Kami menggunakan cookies demi memberikan layanan terbaik di website Telkomsel Orbit Selengkapnya tentang kebijakan cookies /assets/images/icon-arrow-right-light.svg
Mau Beli Modem Internet? Kenali Dulu Berbagai Jenisnya di Sini!

Mau Beli Modem Internet? Kenali Dulu Berbagai Jenisnya di Sini!

Seiring berkembangnya informasi dan teknologi, saat ini ada jenis-jenis modem yang bisa digunakan untuk memudahkan Anda mengakses internet. 

Fungsi dari koneksi internet adalah untuk menghubungkan jaringan komputer dan perangkat lainnya yang tersebar di seluruh dunia dengan jaringan komunikasi global, menggunakan protokol internet. Baik itu protokol internet berupa TCP, maupun IP.

Dengan cara ini, masyarakat bisa mendapatkan akses informasi yang seluas-luasnya untuk menunjang produktivitas sehari-hari. Oleh sebab itu, koneksi internet di masa ini sudah menjadi salah satu kebutuhan masyarakat.

Dua jenis modem internet berdasarkan pemasangannya

Jenis-jenis modem perlu Anda ketahui dengan baik, agar Anda bisa menggunakannya dengan tepat dan dapat memilih jenis modem yang dibutuhkan. Nah, jenis-jenis modem WiFi yang pertama, dapat dibedakan berdasarkan cara pemasangannya.

Ada dua jenis modem yang perlu Anda ketahui, yaitu modem yang bisa dipasang di dalam komputer atau laptop dan modem yang dapat dipasang di bagian luar perangkatnya.

Apa saja perbedaan dari keduanya? Yuk, simak ulasannya berikut ini.

1. Modem eksternal

Modem eksternal merupakan salah satu jenis modem yang cukup populer dan banyak digunakan oleh masyarakat. Modem yang satu ini memiliki bentuk atau tampilan yang berbeda-beda.

Sebagian orang bahkan tidak bisa membedakan antara modem dan USB, lho. Ini karena sebagian besar modem memiliki bentuk yang hampir sama dengan USB atau berbentuk ponsel pintar dalam ukuran kecil.

Anda bisa memilih berbagai jenis jaringan modem eksternal sesuai dengan kebutuhan. Beberapa jaringan modem eksternal yang tersedia di pasaran dapat menggunakan jaringan internet 3G sampai dengan jaringan 5G.

Cara penggunaan modem eksternal yang baik dan benar, yaitu dengan memasangkan kartu SIM yang telah terisi paket data ke dalam modem. Setelah itu, letakkan modem eksternal di bagian luar laptop atau CPU komputer Anda.

Kelebihan modem eksternal terletak pada ukurannya yang kecil dan juga koneksi internetnya. Anda dapat dengan mudah membawa modem eksternal ke mana saja untuk mendapatkan koneksi internet yang relatif stabil.

2. Modem internal

Jenis-jenis modem yang termasuk modem internal biasanya diletakkan dalam CPU komputer dan memiliki bentuk yang menyerupai card.

Ada beberapa kelebihan dan keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan menggunakan jenis modem yang satu ini. Keuntungan utama jika Anda menggunakan modem internal, yaitu Anda bisa mudah memasangnya di CPU dan bisa mendapatkannya dengan harga yang terjangkau, bahkan relatif murah.

Dua jenis modem internet berdasarkan jaringan modemnya

Setelah mengetahui dua jenis modem sesuai cara pemasangannya, Anda juga perlu mengetahui jenis-jenis modem sesuai dengan jaringannya. Ada dua jenis modem berdasarkan dengan jenis jaringannya, yaitu modem dengan kabel dan tanpa kabel (wireless).

1. Modem dengan kabel

Sesuai dengan namanya, modem yang satu ini membutuhkan sambungan kabel untuk digunakan dalam mengakses internet. 

Jenis kabel yang digunakan oleh modem ini memiliki bentuk yang serupa dengan jaringan kabel yang ada pada telepon. Kekuatan kabel yang digunakan oleh modem ini memiliki bandwith yang kuat. Bahkan, jaringan dan akses internet yang dihasilkan juga cepat.

Besar dan kecepatan akses internet oleh modem dengan kabel, bisa mencapai 38 Mbits/s untuk downstream dan kecepatan akses sebesar 1 Mbits/s untuk upstream.

