Kami menggunakan cookies demi memberikan layanan terbaik di website Telkomsel Orbit Selengkapnya tentang kebijakan cookies /assets/images/icon-arrow-right-light.svg
Sangat Mudah, Ini Cara Mengganti Password WiFi Sendiri

Sangat Mudah, Ini Cara Mengganti Password WiFi Sendiri

Pengguna WiFi sebaiknya mengetahui tentang bagaimana cara mengganti password WiFi. Dengan melakukan penggantian kata sandi, Anda akan merasa tenang karena dapat melindungi dari risiko adanya hacker.

Seringkali orang menyepelekan hal ini, padahal sangat penting untuk menggantinya secara berkala. Banyak juga orang yang tidak mengganti password WiFi karena tidak mengetahui bagaimana caranya. 

Cara mengganti password WiFi sangatlah mudah untuk dilakukan. Jika Anda termasuk orang yang belum mengetahui bagaimana cara mengganti kata sandi perangkat WiFi, maka bisa mengikuti langkah-langkah yang akan dibahas di sini.

Cara Mengganti Password WiFi yang Mudah Dilakukan

Langkah-langkah mengganti password WiFi tidaklah terlalu rumit. Anda bisa melakukan penggantian kata sandi menggunakan handphone ataupun PC. Namun sebelumnya, Anda perlu mengetahui manfaat melakukan penggantian password WiFi secara berkala. Beberapa di antaranya adalah:

  1. Mencegah Pembobolan Internet
    Manfaat pertama penggantian password WiFi secara berkala adalah mencegah terjadinya pembobolan akses internet. Jika Anda tinggal di lingkungan yang cukup padat penduduk, sering kali ada orang yang menggunakan akses internet tanpa sepengetahuan Anda. Pembobolan jaringan seperti ini tentu sangat merugikan. Oleh karena itu, hindari menggunakan password WiFi yang sama untuk waktu yang lama. Agar kata sandi Anda tidak mudah ditebak oleh orang lain, gunakan kombinasi karakter yang sedikit rumit namun mudah Anda ingat.
     
  2. Melindungi Data Pribadi
    Selain koneksi internet yang bisa dibobol orang lain, data pribadi juga rentan dicuri apabila WiFi tidak diberi pengamanan dengan benar. Data-data pribadi penting Anda bisa dimanfaatkan orang lain untuk hal-hal yang tidak diinginkan. Oleh karena itu, Anda harus menjaga keamanan data dengan mengganti password WiFi secara berkala.
     
  3. Koneksi Internet Lebih Stabil
    Ketika jaringan internet Anda tidak digunakan banyak orang atau tidak ada yang membobol jaringan tanpa sepengetahuan Anda, koneksi internet juga akan lebih stabil. Berbeda halnya jika password Anda tidak aman dan banyak digunakan orang, tentu layanan internet menjadi lemah sehingga bisa mengganggu produktivitas.
     
  4. Mengamankan Router
    Manfaat berikutnya yaitu bisa membantu melindungi router yang sangat rentan bermasalah. Ketika router WiFi dipakai oleh banyak orang secara bersamaan, tentu akan mempengaruhi jaringan internet sehingga menjadi tidak stabil. Tetapi, Anda bisa mencegahnya dengan rutin mengganti password WiFi secara berkala.

Cara Mengganti Password WiFi Menggunakan Komputer

Untuk mengganti password WiFi rumah, Anda bisa menggunakan perangkat komputer atau bahkan handphone. Cara paling mudah pertama yang bisa Anda ikuti yang pertama yaitu menggantinya menggunakan komputer.

Langsung saja berikut ini adalah langkah-langkahnya:

  1. Menghubungkan Komputer dengan WiFi
    Langkah pertama yang harus dilakukan adalah memastikan komputer Anda terhubung dengan jaringan internet atau WiFi tersebut. Apabila sudah terhubung dengan jaringan WiFi, sebaiknya Anda mengenali tipe router yang dimiliki agar dapat mengakses alamat IP.
     
  2. Masukkan Alamat IP
    Alamat IP antara router satu dengan yang lainnya tentu saja berbeda. Jadi, Anda harus memastikan alamat IP router yang dimaksud sudah benar. 

    Bagaimana cara mengetahui alamat IP dari perangkat WiFi Anda? Ketika memasang WiFi, Anda akan diberitahu alamat IP oleh penyedia. Salah satu contohnya, jika Anda menggunakan WiFi dari Huawei, maka biasanya alamat IP-nya adalah 192.168.8.1. 

    Setelah mengetahui nomor alamat IP, Anda bisa langsung membuka browser dari komputer baik itu Chrome, Firefox, atau yang lainnya. Selanjutnya, tinggal masukkan alamat IP di mesin pencarian lalu klik 'Enter'.
     
