Kami menggunakan cookies demi memberikan layanan terbaik di website Telkomsel Orbit Selengkapnya tentang kebijakan cookies /assets/images/icon-arrow-right-light.svg
sejarah internet

Sejarah Lengkap Internet, Mulai dari Penemuan Telegraf hingga Website

Sejarah internet berawal pada sebuah jaringan komputer yang dibuat oleh ARPA (Advanced Research Projects Agency) di tahun 1969. ARPA didirikan oleh Amerika Serikat yang merupakan badan penelitian yang ada di Departemen Pertahanan Amerika Serikat.

Namun sebenarnya sebelum itu, ada penemuan telegraf yang juga disebut sebagai awal mula sebelum dikenal sebagai internet. Info yang menarik bukan?

Selama ini kita sering menggunakan aplikasi seperti Facebook, WhatsApp, dan sebagainya. Tapi tahukah Anda, jika penggunaan media sosial merupakan bagian dari sejarah internet, mulai dari penemuannya hingga perkembangannya sampai saat ini.

Lalu apa itu internet? 

Bukan sembarang pertanyaan yang aneh melainkan sangat berbobot. Anda mungkin belum menyadarinya bagaimana sejarah internet hingga bisa kita nikmati saat ini. 

Mengapa sangat berguna bagi kehidupan dunia maya manusia dan bagaimana internet bisa terbentuk? 

Internet sebagai Inti Dunia Maya

Dunia kita memang sudah berubah akhir-akhir ini, bahkan sejak ditemukannya internet beberapa dasawarsa terakhir menjadikan kehidupan manusia serba bergantung kepada teknologi. 

Dari teknologi tersebut akhirnya terbentuklah sebuah dunia maya dalam genggaman kita yakni smartphone. Seolah terdapat 2 dunia dalam keseharian yakni dunia nyata dan dunia maya.

Terlepas dari peran dan sejarah internet, dunia maya semakin berkembang secara lebih kompleks dengan unsur pembentuk yang lain. 

Walaupun begitu, semua orang terhubung dengan kata “internet” dalam pengaplikasiannya.

Lalu apakah internet juga bisa dikatakan sebagai inti dari dunia maya atau hanya sebagai unsur pembentuknya? 

 

Sejarah Internet: Mulai dari Penemuan hingga Inovasinya

1. Penemuan Telegraf

Kapan pertama kali internet diciptakan? Jauh sebelum munculnya kata “internet”.

Sebagai bagian dari awal mula sejarah internet, manusia lebih dulu menemukan sebuah penemuan komunikasi berupa telegraf.

Yakni sebuah alat kecil yang bertugas untuk mengirimkan pesan melalui sebuah impuls listrik yang dikodekan sebelumnya. 

Ditemukan oleh Samuel Morse pada tanggal 6 Januari 1838 atau sekitar 184 tahun lalu. Waktu itu beliau mendemonstrasikan temuannya di Speedwell iron works, Moriston, New jersey. 

Sang penemu yakni Morse, mencoba membuat sebuah terobosan terbaru dalam teknologi kala itu. Penemuannya akan telegraf menjadi kejutan bagi masyarakat sejak 3 dekade terakhir dalam paruh awal abad ke-19. 

Morse membuktikan dengan mengirimkan sebuah pesan yang ia kirim melalui sebuah kabel listrik. Lalu pada server lain akan menerima sebuah pesan yang sudah tertulis karena ulah impuls listrik yang ada dalam telegraf. 

Sehingga bisa dikatakan alat ini membutuhkan listrik dalam penggunaanya. Pada dekade ketiga abad 20, penggunaan telegraf sudah sangat populer baik untuk kegiatan sehari-hari maupun divisi perang yang sedang terjadi. 

Melalui alat komunikasi tersebut, pengiriman informasi menjadi semakin cepat dan efektif.

 

2. Awal Sebuah Inovasi

Pada awal tahun 1957, terjadi perselisihan antara Amerika dan Rusia. Kedua negara itu saling perang teknologi untuk memenuhi kepentingan negaranya masing-masing. 

Pada waktu itu Rusia berhasil membuat wahana luar angkasa yang membuktikan bahwa Rusia lebih maju daripada Amerika Serikat. 

Pihak Amerika yang tidak ingin kalah dengan Rusia akhirnya membuat sebuah terobosan dengan komputer mereka. Yakni dengan mengembangkan sistem yang terdapat antara dua komputer berbeda agar bisa saling berinteraksi.

Setahun kemudian setelah kesuksesan Rusia dalam mendirikan wahana luar angkasa, Amerika mendirikan sebuah badan peneliti bernama ARPA (Advance Research Projects Agency). 
Tugas ARPA adalah untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi kala itu dengan cara meneliti secara lebih dalam tentang komputer. 

Pada tahun 1962, J.C.R. Licklider menulis visi bahwa komputer akan segera berinteraksi satu sama lain dalam sebuah sistem. 

Selain itu pada tahun ini RAND Corporation juga mulai mengimplementasikan ide Licklider ke dunia nyata dengan melakukan penelitian lebih lanjut.

