Kami menggunakan cookies demi memberikan layanan terbaik di website Telkomsel Orbit Selengkapnya tentang kebijakan cookies /assets/images/icon-arrow-right-light.svg
TCP/IP

TCP/IP: Pengertian, Layer, Cara Kerja dan Keunggulan

Masyarakat saat ini sudah banyak menggunakan komputer untuk mendukung produktivitasnya sehari-hari. Namun tahukah Anda, perangkat komputer itu akan dapat digunakan secara optimal jika memiliki jaringan, seperti TCP/IP.

Dalam ilmu Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), dikenal istilah TCP/IP. Ini adalah jaringan komputer yang paling banyak digunakan di berbagai belahan dunia.

Alasannya, karena jaringan TCP/IP memiliki banyak kelebihan yang dapat mempermudah Anda dalam mengelolanya, sehingga dapat membantu Anda untuk bekerja secara efektif.

Nah, sebagai pengguna komputer, ada baiknya Anda mengetahui dan mempelajari tentang jaringan TCP/IP ini. Dengan begitu, Anda bisa menggunakannya dengan optimal.

Apa itu TCP/ IP?

TCP/IP adalah kepanjangan dari Transmission Control Protocol/Internet Protocol. Ini merupakan protokol yang digunakan untuk menghubungkan komputer satu dengan komputer yang lainnya melalui internet agar dapat saling berkomunikasi. Salah satu fungsi utamanya, yaitu untuk melakukan sharing data antar komputer. Jadi, dengan kata lain, jika Anda memiliki lebih dari satu komputer dan ingin menghubungkannya untuk melakukan sharing data atau komunikasi lainnya, maka jaringan TCP/IP bisa menjadi solusinya.

Perlu Anda ketahui bahwa protokol ini terdiri dari dua jenis yaitu TCP dan juga IP.

Kelebihan TCP/IP

Penggunaan TCP/IP banyak digunakan oleh pengguna komputer di seluruh dunia, karena menawarkan banyak kelebihan, antara lain seperti:

  1. Bisa digunakan untuk berbagai macam jenis jaringan dan tidak harus terikat dengan perangkat keras tertentu.
  2. TCP/IP bersifat open protocol standard sehingga bisa menghubungkan perangkat lunak dengan berbagai komputer.
  3. Protokol ini juga dapat digunakan untuk mengetahui jaringan TCP/IP lain, meskipun memiliki identitas berbeda.
  4. Konsistensi protokol ini tinggi, sehingga banyak dipilih oleh para pengguna komputer.\

Cara Kerja TCP/IP

Setelah mengetahui tentang pengertian serta kelebihan protokol TCP/IP, selanjutnya Anda juga perlu mengetahui bagaimana cara kerjanya.

Fungsi utama dari protokol ini adalah untuk berkomunikasi antara komputer satu dengan komputer yang lainnya melalui jaringan. Paket data akan dikemas, kemudian dikirimkan menuju komputer lain. Untuk lebih jelasnya, Anda dapat menyimak cara kerja TCP/IP di bawah ini:

  1. Pertama-tama protokol akan memecah data hingga menjadi kecil, dan selanjutnya data tersebut dikirimkan melalui media. Paket data memiliki label berbeda dan juga sudah memiliki alamat pengiriman, sehingga bisa sampai ke tempat tujuan yang tepat.
  2. Data yang sudah dipecah dan memiliki alamat, selanjutnya akan dikirim melalui router. Router berfungsi untuk mengantarkan paket ke tujuan masing-masing.
  3. Setelah dikirim melalui router, pakai data akan sampai ke tempat tujuan dan dapat dibuka melalui komputer lain. Terdapat beberapa layer dan masing-masing memiliki tugas tersendiri untuk mengirimkan paket tersebut. Layer atau lapisan tersebut memiliki tugasnya masing-masing, mulai dari layer yang paling bawah hingga layer yang paling atas. Layer paling bawah fungsinya untuk menerjemahkan paket, dan kemudian mengirimkannya hingga ke layer paling atas.

