Kami menggunakan cookies demi memberikan layanan terbaik di website Telkomsel Orbit Selengkapnya tentang kebijakan cookies /assets/images/icon-arrow-right-light.svg
cara memblokir pengguna wifi

Yuk, Simak Cara Memblokir Pengguna Wifi di Hp!

Tentu Anda kesal ketika sambungan wifi pribadi Anda ada yang menggunakan tanpa izin. Oleh karena itu, kami berikan cara memblokir pengguna wifi di hp.

Dengan begitu, sambungan wifi Anda akan terhindar dari oknum yang berniat membobol wifi. Wifi pun akan tetap lancar tanpa lemot saat pengguna wifi sudah terfilter.

Di samping itu, koneksi wifi yang ‘dicuri’ atau dibobol, tidak melulu hanya untuk mendapat koneksi internet gratisan. Namun juga salah satu cara untuk melakukan peretasan.

Sangat berbahaya dan mengkhawatirkan, bukan? Nah, oleh karena itu Anda harus bisa menguasai cara memblokir pengguna wifi yang akan kami sampaikan ini!

 

Cara Memblokir Pengguna Wifi yang Tidak Anda Inginkan, melalui HP

Berikut ini cara memblokir pengguna WiFi seperti IndiHome (Fiberhome) melalui IP Address di browser HP:

  1. Buka browser (Google Chrome / Web browser) yang ada pada ponsel.
  2. Kunjungi IP Address IndiHome di http://192.168.1.1/ untuk pengguna modem WiFi IndiHome merek ZTE.
  3. Masukkan username dan password pada halaman login. Username dan password biasanya diberikan oleh petugas pada saat pertama kali dilakukan pemasangan modem.
  4. Setelah masuk makan muncul tampilan utama, lalu klik menu ‘Security’.
  5. Pilih menu ‘WLAN MAC Filter Configuration’.
  6. Centang ‘Enable’ lalu pilih menu ‘Blacklist’ di bagian ‘Filter Mode’.
  7. Tekan tombol ‘New’ dan masukkan ‘MAC Address Pengguna’ yang ingin diblokir.
  8. Tekan tombol ‘Apply’.
  9. Sekarang Anda sudah berhasil memblokir pengguna WiFi tersebut.

 

Baca juga: Inilah Cara-cara untuk Membatasi Pengguna WiFi

 

Perlu Mengetahui MAC Address Untuk Memblokir Pengguna WiFi, Begini Caranya:

Caranya dengan menggunakan aplikasi Wifi Thief Detector. Langkah-langkah pemblokiran tersebut adalah:

  • Unduh dan install aplikasi wifi thief detector, lalu buka dan izinkan semua akses yang diminta
  • Selanjutnya proses scanning akan berjalan secara otomatis. Ketika proses scanning selesai, maka di menu online device akan tampil seluruh perangkat yang terhubung dengan jaringan wifi Anda
  • Klik nama perangkat yang tidak Anda kenal dan catat Mac Address-nya. Fungsinya adalah untuk memblokir perangkat tersebut lewat router maupun modem Anda.

Kunci dari keberhasilan pemblokiran pengguna wifi adalah dengan mengetahui Mac Address dari perangkat tidak dikenal tersebut.

Cara ini diyakini cukup efektif untuk memblokir permanen perangkat tidak dikenal yang menyusup dan menggunakan wifi Anda tanpa izin. 

Anda tidak perlu takut gagal, karena interface yang ditampilkan sederhana dan mudah dipahami. Anda cukup mengikuti langkah-langkah yang disampaikan oleh sistem.

 

Tips agar Jaringan Wifi Tidak Dipergunakan Perangkat Tidak Dikenal Tanpa Izin

Dengan semakin banyaknya pengguna internet, maka akan semakin banyak juga cara yang digunakan untuk bisa memperoleh koneksi internet.

Termasuk dengan cara tidak benar yaitu menggunakan koneksi wifi tanpa izin. Di mana hal ini bisa menyebabkan jaringan menjadi lambat, bahkan eror karena banyaknya yang terhubung.

Nah, untuk menyiasati kemungkinan buruk tersebut Anda bisa melakukan beberapa tips berikut:

  • Gunakan metode enkripsi WPA2 yang kerap dipakai oleh instansi besar karena minim kemungkinan diretas. Hal itu dikarenakan, ketika akan menghubungkan perangkat dengan wifi harus memasukkan username dan kata sandi terlebih dahulu.
  • Memakai router mikrotik yang dilengkapi dengan login page. Cara ini banyak dipakai instansi besar yang berisiko menjadi target peretasan. Namun pengaturannya cukup sulit, sehingga akan lebih baik jika Anda menggunakan tenaga ahli di bidang ini.
  • Melakukan filter pada Mac Address Anda. Di mana Mac adalah kode unik perangkat, yang bisa Anda blokir dengan mendaftarkannya ke pusat layanan resmi dengan memasukkan kata sandi serta nama pengguna dari admin.

 

Itulah beberapa cara memblokir pengguna wifi yang bisa Anda lakukan di hp maupun laptop juga pc.

Cara-cara yang kami berikan cukup mudah, beberapa cara yang menggunakan bantuan aplikasi pun juga user friendly. Maka kecil kemungkinan untuk gagal dalam menerapkannya.

Anda hanya harus memastikan jika tidak ada tahapan atau langkah yang terlewatkan. Dengan begitu, bisa dipastikan jika pemblokiran akan berhasil.

Anda bisa memilih metode yang paling sesuai dan diyakini efektifitasnya. Jangan lupa juga untuk menjalankan tips menghindari pencuri wifi.

Dengan memahami cara memblokir pengguna wifi, dijamin jaringan wifi Anda akan aman dari penyusup, serta bisa memberikan koneksi yang lancar.

 

Namun bila Anda menggunakan perangkat modem nirkabel atau wifi dari Telkomsel Orbit, Anda dapat mengatur dan mengetahui dengan mudah perangkat mana saja yang terhubung dengan modem melalui fitur aplikasi MyOrbit.

Selain itu, Anda juga bisa melakukan pengaturan pada durasi batas penggunaan internet dan mengatur pada hari apa saja perangkat di HP maupun laptop Anda bisa mengakses internet dengan menggunakan Telkomsel Orbit.

Telkomsel Orbit

  • 576