Kami menggunakan cookies demi memberikan layanan terbaik di website Telkomsel Orbit Selengkapnya tentang kebijakan cookies /assets/images/icon-arrow-right-light.svg
Kenali Fungsi dan Jenis Kabel LAN untuk Dukung Internetan Lancar

Kenali Fungsi dan Jenis Kabel LAN untuk Dukung Internetan Lancar

Anda mungkin sering mendengar tentang penggunaan kabel LAN pada perangkat komputer, ya. Katanya fungsi kabel LAN ini adalah untuk menyambungkan koneksi internet ke komputer atau perangkat lainnya, dengan kualitas kecepatan yang lebih baik. Apa benar begitu? Apakah ada fungsi lain dari kabel ini? Lalu, bagaimana cara memaksimalkan penggunaannya untuk internetan yang lancar di rumah? Nah, Anda perlu menyimak info selengkapnya di sini.

Apa itu kabel LAN?

Sebelum membahas lebih jauh tentang kabel LAN, mari kita kenali lebih dulu apa sebenarnya kabel LAN itu. Secara harfiah, LAN merupakan kepanjangan dari Local Area Network atau jaringan komputer lokal. Contohnya, jaringan yang menghubungkan antar komputer di area terbatas, seperti rumah, kantor, atau di dalam gedung. Jaringan komputer ini disambungkan menggunakan kabel khusus, yaitu kabel LAN seperti yang sudah kita kenal sekarang. 

Fungsi kabel LAN

Di bawah ini adalah beberapa fungsi kabel LAN yang banyak digunakan oleh masyarakat,

1. Penghubung antara satu komputer dengan yang lainnya

Fungsi utama kabel LAN yaitu untuk menghubungkan perangkat komputer satu dengan komputer lainnya di satu area tertentu. Dengan menggunakan kabel LAN, pengguna komputer dapat dengan mudah berbagi data tanpa harus menggunakan media terpisah seperti flash drive atau hard disk.

Hebatnya, kabel LAN juga memungkinkan pengguna komputer untuk bisa terhubung dengan LAN Chat. Ini adalah fitur berkirim pesan yang dapat dilakukan antara pengguna komputer dalam satu jaringan LAN yang sama. Biasanya, untuk melakukan obrolan via LAN Chat pengguna komputer perlu mengunduh aplikasi seperti Outlook LAN messenger, Winchat, MSG pop-up, dan aplikasi tambahan lainnya. Apakah Anda sendiri pernah menggunakan aplikasi obrolan ini?

2. Remote komputer

Fungsi lain dari kabel LAN adalah memungkinkan Anda untuk bisa mengakses komputer lain dengan mudah. Program yang bisa digunakan untuk melakukan remote komputer ini adalah remote desktop manager. Kelebihannya, pengguna komputer bisa mengakses komputer lain meskipun sedang offline atau sedang dalam keadaan tidak tersambung dengan internet.

3. Menghubungkan komputer dengan berbagai perangkat

Selain bisa digunakan untuk menghubungkan komputer satu dengan komputer lainnya, fungsi kabel LANjuga untuk menghubungkan komputer dengan perangkat lainnya.

Jadi, ketika Anda ingin menghubungkan komputer dengan perangkat lain seperti printer misalnya, Anda dapat melakukannya dengan menggunakan kabel LAN. Dengan kabel ini, satu printer bisa digunakan untuk beberapa komputer sekaligus.

4. Menghubungkan komputer ke router

Fungsi kabel LAN berikutnya yaitu untuk menghubungkan perangkat komputer ke router. Anda bisa mengonfigurasi jaringan menggunakan kabel ini atau dengan kata lain secara manual.

Jika dibandingkan menggunakan Wi-Fi, menghubungkan komputer dengan router melalui kabel LAN lebih menguntungkan. Hal ini karena kecepatan internet bisa menjadi lebih stabil dan aman.

Jenis-jenis kabel LAN

Setelah mengetahui beberapa fungsi kabel LAN, penting bagi Anda untuk memahami jenis-jenisnya. Kenapa? Sebab, tiap jenis kabel LAN itu memiliki fungsi yang berbeda. Jadi, supaya Anda tidak salah pilih, simak penjelasan dari beberapa jenis kabel LAN yang beredar di pasaran ini, ya!

