Kami menggunakan cookies demi memberikan layanan terbaik di website Telkomsel Orbit Selengkapnya tentang kebijakan cookies /assets/images/icon-arrow-right-light.svg
Pergi Liburan, Pastikan Sistem Keamanan Rumah Selalu Aktif

Pergi Liburan, Pastikan Sistem Keamanan Rumah Selalu Aktif

Libur akhir tahun akan segera tiba, kamu dan keluarga pasti sudah merencanakan untuk berlibur ke luar kota. Ada hal yang perlu diperhatikan ketika kamu memutuskan berlibur di luar kota. Rumah yang ditinggal sendirian memang tidak akan lari, namun risiko kemasukan maling tentu ada terlebih lingkungan yang sepi akibat banyak warga yang berlibur. Oleh karena itu kamu harus meningkatkan sistem keamanan rumah. Berikut ada beberapa alat yang bisa meningkatkan keamanan rumah Anda kala sedang berlibur!

 

  1. Teralis Pengaman

Sistem keamanan rumah yang paling utama terletak pada teralis pengaman. Alat ini cukup sederhana, kamu bisa memasang teralis ini pada bagian pintu masuk, jendela dan atap yang terbuka. Fungsi teralis sangat beragam, kamu dapat melindungi rumah dari pencurian yang kerap terjadi saat liburan akhir tahun. Selain itu keamanan penghuni rumah dari perampokan terjamin. 

Kamu harus memastikan panel pembuka teralis dapat digunakan untuk berjalan dalam kondisi darurat. Teralis terbuat dari bahan stainless steel, besi, mild steel maupun aluminium. Pilih jenis material teralis sesuai dengan kebutuhan rumah. 

 

  1. SimpliSafe

Tahukah kamu? Saat ini sudah hadir alat canggih yang dapat menjaga rumah dari berbagai risiko buruk seperti perampokan. Alat yang disebut SimpliSafe ini telah menjadi favorit setiap orang di luar negeri. Sistem SimpliSafe terdiri dari berbagai konfigurasi yang beda-beda, mulai dari Rp 3,3 juta dengan sistem The Foundation, lengkap dengan sensor pintu, hun, keypad dan sensor gerak. 

 

Ada pula SimpliSafe dengan harga Rp 7 jutaan dengan sistem The Haven di mana fiturnya lengkap sesuai dengan keperluan kamu untuk mengamankan rumah. SimpliSafe juga memiliki detektor asap yang mencegah terjadinya kebakaran rumah selama libur akhir tahun. Sensor gerak juga membuat alat ini menjadi lebih berguna disertai dengan sensor jendela, pintu, kunci utama dan ada berbagai fitur lainnya. 

 

  1. CCTV

Pengaman rumah menggunakan CCTV memang sudah tampak biasa saja, namun tidak ada salahnya jika kamu menggunakannya untuk berjaga-jaga. Pilihlah CCTV sesuai dengan budget yang kamu miliki, tapi pastikan pula fitur bawaannya bagus sehingga dapat membantu rumah kamu lebih aman ketika ditinggal berlibur. 

Pilih CCTV dengan resolusi kamera standar sehingga hasil rekamannya tidak terlalu buram. Selain itu perhatikan pula chipset perangkat bawaan hingga fitur tambahan seperti koneksi wifi dan akses perangkat seluler. Letakkan CCTV di tempat yang tidak terlihat oleh banyak orang. Posisi CCTV memang harus diperhatikan mengingat para maling sekarang sudah cukup cerdas untuk merusak CCTV. 

 

Kini kamu juga dapat menggunakan fake CCTV untuk mengelabui para maling yang berniat masuk ke rumahmu. Kamu tidak perlu mengeluarkan biaya yang mahal untuk membeli fake CCTV karena harganya pasti lebih murah dibandingkan CCTV asli. Meskipun alat ini tidak mampu menampilkan gambar seperti CCTV asli, tapi cukup membantu membuat para maling khawatir. Harga fake CCTV berkisar antara Rp 50.000 hingga Rp 70.000.

 

  1. Gembok Alarm

Sistem keamanan rumah yang bisa kamu gunakan selanjutnya adalah gembok alarm. Jenis alarm ini sangat membantu menjaga rumah kamu dari jangkauan maling selama liburan akhir tahun. Kamu dapat memasangnya pada pintu atau tempat yang dibutuhkan lainnya. Gembok ini akan bekerja ketika mendeteksi tindakan atau gerakan yang mencurigakan pada bagian gemboknya.

 

Jika sudah seperti itu maka gembok akan mengeluarkan suara yang berupa bunyi-bunyian dalam volume sangat keras sehingga membuat orang mendengarnya. Baterai yang digunakan oleh gembok alarm ini cukup besar sehingga tidak heran jika suara yang dihasilkan juga tidak kalah besar. 

 

Baterai gembok alarm dapat bertahan paling singkat selama 2 tahunan. Apabila baterai harus diganti maka kamu tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar. Jadi, apakah kamu sudah siap untuk menggunakan gembok alarm sebagai solusi keamanan rumah ketika berlibur di akhir tahun? 

 

  1. Pistol Petasan, Rantai dan Lonceng Sapi

Kamu bingung mau menggunakan peralatan keamanan yang sesuai ketika berlibur akhir tahun? Jangan khawatir, kamu dapat menggunakan pistol petasan yang digunakan untuk menakuti maling. Hal ini bisa digunakan apabila kamu meninggalkan asisten rumah tangga di rumah, bekali asistenmu dengan pistol petasan untuk menakuti maling yang berusaha masuk ke dalam rumah. 

 

Kemudian rantai digunakan untuk mengunci pagar atau barang penting lainnya agar tidak mudah dibuka oleh maling. Kamu dapat menambahkan gembok alarm pada rantai tersebut supaya keamanan lebih maksimal. Lonceng sapi adalah jenis sistem keamanan yang dapat kamu letakkan di depan pintu rumah agar ketahuan apabila ada seseorang yang memasuki rumah Anda. 

 

  1. Sidik Jari Biometrik

Sidik jari biometrik biasanya digunakan untuk meningkatkan keamanan toko maupun rumah. Alat ini akan merekam sidik jari pemilik rumah untuk menghindari orang asing memasuki rumah. Negara Korea Selatan sudah banyak menggunakan alat ini untuk antisipasi maling atau orang asing masuk ke dalam rumahnya. 

Sidik jari biometrik dapat disambungkan dengan perangkat pintar yang ada di rumah seperti AC, CCTV dan speaker. Ketika kamu meninggalkan rumah, kamu dapat menggunakan sidik jari biometrik ini untuk mengunci pintu, menyalakan kamera CCTV, menyalakan dan mematikan lampu. 

 

Bagaimana? Sistem keamanan rumah mana yang akan kamu gunakan untuk meningkatkan keamanan selama liburan akhir tahun ini? Pastikan kamu memilih yang tepat sehingga rumah kamu aman sampai kamu kembali dari liburan. Selain itu jika menggunakan CCTV atau perangkat keamanan lain yang berbasis online, pastikan kamu menggunakan home internet yang selalu bisa diandalkan seperti Telkomsel Orbit yang memiliki jaringan The Real 4G LTE Telkomsel. Dengan begitu, semua perangkat pun dapat berfungsi dengan optimal.

Telkomsel Orbit

  • 325