Kami menggunakan cookies demi memberikan layanan terbaik di website Telkomsel Orbit Selengkapnya tentang kebijakan cookies /assets/images/icon-arrow-right-light.svg
Yuk Kenali Fungsi dan Berbagai Jenis Modem Internet

Yuk Kenali Fungsi dan Berbagai Jenis Modem Internet

Saat ini modem adalah bentuk inovasi modern yang semakin banyak dipakai oleh masyarakat di berbagai belahan dunia. Ini karena perangkat yang satu ini dibutuhkan untuk membantu kita dalam mendapatkan akses internet, baik itu di rumah ataupun di tempat lainnya.

Dengan bantuan koneksi Internet, kita dapat dengan mudah mengakses berbagai macam informasi dan juga menyelesaikan berbagai macam pekerjaan. Nah, supaya Anda dapat terus produktif, penting sekali untuk mengenali lebih dalam tentang modem internet. Dengan begitu, Anda dapat memanfaatkan fungsinya secara optimal.

Pengertian Modem

Modem adalah sebuah perangkat yang diciptakan untuk menyambungkan koneksi internet pada perangkat elektronik/gadget lainnya, seperti handphone, tablet, laptop, PC, dan smart TV. Penemuan ini memiliki manfaat yang luar biasa, sehingga masyarakat bisa mendapatkan informasi dengan mudah dalam genggaman tangannya dan dapat melakukan berbagai aktivitas yang dapat memberdayakannya.

Seiring perkembangan zaman, semakin banyak masyarakat menggunakan modem sebagai alat bantu untuk mendapatkan akses internet. Jika Anda belum pernah menggunakan modem, penting bagi Anda untuk mengenali, fungsinya, cara kerjanya, dan juga jenis-jenis modem yang ada, agar Anda dapat memilih yang tepat sesuai kebutuhan Anda dan menggunakannya dengan maksimal.

Secara umum, modem adalah hardware atau perangkat keras yang berguna untuk membantu komunikasi dua arah, Ssehingga nantinya Anda dapat memancarkan dan menerima sinyal digital.

Tahukah Anda, dari mana awal kata modem berasal? Modem adalah singkatan dari kata modulator demodulator. Modulator adalah alat yang berguna untuk modulasi, yaitu proses memancarkan data pada frekuensi sinyal kepada perangkat penerima. Sedangkan demodulator adalah proses untuk mendapatkan beberapa data sinyal yang telah diterima perangkat pengirim.

Kesimpulannya, modem adalah alat yang memiliki dua fungsi, yaitu sebagai modulator dan juga sebagai demodulator. Jadi, alat-alat yang berbentuk perangkat keras serta menjadi perangkat komunikasi dua arah dapat dikatakan sebagai modem.

Cara Kerja Modem

Setelah mengetahui tentang pengertian dari modem, Anda juga perlu mengetahui bagaimana cara kerjanya. Modem bekerja untuk mengubah data komputer yang masih berupa digital menjadi sinyal analog. Sinyal tersebut nantinya dikirim ke media telekomunikasi di sekitarnya seperti telepon dan radio. Setelah sinyal analog sampai pada perangkat tujuan, modem akan mengubah kembali sinyal analog menjadi sinyal digital.

Jadi, memang cara kerja modem adalah untuk komunikasi dua arah, yaitu mengubah sinyal digital ke analog dan juga sebaliknya.

Fungsi Modem

Fungsi modem adalah untuk menyambungkan perangkat komputer atau perangkat lainnya ke internet. Namun secara lebih detail ada beberapa fungsi lain dari modem. Anda memang perlu mengetahui fungsinya agar lebih paham tentang perangkat yang satu ini. Berikut ini adalah beberapa fungsi modem.

1. Mengubah Sinyal Digital ke Analog

Seperti yang telah dijelaskan di atas, fungsi pertama modem yaitu untuk mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog. Proses ini disebut dengan proses modulasi. Dengan kehadiran modem di sekitar Anda, perangkat komputer atau yang sejenisnya dapat langsung terhubung dengan internet.

Selain itu, modem memiliki fungsi dua arah, Tak hanya mengubah sinyal digital ke analog saja, namun juga bisa mengubah sinyal dari analog ke digital. Fungsi ini disebut dengan proses demodulasi. Proses komunikasi dua arah yang dilakukan oleh modem ini, kemudian memungkinkan Anda untuk menghubungkan perangkat dengan jaringan internet.

2. Menghubungkan Komputer ke Internet

Fungsi berikutnya dari modem WiFi adalah membantu menghubungkan perangkat dengan jaringan internet. Dengan begitu, secara efektif modem ini dapat membuat perangkat komputer Anda bisa digunakan untuk mengakses internet. Hal ini karena modem akan melakukan proses modulasi dan juga proses demodulasi.

Setelah perangkat terhubung, Anda bisa berselancar dengan nyaman seperti mengakses informasi darii mesin pencarian, melihat video, bermain game dan lain sebagainya.

