Kami menggunakan cookies demi memberikan layanan terbaik di website Telkomsel Orbit Selengkapnya tentang kebijakan cookies /assets/images/icon-arrow-right-light.svg
Panduan Singkat Cara Mengganti Background Zoom di PC dan HP

Panduan Singkat Cara Mengganti Background Zoom di PC dan HP

Jika dulu meeting harus bertatap muka, kini bisa secara virtual melalui aplikasi Zoom. Nah, untuk menjaga privasi, kamu bisa mengikuti panduan cara mengganti background Zoom ini.

Mengapa background perlu diganti? Pertama, untuk alasan estetika atau membuat tampilan lebih menarik. Kedua, adalah menjaga privasi ketika melakukan zoom meeting dari rumah. 

Lalu, bagaimana caranya mengganti background Zoom baik di PC maupun ponsel? Cukup mudah, kamu hanya perlu mengikuti beberapa langkah berikut. 

Cara mengganti background Zoom dengan mudah dan praktis 

Aplikasi Zoom menjadi pilihan bagi banyak orang yang ingin mengadakan pertemuan virtual atau online. Baik dalam rangka rapat, seminar, atau bahkan proses belajar-mengajar.  Dengan semakin banyaknya pengguna, tidak heran jika lantas Zoom meluncurkan fitur baru untuk menambah kenyamanan pengguna, yakni virtual background.

Ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan ketika ingin menggunakan gambar atau video sebagai background Zoom. Dimensi gambar untuk latar belakang tidak ada ketentuan khusus. Semisal pengaturan pada kameramu adalah 16:9, maka gambar dengan resolusi 1280x720 atau 1920x1080 piksel sudah cocok. Sementara jika kamu tidak memahami tentang pengaturan kamera, maka agar lebih aman bisa menggunakan gambar berukuran 1280x720 piksel saja. 

Berbeda dengan produk background gambar yang tidak ada aturan khusus tentang ukurannya, pada video background disarankan menggunakan format MOV atau MP4 dengan ukuran minimal 480x360 pixel dan maksimal 1920x1080 pixel.

Setelah memahami soal ukuran serta resolusi yang dibutuhkan, sekarang saatnya kamu mempelajari bagaimana cara mengganti background Zoom. 

Dengan mengikuti langkah-langkah di bawah, tidak akan ada pertanyaan lagi kenapa kamu tidak bisa mengganti background Zoom di PC atau smartphone-mu. 

A. Mengganti background Zoom melalui HP/smartphone 

Supaya bisa mengganti background Zoom pada smartphone, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut, 

  1. Pertama, pastikan bahwa aplikasi Zoom sudah terpasang dengan baik di smartphone. 
  2. Ikuti/bergabung ke dalam meeting, seminar, ataupun kelas dengan menggunakan tautan Zoom yang diberikan oleh penyelenggara.
  3. Setelah berhasil bergabung, kamu bisa klik menu "More" yang terletak di bawah ikon bergambar tiga buah titik. 
  4. Jika kamu pengguna Android smartphone, maka silakan pilih menu "Virtual Background". Sementara bagi pengguna iOS, bisa klik menu "Background and Filters".
  5. Klik pada gambar yang akan kamu gunakan sebagai background. Apabila ingin menambahkan gambar baru selain yang disediakan oleh Zoom, kamu bisa kliki tombol plus(+).
  6. Klik menu ‘Close’ untuk kembali ke dalam forum. Pada saat itu, kamu sudah bisa melihat akunmu ditampilkan dengan background terbaru.

Sangat mudah bukan?

Nah, meski begitu, terkadang masih sering terjadi kegagalan bagi sebagian pengguna aplikasi Zoom pada perangkat mobile. 

Kenapa? Kenapa sebagian orang masih tidak bisa mengganti background Zoom di smartphone-nya? Salah satu penyebab utamanya adalah perangkat yang tidak kompatibel. 

Adapun spesifikasi perangkat mobile yang mumpuni dan mendukung fitur virtual background di aplikasi Zoom adalah: 

  • Menggunakan OS Android 8.0.
  • Kapasitas RAM antara 3-4 GB.
  • Processor 8 core.
  • Koneksi internet 3G/4G.

Apabila dengan menggunakan spesifikasi tersebut, serta sudah melakukan semua langkah, tetapi background tetap tidak berubah, kamu perlu memeriksa kembali jaringan internetmu, apakah stabil atau tidak. Hangan lupa cek kembali aplikasi Zoom di perangkatmu perlu di-update atau tidak. 

B. Mengganti background Zoom melalui PC/laptop 

Pada dasarnya, cara mengganti background Zoom di PC tidak jauh berbeda dengan menggunakan smartphone. Ikuti langkah-langkah berikut untuk mengganti background Zoom melalui laptop, ya!

  1. Buka aplikasi Zoom di PC-mu melalui shortcut atau mesin pencari.
  2. Untuk mengganti background, kamu perlu melakukannya sebelum meeting atau sebelum bergabung ke dalam suatu room. Jadi, kamu harus login terlebih dahulu.
  3. Selanjutnya, setelah login berhasil, ketuk foto profilmu dan lanjutkan dengan memilih ikon roda bergerigi atau menu pengaturan. 
  4. Jika menu pengaturan sudah terbuka, klik "Background and filters", kemudian lanjutkan dengan memilih menu "Virtual Background".
  5. Sekarang kamu sudah bisa memilih image yang diinginkan sebagai latar belakang. Ada beberapa image yang disediakan oleh Zoom, seperti pantai, Golden Gate, dan juga pemandangan di luar angkasa.
  6. Kalau kamu tidak ingin menggunakan image yang disediakan Zoom, klik ikon plus(+) untuk menambahkan file foto atau gambar dari galeri pribadi.
  7. Selain itu, kamu juga bisa memilih menu "i have a green screen" untuk rekayasa visual yang lebih menarik lagi. 

Fungsi fitur green screen sendiri adalah untuk memaksimalkan hasil tampilan background yang sudah dikustomisasi agar tampak natural dan tidak pecah-pecah. Jika tidak ada pun bukan masalah. Namun pastikan selalu pencahayaan di sekitar tempat kamu melakukan meeting virtual. Minimalkan juga gerakan-gerakan tubuh yang tidak penting agar algoritma virtual background tidak bingung dan membuat tubuhmu tampak terpotong-potong.

Selain itu, jika menggunakan fitur green screen, hindari menggunakan pakaian berwarna hijau agar hasil virtual background tidak pecah. Akan lebih baik jika pakaianmu terlihat kontras dengan latar belakang yang kamu pilih.

Baca juga: 8 Tips agar Produktif dan Efektif saat Bekerja dari Rumah

Jika mengalami kendala di saat mengganti background, tetap tenang. Periksa setiap kemungkinan yang mungkin menjadi penyebab background gagal tergantiMisalnya, apakah aplikasi Zoom yang terpasang sudah ter-update atau koneksi internet yang kamu gunakan.

Nah, agar tidak ada masalah dengan jaringan dan koneksi internet kamu di rumah, selalu gunakan Telkomsel Orbit — WiFi portabel yang praktis dan bisa menjamin layanan internet di rumahmu selalu stabil. 

Selamat mencoba!

Telkomsel Orbit

  • 31