Kami menggunakan cookies demi memberikan layanan terbaik di website Telkomsel Orbit Selengkapnya tentang kebijakan cookies /assets/images/icon-arrow-right-light.svg
Penyebab Baterai HP Cepat Habis dan Cara Memperbaikinya

Penyebab Baterai HP Cepat Habis dan Cara Memperbaikinya

Baterai handphone (HP) yang cepat habis bisa jadi sangat menyebalkan. Jika penyebab baterai HP cepat habis itu dibiarkan, baterai bisa cepat rusak. 

Pada akhirnya, kerusakan tersebut akan merusak komponen HP lainnya. Kalau sudah seperti ini, biaya yang untuk memperbaiki HP bisa membengkak.

Oleh karena itu, kamu perlu mengetahui apa saja penyebabnya. Sehingga, kamu bisa mengatasinya dan pengalaman memakai HP kesayanganmu bisa jadi lebih baik.

Penyebab Baterai HP Boros

Penyebab Baterai HP Boros

Baterai HP cepat habis sering di charge (Pexels)

Sebenarnya, ada banyak faktor yang dapat membuat baterai HP jadi cepat terkuras habis. Namun, penyebab paling umumnya adalah tingginya intensitas penggunaan.

Hal tersebut wajar terjadi bila mengingat fungsi HP saat ini yang bisa melakukan banyak hal. Misalnya, untuk bekerja, menonton video, sampai bermain game.

Namun, baterai HP akan cepat terkuras jika kegiatan tersebut dilakukan secara berlebihan. Selain itu, ada beberapa penyebab lain yang sering tidak disadari oleh pengguna. Beberapa di antaranya yaitu:

  • HP terlalu sering dijadikan modem

HP tidak dirancang menjadi sebuah modem untuk terhubung ke internet dalam waktu lama. Meski praktis, konsumsi daya baterai akan jadi besar dan ketahanannya bisa menurun karena terlalu sering menggunakan fitur hotspot atau tethering.

  • Berada di tempat dengan sinyal lemah

HP membutuhkan daya baterai untuk terhubung ke internet dan sinyal operator yang baik. Jadi, HP akan bekerja lebih keras dan mengonsumsi lebih banyak daya baterai bila kamu berada di lokasi dengan sinyal yang lemah.

  • Aplikasi yang selalu beroperasi di latar belakang

Pengaturan aplikasi yang tidak optimal akan mengizinkan banyak aplikasi terus beroperasi di latar belakang meski tidak digunakan secara aktif. Ini dapat mengonsumsi daya baterai yang besar dan membuat baterai menjadi boros.

  • Pengaturan layar yang tidak optimal

Layar HP yang menyala akan mengonsumsi daya baterai. Semakin cerah layar, semakin besar daya baterai HP yang dipakai. Selain itu, wallpaper cerah, wallpaper bergerak, dan durasi menyala layar bisa membuat baterai HP cepat habis juga.

Baterai HP yang cepat habis juga bisa disebabkan oleh kerusakan pada baterai itu sendiri. Beberapa ciri-ciri baterai HP rusak adalah:

  • Baterai mengembang atau membengkak

Kondisi ini disebabkan oleh gas yang terperangkap di dalam baterai akibat reaksi kimia yang tidak normal dan berpotensi meledak atau merusak komponen lain.

  • Baterai panas saat di charge

Baterai HP panas saat di charge menunjukkan adanya arus pendek di dalam baterai dan bisa menurunkan daya tahan, kinerja baterai, serta membahayakan pengguna.

  • Baterai tidak bisa di charge atau terisi penuh

Kondisi ini disebabkan oleh kerusakan pada sirkuit atau sel baterai yang menghambat aliran arus listrik. Bila diabaikan, kondisi ini bisa membuat HP kamu mati total.

Ketika kamu menemukan ciri-ciri baterai HP rusak, segera ganti baterai dengan yang baru. Baterai yang rusak dapat merusak HP kamu secara permanen dan membahayakan diri kamu.

Cara Menghemat Baterai HP

Cara Menghemat Baterai HP

Menghemat baterai agar tidak sering di charge (Pexels)

Setelah mengetahui penyebab baterai HP menjadi boros, kamu bisa mencari cara memperbaiki baterai HP yang cepat habis. Dengan begitu, tidak ada lagi kejadian baterai habis di momen penting.

Berikut ini adalah beberapa cara memperbaiki baterai HP cepat habis yang bisa menghemat konsumsi baterai HP kamu:

1. Gunakan modem MiFi N1 dari Telkomsel Orbit

HP tidak dirancang untuk menjadi modem. Akan lebih bijak bila kamu menggunakan modem untuk terhubung ke internet dalam waktu lama, seperti modem Orbit MiFi N1 dari Telkomsel Orbit.

