Kami menggunakan cookies demi memberikan layanan terbaik di website Telkomsel Orbit Selengkapnya tentang kebijakan cookies /assets/images/icon-arrow-right-light.svg
Cara Screen Record di Laptop Windows

7 Cara Screen Record di Laptop Windows dengan Mudah

Teknologi banyak mempermudah aktivitas kita, seperti saat merekam layar dengan fitur screen record. Meski populer, tapi ada juga yang belum mengetahui bagaimana cara screen record di laptop atau komputernya.

Kalau kamu juga belum tahu bagaimana cara record layar di laptop, tenang saja. Kamu bisa simak artikel ini sampai habis untuk mengetahuinya.

Kami sudah merangkum tujuh cara untuk merekam layar di perangkat yang kamu pakai, khususnya untuk laptop atau komputer dengan sistem operasi Windows.

Perangkat yang Harus Disiapkan

Secara umum, sebenarnya ada fitur bawaan yang bisa digunakan untuk record layar laptop bersistem operasi Windows. Namun, kamu juga bisa mengunduh software lain sebagai cara alternatif screen record laptop milikmu.

Agar proses mengunduhnya lancar, persiapkan perangkat dengan koneksi internet terbaik. Kamu bisa mendapatkan ini dengan menggunakan modem dari Telkomsel Orbit seperti Orbit Pro H2 atau Orbit Star Z1.

Orbit Pro H2

Orbit Pro H2 adalah modem router nirkabel 4G. Modem ini dilengkapi dengan teknologi Wi-Fi 2,4 Ghz dan 5 Ghz, LTE CAT 7, dan MIMO 2x2. 

Dukungan kecepatan unduhnya bisa mencapai hingga 300 Mbps dan 100 Mpbs untuk unggah. Sedangkan kecepatan rata-ratanya bisa mencapai 33 Mbps.

Desainnya yang mengotak dengan dimensi 219 mm x 138 mm x 25,6 mm membuatnya mudah untuk dipindah ke mana saja. Cocok untuk kamu yang senang dengan desain minimalis.

Modem Orbit Pro H2 bisa kamu peroleh dengan harga Rp1.199.000. Segera beli sekarang di situs resmi Telkomsel Orbit, GraPARI terdekat, atau Telkomsel official online store di marketplace kesayanganmu.

Orbit Star Z1

Orbit Star Z1 adalah varian modem router 4G dari Telkomsel Orbit yang bisa kamu dapatkan dengan harga lebih terjangkau. Kamu bisa mendapatkan modem ini di harga Rp609.000 melalui situs resmi Telkomsel Orbit.

Ukuranya lebih mungil bila dibandingkan Orbit Pro H2, yaitu 124 mm x 164 mm x 62 mm. Namun, kecepatan yang diberikan tidak kalah stabil.

Dilengkapi dengan teknologi Wi-Fi 2,4 GHz, LTE CAT4, dan MIMO 2x2, Orbit Star Z1 mampu memberikan kecepatan rata-rata di 15 Mbps. Kecepatan yang cukup untuk penggunaan ringan dari rumah.

Di samping itu, tersedia juga sebuah port antena eksternal untuk memperkuat sinyal Wi-fi dan dua buah port LAN untuk koneksi internet yang lebih stabil via kabel. Kamu bisa membandingkan kedua modem ini dengan fitur Bandingkan Modem di situs resmi Telkomsel Orbit.

Kalau perangkat penyedia layanan internet untuk mengunduh software alternatifnya sudah siap, kamu bisa simak cara record layar laptop Windows di bawah ini.

7 Cara Screen Record di Laptop Windows

Di masa pandemi, ada banyak kegiatan yang beralih ke online. Namun, terkadang kita kesulitan untuk mencatat informasi dari kegiatan tersebut. 

Penyebabnya bermacam-macam. Bisa jadi karena pembicara terlalu cepat menyampaikan materi atau ada kegiatan yang tidak bisa kita tinggalkan.

