Kami menggunakan cookies demi memberikan layanan terbaik di website Telkomsel Orbit Selengkapnya tentang kebijakan cookies /assets/images/icon-arrow-right-light.svg
7 Cara Menghemat Kuota Internet Agar Paket Data Lebih Awet

7 Cara Menghemat Kuota Internet Agar Paket Data Lebih Awet

Penggunaan gadget dalam berbagai aktivitas sudah menjadi sebuah kebutuhan. Aplikasi chatting, e-mail, hingga platform-platform hiburan seperti Spotify, Instagram, sampai YouTube kerap mendampingi kesibukan sehari-hari dan tentunya tak lepas dari kebutuhan akan paket data atau kuota.

Kuota atau paket data merupakan batasan penggunaan internet dalam jangka waktu tertentu. Misalnya kuota internet bulanan Anda adalah 6 GB, maka dalam waktu satu bulan tersebut Anda hanya dapat mengakses internet sebanyak 6 GB. Jika paket data Anda habis sebelum masa waktunya, sambungan internet akan terputus dan Anda harus membeli ekstra kuota untuk bisa menggunakannya lagi.  

 Ada banyak hal yang membuat kuota internet Anda cepat habis. Salah satunya adalah kebiasaan dalam pemakaian gadget yang kurang diperhatikan. Tanpa disadari, hal ini dapat menguras kuota internet rumah bahkan menyebabkan pengeluaran bulanan jebol. Supaya Anda bisa lebih menghemat pemakaian paket data hingga akhir bulan nanti, pastikan cek cara menghemat kuota internet di bawah ini, ya!

media sosial dan aplikasi smartphone

  1. Matikan Location Ketika Sedang Tidak Dibutuhkan

Cara menghemat kuota internet rumah yang pertama adalah matikan fitur location pada perangkat saat sedang tidak dibutuhkan. Tahukah Anda? Fitur location pada beberapa aplikasi yang biasa kita pakai tak hanya mengakibatkan baterai perangkat cepat habis saja, namun juga cukup banyak menyedot kuota untuk mengirim serta men-download data. Agar penggunaan kuota Anda tetap hemat, Anda bisa memilih opsi untuk menyalakan fitur location hanya saat aplikasi sedang digunakan saja.

  1. Tutup Tab Platform Video Saat Tidak Ditonton

Menonton video melalui platform seperti YouTube atau sejenisnya memang menyenangkan. Akan tetapi, jika tidak dilakukan dengan bijak risikonya kuota internet rumah akan cepat habis. Ketika menonton video dengan kualitas SD (480p) misalnya, Anda bisa menghabiskan sekitar 300 MB per jam, sementara untuk HD (720p) sekitar 700 MB per jam, sedangkan untuk kualitas terbaik Full HD (1080p) dapat menghabiskan data hingga 3 GB per jamnya. Untuk menghemat data internet Anda, sebaiknya turunkan kualitas video jika tak terlalu dibutuhkan, serta jangan lupa tutup tab platform saat tidak ditonton karena proses men-download datanya tetap berlangsung. 

  1. Jangan Nyalakan Fitur Auto Download pada Aplikasi Chatting Maupun E-mail

Cara menghemat data internet lain yang bisa Anda terapkan adalah dengan mematikan fitur auto download pada aplikasi chatting ataupun e-mail. Memang, dengan men-download file, image, GIF ataupun video yang dilampirkan secara manual sering dirasa merepotkan. Akan tetapi, dengan Anda mematikan fitur ini Anda bisa menghemat setidaknya sekitar 1 GB dalam satu bulan. Lumayan, bukan?

