Kami menggunakan cookies demi memberikan layanan terbaik di website Telkomsel Orbit Selengkapnya tentang kebijakan cookies /assets/images/icon-arrow-right-light.svg
Cara Download Video di Instagram Tanpa Aplikasi

7 Cara Download Video di Instagram Tanpa Aplikasi Tambahan

Meski sudah 13 tahun berjalan dan fitur-fiturnya terus diperbarui, hingga saat ini Instagram (IG) belum menyediakan fitur unduh video pada aplikasinya. Kenapa, ya?

Salah satu alasannya adalah demi menjaga privasi penggunanya. Oleh karena itu, foto dan video di Instagram tidak bisa di bisa di unduh sembarangan oleh penggunanya.

Namun, hal tersebut membuka peluang lain. Pada akhirnya, ini memunculkan banyak sekali aplikasi untuk unduh video IG di Apps Store maupun Play store. 

Nah, di artikel ini kami sudah merangkum berbagai cara download video di instagram yang bisa kamu ikuti. Namun, sebelum memulai, pastikan untuk menggunakan koneksi internet yang stabil dari Telkomsel Orbit.

Pilihan Modem Orbit untuk Unduh Video di Instagram

Telkomsel Orbit adalah penyedia layanan internet Wi-Fi rumah terbaik di Indonesia. Dengan dukungan jaringan Telkomsel yang luas, Orbit dapat memberikan konektivitas internet yang stabil dari mana saja dan kapan saja.

Bagi pengguna rumahan, kamu bisa mencoba Orbit Star H1 yang dilengkapi dengan teknologi WiFi berfrekuensi 2,4 Ghz dan 2x2 MIMO. Kecepatan rata-rata yang bisa didapatkan adalah 15 Mbps.

Modem Orbit Star H1

Orbit Star H1

Dukungan fitur yang lengkap dan jaringan 4G yang stabil akan memudahkan kamu dalam melakukan berbagai aktivitas. Salah satunya, untuk mengunduh video di Instagram dengan aplikasi tambahan.

Sementara itu, bila kamu membutuhkan modem untuk mendukung mobilitasmu yang tinggi, Orbit MiFi H1 Black bisa jadi pilhan. Modem berukuran mini ini bisa kamu bawa dengan mudah ke mana saja.

Modem Orbit MiFi H1 Black

Orbit MiFi H1 Black

Modem ini sudah dilengkapi dengan teknologi Wi-Fi 2,4 Ghz dan 2x2 MIMO. Kecepatan rata-rata yang bisa didapatkan adalah 15 Mbps.

Di atas kertas, Orbit MiFi H1 Black bisa membantumu untuk unduh video IG dari mana saja. Entah itu dari kafe, tempat wisata, atau tempat lainnya.

Cara Download Video di IG

Meski video di IG tidak bisa diunduh sembarangan oleh pengguna, ada satu pengecualian yang berlaku untuk fitur Story. Ya, kamu bisa unduh video IG story tanpa aplikasi tambahan dengan mudah.

Berikut cara download video di IG tanpa aplikasi tambahan melalui akun kita sendiri:

  • Pertama, buka Insta Story yang videonya ingin kamu download.

  • Kemudian, ketuk titik tiga (lainnya) di pojok kanan bawah pada layar.

  • Lalu, pilih Simpan Foto.

  • Maka video insta story kamu akan otomatis masuk di galeri foto.

Sebagai catatan, cara download video di instagram ini hanya berlaku untuk video insta story yang diunggah di akun kamu sendiri. Video insta story di akun lain yang kamu ikuti, tidak akan bisa kamu unduh dengan cara ini.

Lalu bagaimana cara untuk mengunduh video yang ada di reels ataupun feed?  Apalagi, jika video yang diunggah orang lain di reels atau feed itu sangat menginspirasi dan membuatmu ingin menyimpannya.

Tenang, kami sudah merangkum tujuh cara yang bisa kamu pakai untuk mengunduh video dari IG. Saat ini, selain menggunakan aplikasi tambahan, sudah ada banyak cara download video Instagram tanpa aplikasi

Kamu bisa simak ketujuh caranya di bawah ini:

1. SaveInsta

Cara pertama untuk unduh video IG yaitu dengan menggunakan situs SaveInsta. Pada website ini kamu bisa mengunduh mulai dari foto sampai video. 

Cara download video di IG yang bisa kamu ikuti sangat mudah, yaitu:

  • Salin tautan video yang akan kamu download dari Instagram.

  • Selanjutnya, buka website SaveInsta.

  • Pilih kategori video, reels, atau story sesuai dengan jenis video yang akan kamu download filenya.

  • Tempel tautan yang sudah kamu salin tadi pada sebuah kolom untuk mengunduh dan klik Unduh. Video yang akan kamu download akan muncul di halaman berikutnya.

  • Setelah kamu memastikan video yang ingin kamu unduh sudah sesuai, klik kembali tombol Unduh dan video akan terunduh ke perangkatmu.

Sebagai catatan, Saveinsta adalah layanan unduhan video IG gratis. Oleh karena itu, kamu akan melihat beberapa iklan yang muncul. Namun, kamu bisa menutupnya. 

2. StorySaver

Hampir sama dengan sebelumnya, StorySaver juga memungkinkan kamu untuk bisa mengunduh berbagai macam video IG seperti Story, Reels, dan Highlight. Cara mengunduhnya pun mudah dan tidak butuh aplikasi. 

