Kami menggunakan cookies demi memberikan layanan terbaik di website Telkomsel Orbit Selengkapnya tentang kebijakan cookies /assets/images/icon-arrow-right-light.svg
Gamers Harus Tahu! Ini Dia Cara Live Streaming Game di YouTube

Gamers Harus Tahu! Ini Dia Cara Live Streaming Game di YouTube

Anda tentu sudah tahu bahwa YouTube sekarang menjadi salah satu platform yang bisa memberikan keuntungan bagi para kreatornya, termasuk menghasilkan uang. Salah satu caranya bisa dilakukan dengan menyiarkan permainan game secara langsung melalui channel Youtube. Dengan cara live game di YouTube, nantinya Anda bisa memaksimalkan keuntungan dari hobi bermain game.

Ya, saat ini live streaming nge-game, banyak dilakukan oleh para gamer di YouTube sebagai cara untuk meningkatkan popularitas mereka. Semakin bertambahnya like dan subscriber, maka semakin besar juga uang yang bisa didapatkan. Makanya tak heran bila para gamer berlomba mencari cara live game di YouTube  yang menarik, supaya banyak penontonnya.

Nah, jika Anda seorang gamer, saatnya manfaatkan peluang ini untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Kalau Anda masih belum paham cara live game di YouTube, tak perlu khawatir di sini Anda bisa dapatkan info lengkapnya. Jadi, simak terus artikel ini sampai habis, ya.

Cara Live Game di Youtube Melalui PC

Para gamer biasanya melakukan live streaming melalui komputer atau laptop. Meskipun begitu, sebenarnya Anda juga tetap bisa melakukan streaming melalui perangkat Android, lho. Tapi, jika Anda termasuk gamer yang sering menggunakan perangkat komputer, berikut ini adalah cara live streaming game di laptop:

1. Membuat akun Youtube

Syarat pertama yang harus dipenuhi gamer jika ingin melakukan live streaming YouTube, tentu saja harus punya akun Youtube. Jika Anda memang belum memilikinya, langsung buat akun melalui komputer atau smartphone Anda.

2. Download software OBS

Langkah berikutnya setelah Anda memiliki akun di YouTube adalah mengunduh software OBS. Jangan lupa untuk menginstalnya lebih dulu, ya. Setelah proses instalasi berhasil, Anda tinggal membuka software tersebut dan menjalankannya.

3. Masuk ke akun Youtube

Langkah berikutnya yaitu membuka browser melalui komputer, baik itu Google chrome, Firefox, atau yang lainnya. Jika sudah, Anda bisa mencari alamat YouTube dan masuk ke akun Anda. Apabila sudah masuk, Anda tinggal mencari opsi admin YouTube live dashboard. Selanjutnya, Anda tinggal mengubah judul serta deskripsi dari tema live streaming yang akan dilakukan.

4. Stream key

Selanjutnya, Anda perlu mencari kata kunci dan juga streaming key. Stream key ini sangat penting untuk Anda ketahui, selanjutnya tinggal dimasukkan ke kolom yang muncul.

5. Kembali masuk ke software OBS

Jika sudah meng-copy stream key, lanjutkan dengan membuka kembali software OBS yang tadi sudah terbuka. Coba cari menu ”file” kemudian lanjutkan dengan klik “setting”. Di sana Anda akan menemukan opsi “service” menjadi YouTube gaming atau YouTube. Selanjutnya, tinggal paste stream key dari kolom stream key yang tadi sudah Anda masukkan. Setelah itu, ketik OK dan mulai melakukan streaming dengan klik ”start streaming”.

6. Mulai live streaming

Langkah berikutnya yang perlu dilakukan hanya tinggal memulai live streaming. Cek apakah “start streaming” yang diklik berubah menjadi “stop streaming”. Ketika tanda tersebut sudah berubah menjadi “stop streaming”, itu artinya proses streaming yang dilakukan sudah berhasil.

7. Masukkan video

Langkah berikutnya yaitu mencari tombol “source”, lalu klik tombol tersebut, kemudian pilih ”media source”. Di situ Anda bisa memasukkan media seperti video.

8. Browse

Untuk memaksimalkan proses streaming, Anda cukup klik tombol ”browse”, kemudian cari video yang akan dimasukkan. Anda juga bisa memperbesar video tersebut sesuai dengan keinginan, asalkan koneksi internet stabil. Semakin besar ukuran video, kualitas gambarnya juga akan semakin bagus.

Cara Lain Live Streaming Youtube

Ada cara live game di YouTube selain yang disebutkan di atas, yaitu dengan mengaktifkan fitur live stream. Namun sebelum memulainya, pastikan Anda sudah memiliki akun YouTube, ya. 