Modem Orbit MiFi N1 adalah modem Wi-Fi 4G berukuran mini dengan desain modern dan minimalis. Modem ini sudah menggunakan teknologi WiFi 4 dengan data rate 2,4Ghz dan LTE CAT4.

Kecepatan unduhnya bisa mencapai hingga 150 Mbps dan unggahnya hingga 50 Mbps. Sedangkan kecepatan rata-ratanya bisa mencapai hingga 15 Mbps.

Meski mini, Orbit MiFi N1 juga bisa terhubung ke banyak perangkat sekaligus. Jumlah perangkat yang terhubung bisa mencapai hingga 10 buah perangkat.

Selain itu, berkat baterai 2050 mAh, modem ini juga bertahan hingga 8 jam. Ketika menyala, kamu juga bisa melihat indikator seperti baterai, kekuatan sinyal, Wi-Fi, dan notifikasi di panel mini LED-nya.

Kamu bisa mendapatkan Orbit MiFi N1 dengan harga Rp599.000 di situs resmi Orbit. Modem ini juga tersedia di GraPARI Telkomsel terdekat dan di toko resmi Telkomsel di marketplace kesayanganmu. 

Sebelum membeli, pastikan untuk cek jangkauan MyOrbit juga. Dengan begitu, kamu bisa melihat apakah area hunianmu sudah terjangkau oleh jaringan Telkomsel Orbit atau belum.

Setelah melakukan aktivasi, kamu juga berhak untuk mendapatkan bonus paket data. Besarnya mencapai 15 GB untuk 60 hari ke depan.

2. Hindari menggunakan HP di tempat dengan sinyal yang buruk

Cara menghemat baterai HP berikutnya yaitu menghindari tempat yang memiliki sinyal lemah. Kalau pun memang tinggal atau harus berada di area dengan sinyal lemah, ada beberapa tip lain untuk menghemat baterai HP kamu.

Kamu bisa menggunakan operator seluler dengan sinyal paling kuat. Dengan begitu, HP tidak perlu bekerja keras mencari sinyal yang stabil.

Jika tidak berhasil, jangan menghidupkan koneksi data internet. Matikan juga layanan yang haus koneksi seperti GPS, Wi-Fi, dan Bluetooth.

Kamu juga bisa menggunakan mode pesawat untuk mematikan seluruh koneksi dan menghemat baterai. Koneksi data dan seluler bisa dihidupkan kembali setelah lokasi kamu dekat dengan tangkapan sinyal yang lebih baik.

3. Optimalkan pengaturan aplikasi yang terpasang

Pengaturan aplikasi yang optimal di HP juga bisa menjadi cara memperbaiki baterai HP cepat habis. Kamu bisa mulai dengan menghapus aplikasi yang tidak dibutuhkan.

Lalu, kamu bisa mematikan fitur auto update dari aplikasi terpasang. Fitur ini biasanya bekerja terus di latar belakang untuk mengecek dan melakukan update.

Selain itu, kamu juga bisa mematikan notifikasi dari aplikasi yang terpasang. Semakin banyak dan sering notifikasi yang  diterima, semakin cepat juga baterai HP habis.

Terakhir, cek HP secara berkala untuk membersihkan cache. Pastikan juga untuk menutup aplikasi dengan benar setelah kamu menggunakannya.

4. Optimalkan pengaturan layar

Mengoptimalkan pengaturan layar juga dapat menjadi cara menghemat baterai HP. Mengurangi kecerahan layar atau menggunakan fitur kecerahan otomatis jauh lebih baik daripada terus memakai kecerahan di atas 90%.

Selain itu, menggunakan wallpaper statis yang berwarna gelap juga dapat membantu menghemat baterai HP. 

Kamu juga perlu mengatur berapa lama layar HP menyala ketika sudah tidak digunakan. Pengaturan di 15-30 detik untuk mematikan layar adalah pilihan bagus.

Baterai HP yang cepat habis bisa sangat menyebalkan. Selain harus mengisi ulang daya lebih sering, performa HP juga bisa menurun.

Dengan mengetahui penyebab baterai HP cepat habis, kamu bisa mengambil langkah untuk mengatasinya. Sehingga, kamu bisa melewati hari dengan HP kesayangan lebih nyaman.

Jika baterai sudah terlanjur rusak, mau tidak mau kamu harus mengeluarkan uang lebih untuk menggantinya. Ganti baterai dengan yang orisinal karena baterai KW malah bisa memperburuk kondisi HP yang kamu pakai.

  • 9720