Kami menggunakan cookies demi memberikan layanan terbaik di website Telkomsel Orbit Selengkapnya tentang kebijakan cookies /assets/images/icon-arrow-right-light.svg
Cara Memulihkan Chat WhatsApp yang Hilang

Cara Memulihkan Chat WhatsApp yang Hilang

Chat WhatsApp yang hilang karena tidak sengaja terhapus dapat menjadi mimpi buruk bagi penggunanya. Pasalnya WhatsApp telah menjadi bagian penting dalam berkomunikasi, baik itu komunikasi terkait pekerjaan atau sekadar silaturahmi.

Oleh karena itu, kamu perlu tahu bagaimana cara memulihkan chat WhatsApp yang hilang. Ini akan sangat membantu ketika kamu tidak sengaja menghapus suatu pesan penting atau beralih ke perangkat lain.

Mencadangkan Pesan WhatsApp

Selain fitur-fitur komunikasi, WhatsApp juga memiliki fitur pencadangan pesan. Dengan fitur ini, pengguna bisa membuat file backup dan memakainya untuk memulihkan riwayat pesan.

Lalu, bagaimana cara mencadangkan pesan WhatsApp kamu?

Cara mencadangkan sebenarnya hampir sama untuk semua perangkat, baik itu Android maupun iPhone. Dari aplikasi WhatsApp, ketuk menu pengaturan, pilih Chat, lalu pilih Cadangkan Chat.

Kemudian, kamu bisa memilih untuk menyimpan file backup tersebut di akun penyimpanan awan yang aktif. Akun Google Drive untuk Android dan akun iCloud untuk iPhone.

Kamu juga dapat mengatur metode pencadangan menjadi otomatis atau manual. Ada pilihan pencadangan berkala untuk setiap hari, minggu, dan bulan untuk metode otomatis.

Namun, sebelum membuat file backup, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Beberapa di antaranya, yaitu:

  • Pada Android, layanan Google Play harus terpasang di perangkat.

  • Pada iPhone, perangkat harus menggunakan iOS 12 atau lebih baru.

  • iCloud Drive di iPhone yang kamu pakai harus dinyalakan.

  • Tersedia ruang kosong yang cukup pada perangkat dan akun penyimpanan awanmu.

  • Koneksi Internet yang kuat dan stabil.

Jika koneksi seluler yang digunakan tidak stabil, kamu bisa menggunakan koneksi Wi-Fi yang jauh lebih kuat dan stabil seperti yang disediakan oleh Telkomsel Orbit.

Telkomsel Orbit adalah layanan internet rumah dengan koneksi internet terbaik dan stabil yang didukung oleh jaringan luas dari Telkomsel. Saat ini ada banyak pilihan modem yang bisa kamu gunakan untuk terhubung ke internet. Salah satunya, yaitu Orbit Star A1.

Dengan ukuran yang ramping serta mengusung desain modern dan minimalis, Orbit Star A1 dapat kamu tempatkan dengan mudah di berbagai sudut rumah. Kamu juga bisa menghubungkan hingga 32 perangkat sekaligus ke internet.

Orbit Star A1 juga sudah menggunakan koneksi WiFi 4G LTE CAT4. Selain itu, modem ini juga sudah dilengkapi fitur URL filter untuk memblokir situs-situs tertentu.

Kamu bisa mendapatkan Orbit Star A1 melalui situs resmi Orbit dengan harga Rp479.000. Modem ini juga tersedia di  GraPARI Telkomsel dan toko resmi di marketplace kesayanganmu.

Sebelum membeli, jangan lupa mengecek jangkauan MyOrbit untuk mengetahui apakah area hunianmu sudah terjangkau oleh Telkomsel Orbit atau belum.

Setelah membeli dan melakukan aktivasi, kamu akan mendapatkan tambahan kuota sebesar 150 GB selama 6 bulan untuk mendukung produktivitas tetap lancar.