Caranya tidak sulit, Anda perlu masuk ke halaman https://www.youtube.com/features. Selanjutnya, Anda periksa apakah channel YouTube milik Anda sudah berstatus Partner Verified. Selain itu, Anda juga harus memastikan jika fitur live streaming tersebut sudah berada pada mode enabled. Jika semua persyaratan tersebut sudah terpenuhi, selanjutnya Anda sudah siap untuk mengaktifkan fitur live streaming YouTube.

Perlu Anda ketahui bahwa untuk melakukan live streaming, tersedia dua pilihan, yaitu stream now dan juga events. Streaming now adalah streaming yang cocok untuk acara dadakan dengan kesan yang simpel dan tidak terlalu banyak pengaturan. Kebanyakan, para Youtuber memilih menggunakan streaming now ini, termasuk juga para Youtuber gaming. Nah, jika Anda memilih yang ini, terdapat empat pengaturan yang harus Anda ketahui.

1. Pengaturan basic info atau info dasar

Pada tahap ini Anda harus mengatur judul serta deskripsi live streaming, agar nantinya mudah dicari dan dilihat oleh para pengguna YouTube.

2. Stream option atau pengaturan streaming

Pengaturan berikutnya yaitu mengaktifkan DVR atau memilih untuk tidak mengaktifkannya. Di sini Anda perlu mengatur apakah video yang direkam saat live streaming tersimpan atau tidak. Selain itu, Anda juga bisa melakukan pengaturan untuk stream optimization.

3. Monetization

Pengaturan berikutnya yang juga tidak boleh dilewatkan adalah mengaktifkan monetization. Setiap Youtuber tentu ingin live streaming mereka bisa menghasilkan uang. Oleh karena itu, Anda jangan sampai melewatkan tahap pengaturan yang satu ini.

4. Cards

Ketika melakukan live streaming, Anda juga bisa berinteraksi dengan penonton atau pengguna YouTube. Di sana Anda dapat mengatur streaming agar bisa berinteraksi, baik itu dengan menggunakan tulisan, gambar, link, atau bahkan tombol calls to action.

Jika Anda ingin melakukan streaming dengan jenis event, maka Anda bisa mengatur jadwalnya. Biasanya jenis event cocok untuk YouTuber yang ingin membuat live streaming profesional dan matang.

Streaming ini memungkinkan Anda untuk membuat siaran, akan tetapi tidak diketahui oleh penonton ketika melakukan pengaturan. Jika dibandingkan dengan jenis live streaming yang pertama tadi, di sini Anda bisa melakukan pengaturan yang lebih rumit. Hasil pengaturan yang didapatkan tentu juga lebih menarik dan profesional.

Youtuber yang ingin melakukan siaran menggunakan jenis streaming ini bisa menjadwalkan paling tidak 30 menit sebelum live streaming dimulai. Sebelum acara dilakukan, Anda perlu melakukan pengaturan terlebih dulu.

Cara Live Game di Youtube Menggunakan Android

Jika Anda tidak memiliki komputer, maka bisa mencoba melakukan live streaming melalui smartphone yang menggunakan Operating System Android.

Cara live streaming game di YouTube lewat HP cukup mudah, dan hasilnya juga tidak kalah menarik. Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengunduh Youtube gaming Android, kemudian Anda harus menginstalnya.

Setelah berhasil, langsung saja buka aplikasi tersebut dan cari tombol “mulai”. Setelah itu, Anda akan diminta untuk melakukan login ke akun Youtube Anda. Setelah masuk ke akun YouTube, Anda bisa masuk ke setelan streaming.

Pada opsi tersebut Anda harus klik “setelan streaming”' kemudian pilih format video, dan lanjutkan dengan pilih aplikasi game yang akan dimainkan. Jangan lupa untuk memasukkan judul dan juga deskripsi video Anda. Kemudian Anda tinggal klik izinkan pada aksi yang muncul.

Langkah berikutnya yaitu mulai memainkan game, dan Anda sudah bisa melakukan live streaming. Streaming akan dimulai setelah Anda klik ikon yang bertuliskan “mulai live streaming” atau “start live streaming”. Pastikan acara live streaming game Anda berjalan tanpa buffering ya, supaya penonton terus menyimaknya sampai selesai. Untuk itu, sebaiknya Anda gunakan modem WiFi internet yang berkualitas, seperti modem Telkomsel Orbit.

Baca Juga: Apa Saja sih, Kriteria WiFi yang Bagus untuk Game Online

Nah, itulah dia cara live game di Youtube yang dapat Anda coba di rumah. Anda cukup ikuti cara-cara di atas untuk membuat channel Youtube Anda mulai menghasilkan uang. Semoga berhasil!

Telkomsel Orbit

  • 116