1. Kabel coaxial

Jenis kabel LAN yang pertama adalah kabel coaxial. Kabel ini terdiri dari dua buah penghantar. Pada bagian inti, terdapat material berupa tembaga. Sedangkan, bagian luarnya dilapisi dengan material isolasi dan digulung dengan penghantar berupa kabel fiber. Kabel fiber tersebut dibuat dari alumunium atau ada juga yang dibuat dari tembaga. Di dalam kabel tersebut juga terdapat isolator elastis dari bahan plastik. Plastik tersebut seringkali digunakan untuk material antena televisi, sehingga teruji tahan air.

Kelebihan dari jenis kabel ini adalah mampu menjaga kestabilan kecepatan internet hingga kecepatan 10 Mbps. Kelebihan inilah yang membuat kabel LAN coaxial memiliki harga yang relatif lebih mahal dibandingkan kabel LAN jenis lainnya.

2. Kabel UTP (Unshielded Twisted Pair)

Jenis kabel LAN ini juga banyak digunakan oleh masyarakat. Disebut Unshielded Twisted Pair karena kabelnya itu tidak tertutup 

Kelebihan dari jenis kabel ini, diantaranya pemasangan yang mudah dan harganya yang lebih murah. 

Di dalam kabel UTP terdapat kumparan yang berfungsi untuk menghindarkan kebocoran, serta menghindarkan dari terjadinya induksi. Kabel UTP seringkali dipakai di dalam ruangan.

Ciri khas material yang digunakan pada kabel UTP adalah tembaga mentega. Berbeda dengan kabel coaxial, pada kabel UTP tidak terdapat pelindung di bagian dalamnya.

3. Kabel STP

Jenis kabel Shielded Twisted Pair atau STP memiliki logam pelindung di dalamnya, sehingga bisa menghindarkan dari gangguan elektromagnetik eksternal.

Sesuai dengan namanya, kabel ini dilengkapi dengan proteksi. Konsep dari kabel STP tidak jauh berbeda dengan kabel UTP. Hal yang membedakan adalah pada kabel STP terdapat selubung lain dan menutupi empat lilitan kabel di dalamnya. Selain itu, kabel ini sudah dilengkapi dengan fiber sehingga tidak mudah rusak atau putus.

Hal inilah yang membuat kabel STP lebih banyak digunakan untuk di luar ruangan.

4. Kabel serat optik

Jenis kabel lain yang juga sering dipakai untuk kabel LAN adalah fiber optik. Kabel ini terbuat dari fiberglass yang memiliki efektivitas tinggi untuk mentransfer data.

Kabel serat optik banyak digunakan oleh layanan internet ISP. Kabel ini digunakan untuk menghubungkan penyedia layanan tersebut dengan backbone NAP. 

Kualitas kabel ini ini sangat tinggi dengan standar ethernet dan menjadi media transmisi terbaru.

Baca Juga: Inilah 7 Cara Menstabilkan Internet untuk WFH

Itu dia berbagai jenis kabel LAN dengan kelebihannya masing-masing. Jadi, jika Anda ingin menggunakan kabel LAN, sebaiknya pilih yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Selain itu, pertimbangkan juga di mana Anda akan menggunakannya. Sebab, untuk penggunaan outdoor misalnya, Anda perlu memilih jenis kabel LAN yang tahan terhadap cuaca. Dengan begitu, fungsi kabel LAN dapat bekerja dengan maksimal.

Satu hal lagi yang perlu diperhatikan. Jika Anda pengguna internet rumah tanpa kabel, pastikan juga Anda memilih kabel LAN yang sesuai agar fungsi kabel LAN WiFi optimal dalam mendukung akses internet di rumah. Atau gunakan saja modem Telkomsel Orbit agar internet di rumah Anda selalu lancar dan dapat diandalkan.

Semoga dengan menyimak informasi ini, Anda lebih memahami tentang fungsi kabel LAN dan cara memilih jenis kabel LAN yang tepat, supaya dapat mendukung produktivitas Anda.
 

Telkomsel Orbit

  • 58