  3. Masuk ke Pengaturan
    Langkah berikutnya yaitu masuk ke menu pengaturan router dan kemudian masukkan username serta password yang telah dimiliki. Anda sebaiknya memasukkan username dan juga password yang berbeda dengan kata sandi WiFi. Username dan password router bisa ditemukan di buku panduan yang Anda miliki ketika memasang WiFi. 

    Akan tetapi, jika sebelumnya belum ada perubahan pengaturan standar router, Anda bisa mengosongkannya saja. Apabila Anda ingin mengisi password dan username, maka Anda hanya perlu memasukkan dengan kata-kata umum seperti kata admin untuk username dan kata user untuk password.

    Jika sudah masuk ke menu pengaturan router, Anda bisa mencari menu ‘Network’ lalu klik menu tersebut. Selanjutnya cari opsi WLAN kemudian lanjutkan dengan opsi ‘Security’. Setelahnya, akan muncul kolom yang meminta Anda untuk menuliskan password baru atau menggantinya. Kolom password bisa Anda ganti dengan kata sandi baru yang terdiri dari 8 sampai 63 karakter. 
     
  4. Buat Password
    Buatlah kata sandi dari kombinasi beberapa karakter huruf dan juga angka. Jika sudah memasukkan password baru yang tepat, Anda tinggal klik ‘Submit’ dan kata sandi baru Anda sudah berhasil dibuat.

Cara Mengganti Password WiFi Menggunakan HP

Setelah mengetahui tentang bagaimana cara mengganti password WiFi memakai komputer, selanjutnya Anda juga perlu mengetahui bagaimana cara menggantinya menggunakan handphone. Cara mengganti password WiFi lewat HP tidak jauh berbeda dari menggunakan komputer. Ada beberapa langkah sederhana yang bisa Anda lakukan untuk mengganti kata sandi lama dengan yang baru:

  1. Hubungkan HP dengan WiFi
    Sama seperti menggunakan komputer, langkah pertama yang harus dilakukan adalah memastikan HP terhubung dengan WiFi.
     
  2. Memasukkan alamat IP
    Selanjutnya, Anda bisa membuka browser dan kemudian masukkan alamat IP 192.168.1.1. pada mesin pencarian di HP Anda.
     
  3. Masuk ke Pengaturan
    Apabila Anda sudah masuk ke halaman pengaturan router, Anda tinggal memasukkan username dan juga password router yang telah dibuat sebelumnya. Setiap pemilik atau pengguna router yang memasang WiFi tentu mengetahui kata sandi dan juga username dari perangkat tersebut. Langkah berikutnya yaitu masuk ke menu pengaturan router dan carilah menu ‘Network’. Setelah itu, Anda akan menemukan berbagai macam opsi lalu tinggal pilih ‘WLAN’, kemudian ‘Security’. 
     
  4. Ganti Password
    Cara mengganti password WiFi lewat HP tidak jauh berbeda dengan cara mengganti password WiFi lewat PC. Jika sudah masuk ke opsi ‘Security’, nantinya akan muncul kolom WPA passphrase dan Anda diminta untuk mengganti atau mengisinya. Jika sudah ada password lama, Anda tinggal menghapusnya lalu mengganti dengan kata sandi baru. Masukkan password yang terdiri dari huruf kapital, huruf kecil, lalu kombinasikan dengan angka dan simbol agar tidak mudah dibobol orang lain.

    Meskipun demikian, Anda juga harus memastikan jika kata sandi tersebut tetap dapat Anda ingat. Untuk menghindari lupa password, Anda bisa menulisnya di selembar kertas lalu menyimpannya di tempat yang aman dan mudah dijangkau. Setelah memasukkan kata sandi sesuai keinginan, selanjutnya tinggal klik ‘Submit’. Tunggu beberapa saat, proses penggantian password WiFi telah selesai dilakukan.

Baca Juga: Cara Mengganti Password WiFi dengan Mudah dan Cepat

Cara mengganti password WiFi sangatlah mudah, baik itu menggunakan komputer maupun handphone. Hal yang membedakan dari keduanya hanyalah pada ukuran layarnya. Jika Anda ingin mengganti password WiFi di layar yang besar, maka pilihlah perangkat komputer atau laptop. Namun jika Anda tidak memilikinya, Anda tidak perlu merasa bingung karena hanya menggunakan handphone juga bisa.

Sekarang Anda tidak perlu lagi khawatir tentang bagaimana cara mengganti password WiFi, karena langkah-langkahnya telah disebutkan secara jelas di atas. Semoga informasi ini bisa membantu Anda melindungi jaringan internet rumah atau di kantor Anda.

Telkomsel Orbit

  • 176