 

3. Hoster Internet Pertama

Tiga tahun setelah itu, kata hypertext mulai banyak digunakan setelah dipopulerkan oleh Ted Nelson. 

Selain itu, dari tahun ke tahun dan banyaknya penelitian yang dilakukan oleh tim ARPA serta RAND Corporation, penemuan internet menjadi semakin nyata.

Buktinya di tahun 1969 telah terpasang 4 buah hoster di masing wilayah Amerika yakni di Stanford Research Institute, University of California, Los Angeles, University of California, Santa Barbara, dan University of Utah. 

Pembentukan hoster tersebut tidak terlepas dari penemuan tymnet setahun sebelumnya. Setelah dinyatakan berhasil di tahun itu. 
Pada tahun 1971 anggota jaringan ARPA mulai bertambah menjadi 23 Node yang saat itu terdiri dari komputer riset Amerika maupun komputer milih universitas disana. 

 

4. Mulai Merebaknya Internet

Setahun setelah penambahan jaringan pada ARPA, Amerika lagi-lagi membentuk sebuah tim penyelenggara yang ingin mengimplementasikan internet di dunia nyata. 

Tim tersebut bernama International Network Working Group atau disebut juga INWG. 

Badan ini dibentuk untuk lebih mengembangkan temuan jaringan internet yang sudah beredar dan mulai menetapkan standar jaringan yang dibutuhkan termasuk juga untuk internet. 
Dalam organisasi ini, Vint Cerf dikenal sebagai bapak internet karena telah memberikan gagasannya.

Pada tahun 1973 sampai 1974, banyak para perusahaan yang ikut menggabungkan diri dengan ARPA. Seperti Lexis, New York data bank dan sebagainya yang juga termasuk perusahaan komersial.

Tak lama setelah itu ARPA mulai keluar dari lingkup Amerika dan menarik Inggris dalam penemuan ini. Salah satunya ialah Universitas Inggris dan juga Royal radar bagian negara Norwegia. 

Tercatat pada tahun 1979, kurang lebih sekitar 111 komputer telah terhubung dengan ARPA. TCP internet yang telah dipopulerkan oleh Vint Cerf, waktu itu terbagi menjadi dua yakni Transmission control protocol (TCP) dan Internet Protocol (IP). 

Pada tahun 1980 kurang lebih sekitar 213 Host telah terhubung ke ARPA dan nama “internet” sangat populer kala itu. Dua tahun kemudian jumlah host menjadi 1000 host yang sudah menggabungkan diri. 

Pada awal tahun 1986, mulai diperkenalkan nama domain yang diperlukan untuk mengatur host masing-masing dalam sebuah komputer sehingga akan berbeda dari yang lain. 
Mulai tahun itu, internet menjadi semakin pesat dan akhirnya meluas hingga ke beberapa negara. Sekarang sudah tahukan dari manakah jaringan internet berasal? 

 

5. Internet sebagai Poros Dunia Millenial

Sejak tahun 1986 yang merupakan munculnya domain pertama kali dan sejarah internet mulai memasuki langkah baru. 
Internet semakin melebar hingga membentuk jutaan bahkan milyaran situs website maupun yang lainnya.

Tak heran, karena dunia sudah memasuki era milenial yang membuat kehidupan semakin kompleks dan modern. Sehingga banyaknya kebutuhan yang harus dihadapi akan sebanding dengan banyaknya hal positif di internet. 

Kita sebagai pengguna internet tentunya harus menggunakan sebuah website ataupun hal yang berhubungan dengan internet lainnya secara benar. Karena pengaruh internet sangat membekas, tentunya bagi dunia nyata. 

Karena semakin banyak sebuah media sosial yang beredar kemungkinan besar semakin sedikit pula kepercayaan akan teknologi yang kita dapat. 

Tak jarang biasanya kemajuan teknologi dan internet ini hanya dimanfaatkan untuk keperluan negatif saja. Saat ini banyak para pengguna internet yang mulai berselancar di dunia maya mereka.

Hal ini membuktikan bahwa impian para pendiri internet telah terwujud dengan munculnya interaksi yang kompleks antara seseorang dengan media jauh sekalipun. Perjuangan mereka patut kita hargai sebagai penemu internet.

Baca juga: Inilah Cara-cara untuk Membatasi Pengguna WiFi

Setelah membaca penjelasan di atas, akhirnya Anda bisa mengetahui sejarah internet dan bagaimana internet terbentuk. 

Dari yang awalnya dibentuk oleh badan ARPA hingga sekarang internet sudah mewabah di seantero dunia. Tentunya juga tidak lepas dari jerih payah dan semangat pembuatnya.

Sekarang apakah kamu sudah memanfaatkan internet dengan baik di rumah? Yuk, cek wifi rumah dari Telkomsel Orbit, penggunaannya mudah bisa dibawa kemana aja dengan jangkauan internet yang baik dan cepat.
 

Telkomsel Orbit

  • 134