Kami menggunakan cookies demi memberikan layanan terbaik di website Telkomsel Orbit Selengkapnya tentang kebijakan cookies /assets/images/icon-arrow-right-light.svg
Mau Tahu Cara Jadi Freelancer Online? Pahami Dulu 6 Hal Penting Ini

Mau Tahu Cara Jadi Freelancer Online? Pahami Dulu 6 Hal Penting Ini

Masa pandemi ini mendorong kita untuk terus beradaptasi. Dalam hal karier misalnya, banyak orang mesti siap mencari pekerjaan baru atau mendapatkan pemasukan tambahan supaya dapat terus menambah saldo tabungan. Dunia online mulai dilirik sebagai lahan baru untuk mendapatkan cuan. Makanya, tak heran kalau belakangan ini Anda mendengar banyak orang mencari cara menjadi freelancer online. 

Apa itu Freelance Online?

Bagi Anda yang masih asing dengan istilah freelance online, sebenarnya ini adalah pekerjaan yang dilakukan secara sambilan atau lepas tanpa terikat dengan perusahaan mana pun. Berbeda dengan karyawan yang menerima gaji tiap bulan, pekerja lepas atau yang biasanya disebut freelancer ini akan mendapatkan bayaran setelah suatu proyek diselesaikan dalam waktu tertentu. Mengingat pekerjaannya dilakukan secara online, maka menjadi seorang freelancer online sangatlah fleksibel karena dapat bekerja dari mana saja, bahkan lintas pulau sekali pun. Selain itu, keuntungan lainnya dengan cara menjadi freelancer online adalah tidak gampang bosan karena Anda dapat memilih mengerjakan proyek yang sesuai dengan minat Anda, dan juga bisa dapat uang tambahan untuk ditabung jika Anda masih bekerja full-time sebagai karyawan. 

Tren Menjadi Freelancer Online Saat Ini

Fleksibilitas waktu kerja dan beberapa keuntungan lainnya seperti yang disebutkan di atas, membuat makin banyak orang memilih menjalani karier sebagai pekerja lepas online. Badan Pusat Statistik (BPS) bahkan mencatat bahwa sejak masa pandemi di bulan Agustus 2020, jumlah orang yang menjadi freelancer naik sebanyak 4,32 juta orang, lho. Pilihan pekerjaan yang dijalani para freelancer ini sangatlah beragam. Beberapa di antaranya, bahkan kini semakin bertambah peminatnya. Contohnya seperti, Content Creator yang membuat konten foto dan video di media sosial serta mendapatkan penghasilan dari penayangan iklan atau kerja sama dengan brand, Video Editor yang mengedit video untuk Content Creator dan iklan digital, juga Traders yang tugasnya membantu investor jual-beli saham dengan tujuan mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya. 

Baca Juga: 6 Profesi Ini Bisa Dijalankan di Rumah Agar Tetap Produktif

Bagaimana Cara Menjadi Freelancer Online untuk Pemula?

Nah, jika Anda tertarik untuk mulai bekerja dari rumah sebagai freelancer, ada baiknya Anda ketahui lebih dulu beberapa hal penting berikut ini agar pemasukan Anda tetap lancar meski tanpa pekerjaan tetap. 

1. Fokus ke Satu Bidang yang Dipilih

Ini adalah hal pertama yang harus Anda putuskan saat terjun menjadi pekerja lepas. Pilihlah satu bidang yang menjadi minat Anda. Kalaupun masih belum punya skill yang cukup, Anda masih bisa mengasahnya dengan belajar atau ikut kursus online. Dengan tetap fokus seperti ini, pelan-pelan Anda dapat membangun kredibilitas sebagai freelancer yang andal di bidang yang Anda pilih. Makin banyak klien yang percaya dengan kemampuan Anda, tentunya makin banyak juga proyek dan penghasilan yang diterima.

2. Buat Portofolio yang Menarik

Jangan lupa, tunjukkan hasil karya atau proyek yang pernah dikerjakan di dalam portofolio sehingga para calon klien tertarik untuk memakai jasa Anda. Pastikan portofolio tersebut terlihat menarik dan mudah diakses secara online ya, misalnya simpan di Google Drive atau menggunakan platform digital seperti Behance, Dribbble, clippings,me, dan Journo Portfolio. Selain itu, Anda juga disarankan rajin sharing hasil pekerjaan freelance Anda di media sosial seperti LinkedIn. Siapa tahu dari sini Anda dapat calon klien baru.

3. Tentukan Tarif Jasa yang Sesuai

Pastinya Anda ingin terus dapat cuan dengan bekerja sebagai freelancer online, kan? Jangan sampai Anda mematok tarif jasa yang terlalu rendah sehingga untungnya terlalu sedikit, atau menentukan tarif terlalu tinggi sehingga kesulitan mencari klien baru. Untuk itu, Anda perlu tetapkan tarif yang pas. Sebagai bahan pertimbangan, Anda bisa mencari tahu standar tarif jasa dengan bertanya ke freelancer yang lain, menyesuaikan dengan bujet yang klien miliki, atau menentukannya berdasarkan tingkat kesulitan pekerjaan. 

4. Gabung di Komunitas Freelancer 

Selain memperluas networking, dengan bergabung di komunitas freelancer juga dapat meningkatkan kesempatan Anda untuk dikontak langsung oleh calon klien, sekaligus dapat rekomendasi pekerjaan dari sesama pekerja lepas. Dengan begitu, Anda bisa dapat proyek baru agar penghasilan tetap lancar.

5. Membuat Financial Planning yang Matang

Penghasilan sebagai freelancer online biasanya tidak menentu, tergantung dari banyaknya proyek yang dikerjakan tiap bulannya. Jadi, Anda disarankan mengatur cash-flow keuangan dengan cermat agar pengeluaran selalu dapat dikontrol dan Anda dapat mencapai tujuan finansial.

6. Pastikan Memiliki Jaminan Kesehatan atau Asuransi 

Tidak seperti karyawan yang sudah memiliki jaminan kesehatan dari perusahaan, pekerja lepas harus menyiapkan dana asuransi kesehatannya secara mandiri. Oleh sebab itu, sebelum mulai bekerja menjadi freelancer online, pastikan Anda memiliki dana darurat, dan terdaftar dalam program BPJS kesehatan atau asuransi kesehatan. Ini adalah langkah proteksi yang wajib dilakukan, agar penghasilan Anda aman dari pengeluaran biaya medis yang tak terduga. 

Bagaimana, sudah siap untuk menjalani karier sebagai pekerja lepas? Selain pahami beberapa cara menjadi freelancer online seperti di atas, pastikan juga Anda menyiapkan pendukung agar pekerjaan dapat diselesaikan tanpa hambatan secara online. Telkomsel Orbit dapat menjadi solusi konkrit sebagai internet rumah yang andal untuk mendukung freelancer online bekerja dari mana saja. Ini karena modem Orbit menggunakan koneksi internet 4G LTE Telkomsel yang stabil dan jangkauan yang luas di hampir seluruh wilayah Indonesia. Yuk, cari tahu keunggulan modem Orbit di sini!

Tetap semangat untuk jalani rutinitas Anda dengan produktif di rumah, serta jaga selalu kesehatan diri dan orang-orang terdekat Anda. 

 

Telkomsel Orbit

  • 585