Kami menggunakan cookies demi memberikan layanan terbaik di website Telkomsel Orbit Selengkapnya tentang kebijakan cookies /assets/images/icon-arrow-right-light.svg
Ini Dia Kelebihan dan Kekurangan Kabel Fiber Optik

Ini Dia Kelebihan dan Kekurangan Kabel Fiber Optik

Dalam dunia komputer, Anda mungkin sudah sering mendengar tentang jenis kabel fiber optik. Kabel ini menjadi salah satu komponen penting yang mendukung jaringan komputer. Jika Anda sedang mempelajari tentang ilmu komputer khususnya mengenai jaringan, sebaiknya Anda memahami lebih dalam tentang jenis kabel fiber optik.

Apa itu kabel fiber optik?

Fiber optik adalah kabel yang berguna untuk menghubungkan komputer satu dengan lainnya sekaligus menyalurkan data. Selain jenis kabel fiber optik, dalam instalasi jaringan komputer juga terdapat tipe kabel lain seperti twisted dan kabel coaxial.

Sebelum kabel fiber optik populer, dua jenis kabel tersebut adalah yang paling banyak digunakan. Namun sekarang, penggunaan kabel fiber optik justru lebih banyak karena memiliki kelebihan dibanding jenis kabel coaxial dan twisted.

Salah satu kelebihan dari kabel fiber optik adalah kemampuannya dalam mentransfer data yang lebih optimal. Bisa dikatakan jika kabel fiber optik menjadi inovasi terbaru yang yang memiliki efektivitas lebih tinggi.

Pada akhirnya, semakin banyak orang yang memilih untuk menggunakan kabel fiber optik sebagai kabel jaringan komputer mereka.

Pengertian fiber optik

Orang awam, sering kali menganggap bahwa semua kabel mempunyai fungsi yang sama, yaitu menghantarkan arus listrik. Padahal kabel fiber optik ini memiliki fungsi yang berbeda. Kabel fiber optik adalah jenis kabel yang berfungsi untuk mengalirkan dan mengubah listrik menjadi cahaya sehingga antar komputer bisa saling terhubung.

Perbedaan kabel fiber optik dengan kabel biasa adalah pada material dan fungsinya. Kabel fiber optik terbuat dari plastik dan serat kaca. Sedangkan untuk kabel biasa, material yang sering digunakan adalah tembaga. Pada jenis kabel ini, Anda akan menemukan dua mode transmisi yaitu single mode dan juga multimode.

Single mode berarti kabel memanfaatkan sinar laser untuk media transmisi. Sedangkan jenis multimode adalah menggunakan media LED untuk transmisinya.

Jenis kabel fiber optik ini biasanya banyak dipakai untuk jaringan komputer kelas menengah atau bahkan kelas atas.

Fungsi fiber optik

Secara umum, fungsi kabel fiber optik tidak jauh berbeda dengan kabel lainnya. Dengan kabel ini, komputer satu bisa terhubung dengan komputer lainnya. Perbedaan paling mencolok dari jenis kabel fiber optik ini adalah pada kecepatan akses serta kemampuan transfer data. Jenis kabel fiber optik memiliki tingkat kecepatan akses dan kemampuan transfer data yang tinggi. Kabel ini bisa mengirimkan hingga kisaran gigabyte hanya dalam waktu 1 detik.

Kelebihan lainnya adalah tetap stabil selama proses transfer data karena tidak terpengaruh jika terjadi gangguan elektromagnetik. Sekarang, Anda sudah mengetahui kelebihan dari penggunaan kabel fiber optik. Kelebihan tersebut tentu saja membuat jenis kabel ini memiliki harga yang mahal.

Kebanyakan masyarakat biasa tidak menggunakan kabel ini karena harganya. Itu sebabnya, kabel fiber optik lebih sering dipakai di perusahaan besar atau operator telekomunikasi. Selain itu, perusahaan penyedia layanan WiFi juga sudah banyak yang menggunakan kabel fiber optik agar bisa menyediakan koneksi yang stabil dan cepat.

Kelebihan dan kekurangan fiber optik

Di awal tadi sudah di sebutkan beberapa kelebihan dari fiber optik. Namun agar lebih jelasnya, berikut ini adalah beberapa kelebihan dan kekurangan dari kabel fiber optik yang perlu untuk Anda ketahui.

Kelebihan fiber optik

Kabel fiber optik memiliki kelebihan mampu mengirimkan data dengan cepat dan stabil. Selain itu ada banyak kelebihan lain di antaranya:

1. Untuk transmisi jarak jauh

Dengan menggunakan kabel jenis ini, Anda bisa mengirim data dengan jarak yang sangat jauh tanpa perlu merasa khawatir.