  1. Non-aktifkan Fitur Auto Update Aplikasi 

Serupa dengan poin sebelumnya, menon-aktifkan fitur auto update aplikasi pada smartphone dan laptop juga dapat menghemat kuota cukup banyak. Cara supaya kuota internet rumah tak boros yang satu ini sering diabaikan meskipun memiliki pengaruh yang cukup besar. Misalkan, satu aplikasi yang ter-update secara otomatis berukuran 30 MB. Akan tetapi auto update pada perangkat Anda langsung memperbaharui 5 aplikasi secara bersamaan dengan ukuran serupa, maka bisa dikatakan sudah sekitar 150 MB kuota data Anda tersedot. Oleh sebab itu, sebaiknya lakukan update secara manual dan sesuai kebutuhan untuk menghindari konsumsi paket data dalam jumlah besar ketika update aplikasi tanpa sepengetahuan Anda.

  1. Hindari Penggunaan Fitur Autoplay Saat Streaming Musik

Pada aplikasi streaming musik seperti Spotify, terdapat fitur autoplay untuk mendengarkan lagu secara otomatis yang dianggap berkaitan oleh sistem, setelah satu playlist atau album selesai diputar. Di balik nikmatnya mendengarkan lagu-lagu serupa, ternyata hal ini juga dapat menyebabkan pemakaian paket data yang boros, lho. Apalagi jika Anda mendengarkannya saat sedang WFH atau sebagai pengantar tidur. Nah, cara supaya pemakaian kuota internet Anda lebih hemat, Anda bisa mematikan fitur autoplay serta pilih untuk menurunkan kualitas suara dari lagu-lagu tersebut.

  1. Tidak Mengaktifkan Auto Sinkronisasi pada Cloud Storage

Tips lain supaya kuota internet Anda tetap irit adalah dengan melakukan backup data atau sinkronisasi dari smartphone dan komputer secara manual ke cloud storage, seperti Google Drive dan Dropbox. Hal ini dilakukan untuk menghindari adanya data-data yang tak perlu disimpan secara online namun ikut tersimpan. Proses ketika memindahkan data-data Anda ke dalam cloud storage ini tentunya membutuhkan kuota sesuai dengan besar file yang Anda punya. Dengan backup secara manual, maka Anda dapat menghemat kuota internet karena Anda dapat memilih mana saja data yang penting dan perlu disimpan secara online.

  1. Atur Pemakaian Internet dan Cek Penggunaan Internet di Rumah

Kiat menghemat data internet rumah yang terakhir adalah dengan mengatur pemakaiannya. PIlihlah provider internet rumah terbaik yang memberikan Anda kebebasan untuk mengatur kebutuhan kuota internet setiap bulannya. Seperti modem internet rumah Telkomsel Orbit yang memberikan Anda kebebasan serta kemudahan untuk mengontrol penggunaan internet pada setiap perangkat yang terhubung dan dapat melakukan pengecekan penggunaan kuota setiap bulannya secara detail. Hebatnya lagi, semua dilakukan hanya melalui layar smartphone.

Segera beli modem wifi Orbit sekarang karena Anda bisa memanfaatkan promo FantaSix, yaitu Anda akan mendapatkan total kuota sebesar 150 GB (25 GB/30 hari) selama 6 bulan untuk pembelian modem jenis apa saja. Promo yang menarik, bukan? Dengan tambahan paket data tersebut, Anda tak perlu lagi khawatir kuota cepat habis ketika akan streaming film favorit!

Baca juga: Yuk, Hitung Kebutuhan Paket Data Orbit di Rumah dengan Mudah!

Sebagai provider internet rumah dengan kualitas terbaik, Telkomsel Orbit siap menjadi solusi konkrit bagi Anda dan keluarga agar dapat tetap menikmati dan menjalankan aktivitas sehari-hari tanpa gangguan. Tak hanya memiliki jangkauan internet yang luas, Telkomsel Orbit juga memberikan Anda kenyamanan serta kebebasan untuk mengatur sendiri kebutuhan kuota Anda setiap bulannya tanpa komitmen berlangganan. Pastikan Anda menerapkan cara-cara menghemat kuota internet di atas agar kebutuhan paket data Anda tak membengkak dan pengeluaran bulanan tetap irit, ya. Selamat mencoba!

Telkomsel Orbit

  • 2240