Fungsi TCP/IP

Terdapat beberapa fungsi penting dari TCP/IP selain mengkoneksikan komputer satu dengan komputer lain. Fungsi tersebut di antaranya:

  1. Mengirimkan file yang sudah terenkripsi, dari satu komputer ke komputer lain.
  2. Melakukan remote log in komputer dari jarak jauh.
  3. Mengirim dan menerima mailing dari komputer lain.
  4. Menggunakan fitur network file system.
  5. Melakukan perintah massal pada komputer yang terhubung dalam jaringan.
  6. Memungkinkan Anda untuk menggunakan fitur name server.
  7. Bagaimana, ternyata protokol jaringan TCP/IP memiliki banyak fungsi penting lainnya, ya.

Layer pada jaringan TCP/IP

Dalam protokol TCP/IP terdapat lapisan-lapisan atau layer dengan fungsi yang berbeda. Mari kita kenali satu persatu.

1. Lapisan Application (Application Layer)

Layer TCP/IP pertama dari protokol ini adalah lapisan application. Lapisan ini berada paling dasar dan terhubung langsung dengan penggunanya.

Agar lebih mudah dipahami, layer ini contohnya ada pada aplikasi yang sering digunakan pada komputer.

Setelah membuka aplikasi tersebut dari komputer, nantinya komputer akan menjalankan protokol http agar aplikasi tersebut dapat digunakan.

Namun, jika Anda mengirim file, protokol yang bekerja adalah FTP atau sering disebut juga File Transfer Protocol.

2. Lapisan Transport

Lapisan selanjutnya sering disebut dengan transport layer. Lapisan ini digunakan sebagai jembatan transportasi agar data dapat dipindah dari komputer satu ke komputer yang lainnya.

Lapisan ini berada di atas lapisan application. Di sini terdapat dua jenis protokol, yaitu TCP dan juga UDP.

Kedua jenis protokol tersebut memiliki kelebihan masing-masing. Protokol TCP memiliki tingkat keamanan tinggi, sedangkan protokol UDP memiliki kecepatan tinggi.

3. Lapisan Network

Lapisan selanjutnya yaitu network layer yang berada di atas lapisan transport. Di lapisan network, protokol dari lapisan transport kemudian dikonversi hingga berubah menjadi IP address.

IP address tersebut digunakan untuk menghubungkan komputer dengan jaringan.

Selanjutnya, data akan dipecah pada layer network agar disesuaikan dengan media yang akan dilewati.

Data yang sudah pecah kemudian akan dibungkus menjadi paket dan diberi alamat. Selanjutnya akan dikirim melalui jalur paket masing-masing.

4.  Lapisan Network Interface

Lapisan selanjutnya yaitu network interface, yang merupakan lapisan terakhir. Lapisan ini terhubung dengan hardware pada komputer.

Di sini komputer akan dapat mengirim paket data menggunakan kabel atau tanpa kabel.

 

Baca Juga: Inilah 7 Cara Menstabilkan Internet untuk WFH

 

Keuntungan Menggunakan TCP/IP

Apa saja sih, keuntungannya jika kita menggunakan jaringan TCP/IP dalam menghubungkan antar komputer?

  1. Dapat membangun jaringan internet pada berbagai macam komputer.
  2. Mendukung pengiriman data dengan jenis berbeda.
  3. Memudahkan pekerjaan Sistem Operasi secara independen.
  4. Sangat ringan dan tidak menyebabkan komputer mudah bermasalah, terutama pada jaringannya.
  5. Tidak memerlukan bantuan ahli.
  6. Memiliki arsitektur client-server yang tepat.

Semoga dengan menyimak informasi tadi, dapat membantu Anda untuk lebih memahami apa itu TCP/IP dan kelebihannya, ya.

Agar jaringan TCP/IP dapat bekerja tanpa hambatan, Anda butuh memastikan jaringan internet yang digunakan di rumah dapat diandalkan. Salah satunya, dengan menggunakan WiFi internet rumah dari Telkomsel Orbit. Jaringan seluler 4G-nya menggunakan koneksi terbaik dari Telkomsel, sehingga Anda dapat memaksimalkan penggunaan TCP/IP di rumah Anda. Ayo, waktunya bikin #SemuaDone bersama Telkomsel Orbit

Telkomsel Orbit

  • 1271