Cara Memulihkan Chat WhatsApp di Perangkatmu

Jika sudah memiliki file backup dari riwayat pesan WhatsApp, sebenarnya kamu bisa memulihkan pesan dengan mudah. Kamu bisa mengikuti cara mengembalikan chat WhatsApp di bawah ini:

Android:

Cara restore chat WhatsApp pada perangkat Android memerlukan nomor telepon dan file backup yang tersimpan di akun Google yang sama dengan yang digunakan untuk membuat cadangan. Berikut langkah-langkahnya:

  • Uninstall aplikasi WhatsApp dari perangkat yang kamu gunakan.

  • Download dan pasang kembali aplikasi WhatsApp.

  • Masuk dengan menggunakan verifikasi nomor telepon seperti biasanya.

  • WhatsApp akan mencari cadangan dan kamu akan mendapatkan notifikasi Restore atau Pulihkan melalui Google Drive.

  • Ketuk Pulihkan.

  • Pilih Next.

  • WhatsApp akan memproses untuk memulihkan semua chat yang ada di file backup, termasuk yang terhapus.

iPhone:

Sementara itu, cara restore chat WhatsApp pada perangkat iPhone akan membutuhkan file backup yang tersimpan di akun iCloud kamu. Berikut ini langkah-langkahnya:

  • Uninstall aplikasi WhatsApp dari iPhone yang kamu gunakan.

  • Download dan install kembali aplikasi WhatsApp 

  • Masuk kembali dengan nomor telepon kamu seperti biasa.

  • WhatsApp akan mencari file backup kamu dan saat muncul perintah Restore atau Pulihkan chat, klik Next.

  • WhatsApp akan mengambil file backup yang ada di iCloud untuk memulihkan chat.

  • Setelah selesai, maka semua chat telah kembali seperti semula sesuai dengan file backup.

Baca Juga: Cara Download Status WA

Cadangan Lokal

Selain memulihkan pesan via penyimpanan awan, ada juga cara restore chat WhatsApp lewat cadangan lokal. Cara ini bisa dipakai bila kamu terlanjur menghapus pesan tapi belum membuat file backup.

Setiap harinya, pada pukul 02:00, WhatsApp akan melakukan pencadangan chat secara default. File ini akan disimpan ke dalam penyimpanan internal perangkat kamu. 

Namun, cara memulihkan pesan ini hanya berlaku untuk perangkat berbasis Android saja. Selain itu, pastikan bahwa pesan yang terhapus tidak melebihi waktu seminggu.

Berikut ini langkah-langkah yang bisa kamu ikuti:

  • Masuk ke folder WhatsApp melalui File Manager pada smartphone.

  • Pilih folder Database. Folder ini berisi file backup terakhir yang dilakukan WhatsApp secara default dan di dalamnya terdapat banyak file backup'.

  • Lalu, pilih file backup yang ingin diubah dan ubah namanya dari 'msgstore-(tahun)-(bulan)-(tanggal).1.db.crypt(versi protokol) menjadi 'msgstore.db.crypt14'.

  • Jangan mengubah nomor versi protokol enkripsi yang menjadi ekstensi crypt.

  • Setelah itu, buka Google Drive dan hapus file backup WhatsApp yang tersimpan agar aplikasi dipaksa untuk mengembalikan backup melalui penyimpanan lokal.

  • Lakukan uninstall dan install kembali WhatsApp.

  • Ketika muncul perintah Pulihkan Chat, maka aplikasi bisa mengambil file dari smartphone.

  • Klik Next atau Restore untuk mengembalikan chat yang terhapus.

Rutin Mencadangkan Pesan WhatsApp secara Berkala

Selain cara-cara yang sudah disebutkan, memang masih ada cara lain untuk mengembalikan chat yang hilang. Namun, cara tersebut memerlukan aplikasi atau software pihak ketiga dan tidak semua orang bisa mengoperasikannya.

Kalaupun kamu terpaksa untuk menggunakan software pihak ketiga, kamu akan menghabiskan waktu lebih banyak untuk belajar kembali. Selain itu, belum tentu juga kamu berhasil mengembalikan chat yang kamu mau.

Maka dari itu, akan lebih bijak bila kamu rutin membuat file backup dan menyimpannya di akun penyimpanan awan sesuai perangkat yang kamu pakai. Dengan begitu, proses memulihkan chat WhatsApp yang hilang akan menjadi lebih mudah dan cepat.

  • 2430