Kami menggunakan cookies demi memberikan layanan terbaik di website Telkomsel Orbit Selengkapnya tentang kebijakan cookies /assets/images/icon-arrow-right-light.svg
Bedanya Router dan Modem: Saatnya Pilih Perangkat Internet yang Tepat

Bedanya Router dan Modem: Saatnya Pilih Perangkat Internet yang Tepat

Internet telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan kita sehari-hari. Untuk bisa terhubung ke dunia maya, kita membutuhkan perangkat seperti modem atau router yang berfungsi sebagai jembatan yang menghubungkan kita dengan jaringan internet. Tapi, tahukah kamu apa perbedaan router dan modem? 

Banyak orang menganggap router dan modem sebagai perangkat yang sama. Padahal, fungsi utama router dan fungsi utama modem sebenarnya berbeda.  

Router adalah perangkat yang mengarahkan lalu lintas data di dalam jaringan. Router meneruskan paket data ke berbagai alamat IP tujuan atau ke beberapa komputer. Router memudahkan kita mengakses jaringan lokal (LAN), tapi belum tentu bisa langsung terhubung ke internet. Untuk bisa terhubung dengan internet, perlu ada modem. 

Modem adalah kata gabungan dari modulator dan demodulator, yaitu alat yang mengubah sinyal analog ke digital dan sebaliknya. Dengan kata lain, modem adalah alat yang menghubungkan jaringan LAN ke jaringan internet. 

Modem secara umum terbagi menjadi dua jenis, yaitu modem internal dan eksternal. Modem internal sudah terpasang di dalam komputer atau laptop, sedangkan modem eksternal dipasang secara terpisah.  

Modem eksternal kini lebih populer karena mudah digunakan dan harganya terjangkau. Modem eksternal memberikan fleksibilitas yang lebih tinggi karena dapat digunakan di mana saja dan kapan saja. Untuk penggunaannya, kamu hanya perlu membeli modem dan kartu SIM untuk langsung bisa terhubung ke internet. 

Jenis-jenis Router dan Modem 

Baik router maupun modem memiliki berbagai macam jenis. Seperti apa jenisnya dan perbedaannya? 

Jenis-jenis router 

  • Core router: bisa dihubungkan ke berbagai perangkat. 
  • Edge router: jembatan antara LAN dengan WAN (Wide Area Network). 
  • Distribution router: mendistribusikan data edge ke perangkat. 
  • Wireless router: tidak menggunakan kabel LAN. 

Jenis-jenis modem 

  • Modem kabel (fiber optic): menggunakan kabel untuk terhubung ke jaringan internet. Perangkat lain bisa terhubung ke modem ini melalui kabel atau Wi-Fi. 
  • Model dial-up (analog): terdiri dari dua jenis utama, yaitu GSM (Global System for Mobile Communication) dan CDMA (Code Division Multiple Access).  Modem GSM menggunakan jaringan seluler seperti ponsel, sedangkan modem CDMA menggunakan jaringan yang berbeda. Jaringan CDMA sudah tidak ada lagi di Indonesia. 
  • Modem DSL (Digital Subscriber Line): memanfaatkan jaringan telepon untuk memberikan koneksi internet yang lebih cepat dibandingkan dengan jenis modem lainnya. 

Perbedaan Router dan Modem 

Masih belum yakin tentang perbedaan router dan modem? Yuk, kita lihat berdasarkan beberapa karakteristik teknis berikut. 

  • Dari segi fungsi 

Fungsi utama modem adalah mengubah sinyal dari ISP ke sinyal digital. Sementara, fungsi utama router adalah mengelola aliran data pada sebuah jaringan agar transmisi internet atau paket data bisa sampai ke alamat IP tujuan dengan cepat. 

  • Sambungan 

Modem umumnya hanya dapat menghubungkan satu atau beberapa komputer saja dengan menggunakan software atau OS. Sementara, router dapat menghubungkan banyak perangkat sekaligus, seperti komputer, melalui jaringan nirkabel Wi-Fi.  

  • Fitur yang tersedia 

Fitur pengaturan jaringan pada modem cenderung sederhana. Sebaliknya, fitur pengaturan jaringan pada router lebih kompleks.  

  • Dari segi koneksi 

Modem hanya menerima dan mengirimkan data melalui sambungan telepon, sedangkan router berfungsi untuk mengarahkan data menuju jaringan. 

  • Alamat IP yang berbeda 

Router menggunakan alamat IP privat sebagai tujuan, sedangkan modem menggunakan alamat IP publik. 

Modem vs Router, Mana yang Lebih Bagus? 

Untuk kemudahan terkoneksi dengan internet, modem adalah solusinya. Sebab router tidak bisa terhubung dengan internet bila tidak dilengkapi modem. Sementara modem bisa langsung terhubung dengan internet meskipun tidak menggunakan router. 

Nah, kalau untuk kelancaran menggunakan internet, pilih penyedia layanan internet dengan modem seperti Telkomsel Orbit. Semua produk modem dari Orbit sudah dilengkapi dengan fitur dan kecepatan yang mumpuni. 

Telkomsel Orbit hadir dengan jaringan 4G LTE yang kuat dan merata di hampir seluruh wilayah Indonesia. Bahkan, di beberapa kota besar seperti Jakarta dan Tangerang, kamu bisa merasakan kecepatan internet yang luar biasa dengan jaringan 5G. Jadi, enggak ada lagi tuh, yang namanya buffering pas lagi nonton streaming.  

Ditambah lagi, Telkomsel Orbit hadir dengan sistem prabayar sehingga kamu bisa membeli paket data sesuai dengan kebutuhan tanpa terikat kontrak bulanan. Lebih fleksibel, kan? Tak ada lagi kekhawatiran biaya membengkak jika jarang menggunakan internet. 

Telkomsel Orbit adalah solusi internet terbaik untuk kebutuhan internetmu! 

 

Telkomsel Orbit

  • 0