2. Kapasitas sangat besar

Kelebihan selanjutnya yaitu sangat efektif untuk mengirim data berukuran besar hingga kisaran giga byte per 1 detik. Hal ini membuat banyak perusahaan besar yang menggunakan jenis kabel ini untuk jaringan komputer dan telepon.

3. Ukuran ramping

Hal menarik lain dari kabel fiber optik ini adalah meskipun memiliki banyak kelebihan tapi ukurannya lebih kecil atau ramping. Hal ini dikarenakan bahan yang digunakan untuk membuat kabel adalah serat kaca dan plastik halus.

Ukuran kabel yang ramping membuat penggunanya bisa menghemat lebih banyak ruang.

4. Terbebas dari gangguan sinyal elektromagnetik

Perlu Anda tahu juga bahwa kabel fiber optik tidak memakai arus listrik. Jadi, kabel ini tidak akan terpengaruh ketika ada gangguan elektromagnetik. Selain itu, kabel ini juga memiliki ketahanan tinggi. Sehingga tak heran jika kabel fiber optik banyak dipakai oleh perusahaan besar.

5. Minim risiko kehilangan data

Kestabilan dan kecepatan akses dari kabel ini memang tidak perlu diragukan lagi. Meskipun memiliki kecepatan akses tinggi, kabel ini mampu meminimalisir risiko kehilangan data.

Pengguna kabel ini jadi tidak perlu terlalu khawatir mengenai validitas data yang ditransfer.

6. Terhindar dari konsleting listrik

Banyak orang memilih kabel ini karena tidak menggunakan arus listrik sehingga terhindar dari konsleting. Jadi, tingkat keamanan kabel ini sangat terjamin.

Kekurangan kabel fiber optik

Selain sekian banyak kelebihan yang telah disebutkan tadi, tentu saja ada kekurangan yang juga dimiliki oleh kabel fiber optik.

Kekurangan pertama yang sangat jelas adalah harganya cukup mahal meskipun sebetulnya hal ini sangatlah wajar. Material serta cara pemasangan kabel inilah yang membuat harga fiber optik lebih mahal dibandingkan jenis lainnya.

Untuk pemakaian pribadi, harga kabel fiber optik mungkin terasa kurang ramah di kantong. Sehingga, kebanyakan pengguna jenis kabel ini adalah perusahaan besar dan juga para penyedia jasa komunikasi.

Kekurangan lainnya adalah penempatan kabel tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Supaya gelombang tidak terhambat, kabel sebaiknya dipasang di jalur yang yang memiliki sudut lengkung.

Baca Juga: Perbedaan Internet Fiber Optik dengan Home Wireless Telkomsel Orbit

Cara kerja fiber optik

Setelah Anda memahami banyak kelebihan dari fiber optik, selanjutnya Anda juga perlu tahu bagaimana cara kerja kabel ini. Kabel fiber optik bukanlah perantara listrik, melainkan pengantar cahaya. Listrik yang dikirim diubah menjadi sinyal cahaya sehingga bisa menghubungkan komputer dengan jaringan komputer berskala besar. Kabel ini bisa dipasang di tempat-tempat yang seringkali bermasalah, terutama karena adanya gangguan elektromagnetik.

Berbeda dengan jenis kabel lain, kabel fiber optik tidak akan bermasalah meskipun memiliki ukuran yang sangat panjang. Material yang digunakan untuk membuat jenis kabel fiber optik merupakan bahan berkualitas tinggi yang efektif untuk mengirim data dalam jarak sangat jauh. Oleh karenanya, Anda tidak perlu merasa khawatir akan menemukan masalah ketika mengirim data secara terus menerus.

Cara kerja dari kabel fiber optik sendiri adalah dengan menggunakan cermin yang bisa menghasilkan refleksi total pada bagian internal atau pada bagian serat kaca.

Apabila Anda ingin membuat instalasi jaringan, jenis kabel fiber optik ini sangat direkomendasikan karena ada banyak kelebihan yang bisa dinikmati. Akan tetapi, Anda juga harus bersiap dengan harganya yang cukup tinggi.

Setelah memahami tentang jenis kabel fiber optik mulai dari kelebihan hingga cara kerjanya, sekarang Anda sudah bisa memperkirakan Apakah ingin menggunakan jenis kabel ini atau tidak. Anda juga bisa mempelajari lebih lanjut tentang berbagai jaringan termasuk internet rumah tanpa kabel. Semoga ulasan ini bermanfaat.

Telkomsel Orbit

  • 187