Pada saat seperti itulah fitur screen record bisa dimanfaatkan. Screen record adalah salah satu fitur yang dapat digunakan untuk merekam informasi.

Nantinya, kita dapat memutar ulang kembali rekaman informasi tersebut agar tida detail apapun yang terlewatkan. 

Selain untuk merekam informasi, screen record juga dapat digunakan untuk membuat konten. Misalnya, untuk konten tutorial, pembelajaran, dan lain-lain.

Berikut ini tujuh cara merekam layar di laptop yang sudah kami rangkum:

1. Fitur Gaming Bar

Screen Record di Laptop Windows dengan Gaming Bar

Foto fitur gaming bar

Apabila laptop yang kamu pakai sudah terpasang Windows 10, kamu bisa menggunakan fitur gaming bar untuk melakukan screen record laptop. Langkah ini boleh dilewati bila laptopmu belum memakai Windows 10.

Berikut langkah-langkah merekam layar dengan gaming bar di Windows:

  • Buka gaming bar dengan menekan Windows + G untuk memunculkan Controller Bar. 

  • Kemudian, tekan ikon yang bertuliskan Capture. 

  • Setelah itu, akan muncul lagi bar baru dengan berbagai ikon.

    • Ikon kamera untuk screenshot, 

    • Ikon microphone untuk merekam suara, 

    • Ikon lingkaran untuk screen record layar laptop

  • Untuk memulai screen record di laptop Windows, klik ikon lingkaran. 

Jika kamu ingin cara yang lebih cepat, ada shortcut key yang bisa kamu pakai. Kamu bisa mengaksesnya dengan menekan Windows + Alt + R dan saat itu layar laptop kamu akan direkam.

Formal file yang disimpan dari cara merekama layar ini adalah Mp4. Dengan begitu, file tersebut dapat dibuka oleh perangkat elektornik apapun yang mendukung.

Baca Juga: Cara Screenshot di Laptop

2. OBS Studio

Bagi yang tidak menggunakan windows 10, kamu bisa menggunakan software alternatif seperti OBS Studio. Kamu bisa mengunduh aplikasi OBS Studio di website resminya. 

Sebagai informasi, OBS Studio adalah salah satu software yang sering digunakan oleh Youtuber gamers untuk merekam konten mereka. Selain itu, OBS Studio juga dapat mengedit konten yang sudah kamu rekam secara lansgung.

Berikut langkah-langkah untuk merekam layar dengan menggunakan OBS Studio:

  • Pilih menu sources, dan klik ikon ‘+’ yang terdapat pada bagian bawah layar.

  • Tekan menu Display Capture 

  • Masukan judul screen record layar laptop sesuai keinginan kamu. 

  • Lalu, klik Start Recording untuk memulai perekaman

  • Apabila sudah selesai, klik Stop Recording. 

  • File screen record akan langsung tersimpan secara otomatis di laptop kamu. 

3. ShareX

Software atau aplikasi lain yang mendukung perekaman layar adalah ShareX. Kamu bisa mengunduh ShareX di situs resminya. 

Sebelum mulai merekam, kamu perlu mengatur preferensi dan pengaturan untuk screen record terlebih dahulu melalui menu utama ShareX. Setelah itu, ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk mulai merekam:

  • Untuk memulai screen record, pilih ikon kamera yang menandakan ‘capture’ di pojok kiri menu bar ShareX, 

  • Setelah itu, akan ada beberapa opsi yang ditampilkan. 

  • Pilih screen recording

  • Lalu, tarik kotak sorotan untuk memilih area yang ingin kamu rekam. 

  • Kemudian, tekan start untuk memulai screen record dan stop untuk berhenti merekam layar anda.

  • Klik ‘save as’ untuk menyimpan, baik dalam format Mp4, GIF, ataupun format lainnya. 

Aplikasi ShareX juga memiliki fitur untuk mengedit screen record. Fitur tersebut antara lain efek, menambahkan teks, memotong durasi, atau atribut lainnya.