Kamu bisa mengikuti langkah-langkahnya seperti di bawah ini:

  • Salin link postingan video yang akan kamu download dari instagram.

  • Buka website StorySaver.net.

  • Pilih kategori unduhan sesuai dengan jenis posting yang akan kamu download

  • Tempel link yang sudah kamu salin tadi pada sebuah kolom untuk mengunduh dan klik Download.

  • Selanjutnya, akan muncul konfirmasi bahwa kamu bukan robot. 

  • Kemudian, video yang akan kamu download akan muncul di halaman yang sama untuk kamu tinjau ulang.

  • Jika video sudah sesuai, kamu tinggal mengklik Save as Video dan video akan otomatis terunduh ke perangkatmu.

Baca Juga: Tips Bikin Video Unik di Media Sosial

3. Save Free

Cara download video di Instagram tanpa aplikasi tambahan yang bisa kamu coba berikutnya adalah dengan menggunakan Save Free.

Langkah-langkah untuk mengunduh video IG dengan Save Free, yaitu:

  • Buka Instagram di komputer dan pilih video yang ingin kamu unduh. 

  • Lalu, klik tiga titik vertikal di atas dan pilih salin tautan.

  • Buka halaman situs Save Free dan tempel tautan yang sudah disalin ke dalam kotak sesuai dengan jenis video yang ingin diunduh.

  • Video akan muncul untuk ditinjau.

  • Setelah memastikan video yang ingin diunduh sudah sesuai, klik tombol unduh untuk menyimpan video.

Sebagai informasi, selain mengunduh video, Save Free juga memungkinkan kamu untuk mengunduh foto profil Instagram

4. Snapinsta

Cara berikutnya adalah dengan menggunakan Snapinsta. Layanan ini juga memungkinkan kamu untuk download video Instagram tanpa aplikasi tambahan. 

Langkah-langkah pengunduhan videonya, yaitu:

  • Klik kanan pada video atau foto di Instagram dan klik "Salin Alamat Tautan"

  • Buka situs Snapinsta untuk unduh video instagram di desktop.

  • Tempelkan tautan yang sudah disalin ke di area kotak teks di situs Snapinsta.

  • Tekan tombol "Download" untuk unduh video Instagram, Photo, IGTV, Reels.

Sedikit berbeda dengan layanan lain, Snapinsta memberikan fitur untuk mengunduh video yang diunggah ke IGTV.

Baca Juga: Cara Menghasilkan Uang dari TikTok

5. Insta-Save

Dengan Insta-Save, kamu bisa mengunduh konten Instagram apa pun tanpa perlu memilih kategori kontennya. Cara mengunduhnya pun terbilang lebih simpel dan mudah bila dibandingkan layanan lainnya.

Kamu hanya perlu menyalin tautan video atau konten IG yang ingin kamu unduh  di area kotak teks situs Insta-Save. Setelah itu, klik tombol Download. 

Secara otomatis, konten yang kamu inginkan akan muncul dan kamu hanya perlu mengunduh untuk menyimpan konten tersebut ke perangkatmu. 

6. Inflact

Cara unduh video IG yang keenam adalah dengan menggunakan Inflact. Meski universal, kamu harus menyesuaikan kategori unduhannya. Jika ingin mengunduh video, kamu harus memilih kategori video.

Sama dengan yang lain, kamu hanya perlu menyalin tautan video atau konten IG yang ingin kamu unduh  di area kotak teks situs. Namun, pastikan untuk menyalin sesuai dengan kategori kontennya.

Selain itu, situs ini juga memunculkan banyak iklan ketika akan mengunduh konten IG. Video atau konten yang akan kamu unduh akan berada di antara iklan-iklan tersebut.

Oleh karena itu kamu harus teliti melihatnya. Perbedaannya terletak pada tombol Download yang harus kamu klik untuk melanjutkan pengunduhan.

Agar tidak terganggu iklan, kamu juga bisa memasang plug-in Adblock di browser. Dengan begitu, ketika mengklik Download, kamu akan langsung mendapat pilihan untuk menyimpan video ke perangkatmu.

Baca Juga: Manfaat Media Sosial dalam Kehidupan

 7. GramSaver

Terakhir, kamu bisa menggunakan GramSaver. Tampilan situs ini mungkin yang paling sederhana dan mudah dipahami.

Di sini, kamu tidak perlu memilih kategori postingan. Kamu dapat mengunduh konten atau video IG hanya dengan menyalin link dari instagram, menempelnya pada kolom yang tersedia, dan klik tombol Download Now.

Setelah itu, secara otomatis video yang akan kamu unduh akan muncul.  Kemudian, lanjutkan dengan klik Download untuk menyimpan konten ke perangkatmu.

Demikian tujuh cara download video di instagram tanpa aplikasi tambahan yang bisa kamu coba. Perlu diingat, untuk konten bersifat private atau dikunci oleh penggunanya, tidak akan bisa kamu unduh. Kamu hanya bisa mengunduh konten yang bersifat publik saja. 

Jangan lupa untuk menggunakan koneksi lancar dari modem Orbit Star H1 dan Orbit Mifi H1 Black. Kedua modem tersebut sudah dilengkapi dengan fitur-fitur canggih yang bisa kamu gunakan dan fleksibel untuk kamu bawa kemana saja. 

Dapatkan harga promo dari modem Orbit di situs resmi Telkomsel Orbit atau bisa melalui marketplace kepercayaan kamu. Kamu juga bisa membeli paket data dengan harga-harga promo melalui aplikasi MyOrbit.

  • 3423