Kami menggunakan cookies demi memberikan layanan terbaik di website Telkomsel Orbit Selengkapnya tentang kebijakan cookies /assets/images/icon-arrow-right-light.svg
Apa Itu SSID? Yuk, Kenali Lebih Jauh di Sini!

Apa Itu SSID? Yuk, Kenali Lebih Jauh di Sini!

Ketika menyambungkan akses internet laptop atau handphone ke WiFI, terkadang kita menemukan nama SSID yang unik dan lucu. Misalnya ada yang memberi nama “Sejam=lima ribu rupiah”, “Eits.. Rahasia :D”, atau “Error… 404”.

Tapi tahukah Anda? Membuat nama SSID itu tidak boleh sembarangan karena berisiko membuat  perangkat Anda menjadi crash, lho. 

 

Sebenarnya Apa Itu SSID?

Untuk Anda yang masih merasa asing dengan istilah ini, SSID adalah nama yang digunakan untuk mengidentifikasi sebuah jaringan WiFi.

Sebagai contoh saat Anda pergi ke coffee shop yang memasang jaringan WiFi, di layar gadget Anda akan tertera nama WiFi dari tempat tersebut. Nama yang digunakan untuk WiFi inilah yang biasa disebut sebagai SSID (Service Set Identifier) atau ID jaringan. 

 

Jenis SSID

Umumnya, SSID terdiri dari  dua jenis yaitu public dan hidden. Apa bedanya?

  • Hidden SSID

Jenis yang satu ini memungkinkan pemilik modem untuk menyembunyikan nama SSID mereka. Jadi, hanya orang-orang tertentu saja yang dapat melihat dan mengakses jaringan wireless tersebut.

Bagaimana dengan orang-orang yang tidak diizinkan melihat jaringan hidden WiFi? Orang tersebut akan melihat nama jaringan dengan nama hidden network saat melakukan pemindaian. Dengan cara ini, pemilik modem dapat mengamankan jaringannya dari orang yang tak dikenal. 

 

  • Public SSID

Berbeda dengan hidden SSID, orang lain dapat menjangkau jaringan public SSID tanpa harus memasukan kunci atau WEP key. Namun, untuk bisa terhubung dengan jaringan internet tetap diperlukan password WiFi seperti biasa. 

 

Fungsi SSID

Pada dasarnya SSID adalah identitas jaringan yang berfungsi untuk memudahkan Anda mencari dan mengakses WiFi yang ingin Anda gunakan.

Bayangkan saja jika Anda mencari nama WiFi yang ingin diakses di area perumahan atau apartemen yang memiliki banyak jaringan internet nirkabel. Bisa jadi, Anda kesulitan mencarinya.

Belum lagi kalau nama SSID bawaan modem Anda mirip dengan pengguna lainnya. Untuk itu, mengganti nama SSID jadi hal yang tidak kalah penting untuk dilakukan setelah membeli modem internet. 

 

Rekomendasi Pembuatan Nama SSID

Seperti yang sudah disebutkan di atas, pembuatan nama SSID sebaiknya dilakukan dengan hati-hati karena dapat menyebabkan gangguan teknis pada smartphone.

Menurut info dari katadata.co.id, pernah ada pengalaman smartphone crash setelah terhubung dengan WiFi yang bernama %p%s%s%s%s%n. Hal ini dapat terjadi karena di beberapa smartphone, identitas SSID tersebut dianggap sebagai suatu perintah dan bukan teks nama biasa.

Akibatnya, perintah tersebut diartikan oleh smartphone untuk mengubah pengaturan sistem tertentu yang menimbulkan bug.

Pada kasus ini, ponsel yang crash tidak dapat tersambung dengan jaringan WiFi mana pun. Namun, ada juga ponsel lain yang mengakses WiFI dengan menggunakan karakter di atas, dan masih relatif aman.

Nah, supaya masalah ini tidak terjadi pada Anda, sebaiknya perhatikan dua hal berikut ini saat ingin mengubah nama WiFi atau SSID: 

  • Buat nama yang maksimal terdiri dari 32 karakter

  • Hindari penggunaan simbol seperti “%”, “<”, “/”, dan yang lainnya 

 

Cara Mengubah SSID

Jika Anda sudah terlanjur membuat nama SSID yang unik, disarankan Anda segera menggantinya agar perangkat yang dimiliki oleh Anda atau keluarga di rumah tidak mengalami crash. Berikut ini adalah cara setting SSID WiFi:

 

  1. Pastikan Anda sudah terhubung dengan jaringan WiFi yang ingin diatur.

  2. Buka browser yang Anda miliki pada smartphone atau komputer.

  3. Masuk ke link konfigurasi router Anda. Umumnya  192.168.1.1.

  4. Selanjutnya, Anda akan diminta memasukan username dan password. Jika belum pernah diganti, umumnya kedua kolom tersebut diisi dengan nama “admin” atau “user”.

  5. Lalu, klik menu Network, pilih WLAN, dan SSID Settings

  6. Selanjutnya, Anda akan menemukan kolom “SSID Name”, kolom tersebut bisa Anda ubah sesuai kemauan Anda. Pastikan, ikuti rekomendasi di atas, ya.

  7. Terdapat pilihan pengaturan untuk menyembunyikan SSID atau tidak. Silakan centang pada pilihan “Hide SSID” jika ingin WiFi Anda terdeteksi orang tak dikenal.

  8. Klik simpan/submit jika dirasa semua pengaturan sudah sesuai.

 

Baca Juga: Inilah Cara-cara untuk Membatasi Pengguna WiFi

 

Semoga informasi ini dapat membantu Anda dalam membuat atau mengubah nama SISID, ya.

Meskipun terdengarnya sepele, namun ternyata penamaan SSID adalah hal yang juga perlu diperhatikan.

Boleh saja memberi nama WiFi yang unik dan lucu, asalkan tidak menggunakan karakter atau simbol tertentu untuk menjaga keamanan perangkat Anda. 


Nah, jika Anda mau nikmati internetan yang aman dan nyaman di rumah, Anda bisa coba gunakan modem Telkomsel Orbit.

Dengan melakukan pengaturan dari smartphone, Anda dapat mengontrol perangkat yang terhubung ke modem dan membatasi akses ke situs yang tidak diinginkan semau Anda. Telkomsel Orbit, internet rumah yang ikut maunya Anda untuk bikin #SemuaDone!

Telkomsel Orbit

  • 71