3. Memberi Informasi Paket Data dan Komunikasi

Fungsi selanjutnya yang juga tidak kalah menarik dari modem adalah dapat membantu Anda untuk mengetahui informasi paket data serta komunikasi.

Pengguna modem akan merasa tenang karena bisa memeriksa paket data dan komunikasi dengan mudah. Selain itu, modem juga dapat mengkompres data yang yang dikirim.

Jenis Modem Berdasarkan Cara Pemasangannya

Informasi berikut ini juga tidak boleh ketinggalan untuk disimak, yaitu jenis modem internet berdasarkan cara pemasangannya. Anda perlu mengetahui hal ini, agar ketika ingin membeli modem bisa memilih yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Langsung saja, simak beberapa jenis modem yang tersedia berikut ini:

1. Modem Internal

Jenis modem yang pertama adalah modem internal. Modem ini terdapat pada bagian papan ekspansi yang terpasang di slot motherboard. Modem internal sering disebut juga dengan on-board modem. Banyak orang memilih modem internal karena pemasangannya sangat mudah serta harganya yang cenderung lebih murah.

2. Modem Eksternal

Pilihan modem berikutnya yaitu modem eksternal. Modem ini dipasang di bagian luar komputer. Kelebihan modem eksternal adalah pemasangannya sangat mudah karena tinggal disambungkan ke slot USB atau bisa disambungkan menggunakan kabel LAN.

Banyak orang yang menggunakan modem eksternal karena mudah dibawa kemana-mana.  Bentuk dari modem eksternal juga sangat sederhana, dan tidak dilengkapi dengan kabel sebagai perantaranya. Anda bisa memilih apakah ingin menggunakan modem GSM atau modem CDMA.

Kekurangan dari modem eksternal adalah kecepatannya yang melemah ketika cuaca sedang buruk. Namun memang modem ini juga memiliki kelebihan karena desainnya yang simpel dan mudah dibawa.

Jenis Modem Berdasarkan Teknologinya

Jenis modem bukan hanya terbagi berdasarkan bagaimana cara pemasangannya saja, namun ada juga jenis modem berdasarkan teknologi. Berikut ini adalah jenis-jenis modem berdasarkan teknologi yang ada di dalamnya:

1. Modem Analog

Jenis modem pertama yaitu modem analog. Modem ini berfungsi menerima data dalam bentuk sinyal analog, melalui jaringan transmisi data yang kemudian sinyal analog tersebut akan diubah menjadi data digital. Data digital kemudian dikirim ke perangkat komputer, begitu juga sebaliknya. Banyak orang menggunakan modem ini untuk koneksi dial-up menggunakan jaringan telepon. Ada beberapa pilihan modem analog berdasarkan kecepatannya misalnya 14,4 kbps, 28,8 kbps, hingga 56 kbps.

Baca Juga: 7 Cara Mempercepat Koneksi Internet Saat WFH

2. Modem DSL (Digital Subscriber Line)

Jenis berikutnya yaitu modem DSL atau sering disebut juga dengan Digital Subscriber Line. Modem ini berfungsi untuk mengirim serta menerima data digital dari jaringan terdedikasi, sehingga dapat memenuhi kebutuhan akses internet. Modem ini dapat dihubungkan menggunakan kabel telepon.

Jika dibandingkan dengan modem analog, modem DSL memberikan akses internet yang yang lebih cepat. Hal ini karena modem DSL memiliki teknologi untuk menerima dan mengirim data digital.

3. Modem Kabel

Modem kabel adalah modem yang berguna untuk mengirim dan menerima data internet melalui jaringan tv kabel. Kecepatan akses internet dari modem ini setara dengan modem DSL, karena data yang diterima merupakan data digital.

4. Modem CDMA

Jenis selanjutnya yaitu modem CDMA yang memiliki teknologi CDMA atau Code Division Multiple Access. Modem ini termasuk modem dial-up wireless yang bisa dihubungkan menggunakan USB.

5. Modem GSM

Jenis selanjutnya yaitu modem GSM, yang bekerja pada saluran komunikasi handphone GSM. Modem ini memberikan layanan internet 3G. Jika Anda pengguna telepon genggam GSM, maka Anda bisa menikmati layanan internet dengan sinyal 3G.

Bagaimana, sekarang Anda sudah lebih paham tentang apa itu modem, jenis modem internet, fungsi modem internet, serta berbagai hal lain yang berkaitan dengan modem WiFi internet, bukan?

Modem adalah perangkat yang cukup penting untuk mendukung produktivitas kita sehari-hari. Jadi, jangan sampai Anda salah pilih ya. Ada baiknya, Anda simak kembali informasi di atas atau simpan informasi penting dengan cara screen shot bagian artikel ini, sebagai panduan dalam mencari modem internet yang sesuai dengan kebutuhan Anda, misalnya memilih WiFi rumah Telkomsel Orbit yang memiliki jangkauan luas dan cepat.

Telkomsel Orbit

  • 674