Untuk bisa memanfaatkan modem internal dengan tepat, Anda perlu memasang kartu ethernet terlebih dahulu pada perangkat komputer yang akan digunakan.

2. Modem tanpa kabel (wireless)

Selanjutnya adalah modem tanpa kabel atau seringkali dikenal sebagai wireless modem, yang biasanya ditawarkan oleh provider internet tanpa kabel di Indonesia. 

Modem jenis ini juga sudah banyak digunakan oleh masyarakat, karena mudah dibawa ke mana saja. Anda bisa memilih jaringan internet sesuai kebutuhan dan keinginan, karena jenis modem ini tersedia di jaringan 3G sampai dengan 4G.

Namun, Anda perlu memastikan cuaca sedang bagus untuk bisa mengakses internet dengan lancar, menggunakan modem tanpa kabel.

Empat jenis modem internet sesuai dengan koneksinya

Seiring berjalannya waktu, jenis-jenis modem juga mengalami perkembangan dari segi koneksinya. 

Berikut ini adalah beberapa jenis modem berdasarkan jenis koneksi yang digunakan dan wajib Anda ketahui.

1. Modem CDMA

Jenis-jenis modem yang pertama adalah modem CDMA, yang menggunakan kartu SIM CDMA di dalamnya untuk mengakses jaringan internet. 

Jaringan yang bisa digunakan oleh jenis modem yang satu ini adalah jaringan generasi ketiga yang ada pada jalur CDMA. Kecepatan dalam mengakses internet oleh modem CDMA biasanya lebih lambat jika Anda bandingkan dengan GSM 3G. Namun, kecepatan modem ini bisa memiliki kecepatan hingga tiga kali lipat lebih tinggi daripada koneksi modem Dial-Up.

Kemudian, kelebihan dari modem yang satu ini terletak pada proteksi khusus yang dimilikinya. Sehingga, kemungkinan untuk disadap juga lebih kecil karena proteksi yang ada. Hal tersebut menjadi daya tarik tersendiri untuk masyarakat yang menggunakannya.

Selain itu, kelebihan yang dimiliki modem CDMA terletak pada pemisahan jalur seluler dan koneksi datanya. Sehingga, koneksi internet yang dihasilkan lebih stabil dan tidak mengganggu performa antara seluler dan jalur koneksi data. Namun, beberapa waktu belakangan ini, modem CDMA sudah tidak digunakan lagi di Indonesia karena hilangnya jaringan CDMA.

2. Modem GSM

Jenis selanjutnya adalah modem GSM yang mendukung jaringan internet tipe 3G HSDPA. Bentuk modem yang satu ini menyerupai stick USB, yang kemudian disambungkan ke port USB komputer.

Harga modem ini juga cukup terjangkau, mulai dari kisaran harga Rp 60.000,00 sampai dengan Rp 100.000,00.

3. Modem 4G LTE

Jenis-jenis modem selanjutnya yang juga perlu Anda ketahui adalah modem 4G LTE. Sesuai dengan namanya, modem yang satu ini mendukung jaringan 4G LTE.

Banyak masyarakat yang menggunakan jenis modem ini, karena semakin meluasnya jaringan 4G LTE di berbagai penjuru Indonesia.

Modem 4G LTE juga memiliki banyak jenis perangkat yang ditawarkan dalam bentuk MiFi.

Baca Juga: Modem Orbit Vs MiFi Biasa, Apa Bedanya?

Selain itu, modem ini juga bisa dibawa ke mana saja karena termasuk jenis modem tanpa kabel. 

Cara pemanfaatan dayanya juga cukup menarik, karena menggunakan baterai dan bisa dilakukan pengisian ulang saat dayanya hampir habis.

Selain berbentuk MiFi, modem 4G LTE juga ada yang tersedia dalam bentuk USB. Jenis modem 4G LTE dalam bentuk ini biasanya memiliki harga yang relatif lebih murah dan terjangkau.

4. Modem 5G

Terakhir, jenis-jenis modem yang perlu Anda ketahui adalah modem 5G. Modem jenis ini merupakan modem terbaru yang hadir sejak tahun 2021, saat jaringan 5G mulai tersedia di Indonesia.

Bagaimana, sekarang Anda sudah paham bahwa ada banyak jenis-jenis modem internet yang tersedia di pasaran. Pastikan Anda pilih jenis modem yang sesuai dengan kebutuhan kriteria ya, agar Anda bisa memanfaatkannya dengan maksimal.

Telkomsel Orbit

  • 133