4. Loom

Cara screen record dengan aplikasi Loom

Cara screen record dengan aplikasi Loom

Aplikasi perekaman layar lain yang bisa kamu pakai adalah Loom. Namun, bila kamu pengguna baru, kamu perlu registrasi terlebih dahulu untuk menggunakan fitur screen record.

Loom memiliki tiga pilihan perekaman layar. Ketiga opsi tersebut adalah  ‘Screen + Cam’, ‘Screen Only’, dan ‘Cam Only’

Pilihan ‘Screen + Cam’ akan merekam layar dan kamera. Opsi ‘Screen Only’ akan merekam layar laptopmu saja. Sedangkan opsi ‘Cam Only’ akan merekam kamera atau wajah kamu saja. 

Cara merekam layarnya pun sangat mudah. Kamu cukup klik ikon start recording untuk memulai perekaman dan klik ikon stop recording untuk berhenti merekam. 

Hasil screen record dapat disimpan di akun Loom, ke perangkat, atau langsung dibagikan ke platform lain.

5. Bandicam

Selain OBS, ada kamu juga bisa menggunakan Bandicam. Aplikasi perekaman ini juga sering digunakan oleh Youtuber untuk merekam konten game yang dimainkan. 

Aplikasi ini populer karena dianggap memiliki software perekaman dan mikrofon yang berkualitas tinggi. Namun, perlu diperhatikan, Bandicam adalah aplikasi berbayar.

Kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini untuk mulai merekam layar laptop atau komputer dengan Bandicam:

  • Pada pengaturan, pilih Resolusi, Frame Rate, dan Sumber Audio yang kamu inginkanterlebih dahulu.

  • Setelah itu, kamu bisa memilih area yang ingin kamu rekam  dengan menggunakan kotak pemilihan Bandicam.

  • Kemudian, klik ikon Record atau Rekam untuk memulai rekaman layar.

  • Lalu, klik Stop atau Berhenti untuk mengakhiri rekaman layar.

  • Sebelum menyimpan, tulis nama file dan pilih lokasi penyimpanan.

  • Terakhir, klik Save untuk menyimpan file rekaman.

6. Camtasia

Software berikutnya untuk merekam layar, yaitu Camtasia. Setelah mengunduh Camtasia di situs resminya, akan ada opsi untuk membuat proyek baru. 

Sebelum merekam kamu harus membuat proyek baru, mengatur resolusi, frame rate dan lain-lain sesuai dengan kebutuhan. Setelah itu, kamu bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini untuk mulai merekam:

  • Klik tombol record pada bagian atas layar untuk memulai screen record, 

  • Setelah itu, kamu bisa memilih area layar yang ingin direkam, merekam audio atau kamera yang menunjukan wajah. 

  • Lalu, klik ikon Stop untuk berhenti merekam

  • Kemudian, kamu akan langsung diarahkan untuk menyimpan file rekaman tersebut di lokasi penyimpanan yang kamu pilih dan klik Save.

7. Apowersoft Screen Recorder

Screen record dengan Apowersoft

Screen record dengan Apowersoft

Cara screen record di laptop windows lainya adalah dengan menggunakan software Apowersoft Screen Recorder. Salah satu kelebihan software ini adalah dapat dijalankan tanpa diunduh.

Cara merekam layar laptop menggunakan software Apowersoft juga sangat mudah dan simpel. Berikut langkah-langkahnya:

  • Pertama, buka situs resmi Apowersoft.

  • Lalu, pada homepage akan ada tulisan Start Recording. 

  • Setelah itu, klik tombol Start Recording untuk mulai merekam

  • Lalu, pilih area atau layar yang ingin kamu rekam.

  • Setelah selesai, simpan video hasil screen record tersebut di perangkat kamu.

Nah, berikut 7 cara screen record di Laptop Windows. Semoga tips ini bisa membantu kamu dalam merekam layar di perangkat yang kamu pakai.

  • 2793