Kami menggunakan cookies demi memberikan layanan terbaik di website Telkomsel Orbit Selengkapnya tentang kebijakan cookies /assets/images/icon-arrow-right-light.svg
Inilah 5 Langkah Cara Download Status WA (Whatsapp)

Inilah 5 Langkah Cara Download Status WA (Whatsapp)

Saat masa pandemi 2020, penggunaan alat komunikasi makin meningkat. Peningkatan ini jelas bisa dilihat jika Anda mengamati perkembangan WhatsApp. Aplikasi komunikasi yang sering disebut WA ini sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari–hari hampir setiap orang. Bahkan peran aplikasi ini sudah menggantikan SMS. 

Sebagai platform komunikasi, WhatsApp sangat fleksibel. Mulai dari media berkirim pesan, telepon, video call, sharing gambar dan bahkan video. Anda juga bisa posting video status di sini untuk sekadar sharing. Sayangnya video status di Whatsapp tidak mudah untuk diambil seperti posting video biasa. Bagi yang tertarik belajar cara download video status WA,  mari bahas bersama cara–caranya di bawah ini!

Cara Download Langsung

Bagi Anda yang belum tahu, data yang didapat dari WhatsApp sebenarnya langsung disimpan dalam berkas di memory smartphone. Tapi karena berkas tersebut dibuat tidak terlihat, Anda tidak akan menemukannya saat melakukan search.

Akses ke berkas tersembunyi ini tidak diketahui banyak orang. Karena itu banyak yang mengira status WhatsApp tidak bisa diambil. Tapi dari bahasan di sini, Anda akan diberikan detail langkah–langkah untuk mengambil foto ataupun video di dalam berkas tersembunyi ini.

Ingin tahu caranya? 

Berikut Ini Cara Download Status WA (Whatsapp)

Cari Video yang Ingin Diunduh

Langkah pertama yang dilakukan adalah mencari video yang ingin di-download. Untuk hal ini, Anda cukup buka aplikasi WhatsApp dan langsung menuju ke tab Status. Di sini Anda bisa lihat berbagai posting status, story, foto dan video dari rekan–rekan Anda.

Setelah temukan yang menarik dan ingin di-download, pastikan menonton status tersebut hingga selesai jika formatnya berupa video. Tujuan menonton sampai habis ini adalah memastikan data status tersimpan semua dalam berkas tersembunyi di smartphone Anda.

Buka File Manager

Untuk langkah berikutnya, Anda keluar dari aplikasi WhatsApp dan buka menu File Manager di smartphone. Pada pilihan ini, Anda bisa mengakses semua file yang terdapat dalam smartphone. Untuk memastikan bisa melihat berkas yang tersembunyi, buka bagian setting dari File Manager ini.

Setting terletak pada bagian pojok kiri atas yang berbentuk titik tiga. Dari sini, akan muncul pilihan “Tampilkan berkas tersembunyi.” Jika menggunakan bahasa Inggris, kata–katanya menjadi “See hidden folder.” Berkas tersembunyi biasanya muncul dengan nama yang diawali tanda titik. (Contoh: .cache)

Cari Berkas Tersembunyi yang Tepat

Pastikan buka berkas yang tepat di dalam folder WhatsApp. Berkas di dalam folder ini berisi foto, video, voice note, dokumen dan juga musik yang pernah Anda buka. File ini bisa terkumpul dari posting group ataupun pembicaraan pribadi dengan orang lain. Di sini juga ada folder khusus untuk menyimpan video dari status yang Anda tonton.

Folder yang wajib dibuka adalah Media. Di sini Anda akan temukan folder tersembunyi dengan nama ‘.Status’. Dalam folder aka nada kumpulan foto dan video yang diambil dari story dan status WhatsApp. Cari video yang sebelumnya Anda tonton sampai habis. 

Copy Paste Untuk Memindah

Jika sudah ketemu videonya, pastikan untuk salin dan pindahkan ke berkas yang mudah diakses. Biasanya Anda cukup tekan lama video yang ingin disalin dan pilihan copy akan muncul. Untuk kemudahan akses, Anda buat berkas baru di area DCIM atau Download. Buka berkas kosong tersebut dan tekan lama hingga pilihan paste muncul. Jika berhasil, proses download video status WA akan berjalan dan file tersebut sudah bisa Anda buka dengan normal.

Bagaimana? Mudah bukan langkah – langkahnya? Proses ini sama saja saat Anda ingin ambil status–status lain. Tapi ingat, Anda harus tonton sampai habis jika ingin mengambil file penuhnya. Jika hanya menonton sebagian, video yang disalin biasanya akan terpotong.

Cara Download Status WA dengan Bantuan Aplikasi

Bagi Anda yang tidak mau repot melakukan process di atas, ada cara lain yang bisa digunakan untuk download video status tersebut. Anda cukup pilih aplikasi yang membantu Anda untuk download video. Aplikasi ini sudah ada banyak pilihannya baik di Google Play Store ataupun iOS App Store.

Setiap aplikasi memiliki fitur–fitur berbeda. Anda harus pastikan cara download-nya sesuai dengan kebutuhan Anda. Beberapa ada yang download langsung hanya dengan satu klik, tapi ada juga yang harus dihubungkan dengan WhatsApp terlebih dahulu untuk melakukan proses ambil video.

Untuk salah satu contohnya, Anda bisa coba aplikasi Status Saver yang ada di Google Play Store. Aplikasi ini membantu Anda menyimpan profile, status dan bahkan story dari postingan rekan dan teman Anda. Cukup dengan beberapa klik, video sudah dapat Anda simpan.

Perlu diketahui bahwa tidak semua aplikasi bagus untuk digunakan. Beberapa aplikasi harus berbayar dan ada juga yang menggunakan metode iklan walaupun gratis digunakan. Untuk pilihan yang menggunakan iklan, terkadang mereka memutar iklan saat Anda klik download ataupun buka aplikasi. Hal seperti ini tentu dapat mengganggu. Ingin proses download cepat selesai, tapi harus tunggu loading iklan. Terkadang iklan yang ditunjukan berupa video dan tidak bisa di-skip.

Karena masalah ini, Anda harus lebih hati–hati jika ingin belajar cara download status  menggunakan aplikasi. Pastikan dulu info review dan rating sebelum download. Jika bahasan tersebut sudah menyediakan info yang baik, barulah Anda coba sendiri aplikasinya.


Nah, itu dia cara download video status WA. Selain menerapkan cara di atas, pastikan Anda menggunakan jaringan internet yang cepat dan bisa diandalkan seperti Telkomsel Orbit, sehingga proses download pun jadi lebih lancar.

Telkomsel Orbit

  • 1587