnis kue kering untuk berjualan hampers kue kering. Atau, untuk Anda yang menjual camilan seperti donat kampung, bisa mengajak kerja sama brand minuman boba untuk menjual paket snack spesial.

Mau coba kolaborasi yang lebih berani? Mungkin Anda dapat kolaborasi dengan brand pakaian untuk membuat koleksi yang warnanya terinspirasi dari kreasi topping donat yang Anda jajakan. Hal yang terpenting dari kolaborasi ini adalah, pastikan apa pun produk yang dihasilkan itu memang punya pasar yang menjanjikan.

Jadi, kroscek lagi apakah ide kolaborasi tersebut tepat untuk masing-masing pelanggan Anda, ya. 

 

Nah, modal awal membuka bisnis online bisa jadi pas-pasan tapi dengan melakukan strategi yang tepat Anda tetap bisa kok maksimalkan cuan.

Agar strategi marketing yang telah direncanakan dapat berjalan dengan lancar, pastikan juga rumah Anda dilengkapi dengan jaringan internet yang bebas hambatan.

Jangan sampai, jadwal post konten dan promo berantakan karena gangguan teknis pada internet kabel Anda. Untuk itu, lengkapi rumah Anda dengan modem internet tanpa kabel seperti Telkomsel Orbit. Dengan jangkauan yang luas di hampir seluruh wilayah Indonesia dan kualitas jaringan seluler terbaik dari Telkomsel, modem Orbit ikut menemani perjalanan Anda dalam meningkatkan omzet penjualan dari bisnis online.

Telkomsel Orbit

  • 187