Kami menggunakan cookies demi memberikan layanan terbaik di website Telkomsel Orbit Selengkapnya tentang kebijakan cookies /assets/images/icon-arrow-right-light.svg
8 Persiapan Presentasi Online, Wajib Coba Supaya Tetap Lancar

8 Persiapan Presentasi Online, Wajib Coba Supaya Tetap Lancar

Presentasi online sudah jadi kebiasaan baru di masa pandemi ini. Baik itu untuk kepentingan presentasi ide kepada klien atau presentasi materi untuk acara webinar, keduanya dapat dilakukan hanya dengan sekali klik via platform video conferencing. 

 

Meskipun teknologi dapat mempermudah kita melakukan presentasi, tapi tetap saja pertemuan tanpa tapa muka langsung ini ada tantangannya sendiri. Sebab, virtual meeting tidak dapat memberikan kita keleluasaan kontak mata atau menunjukkan ekspresi dan bahasa tubuh kepada audiens, terutama ketika menyampaikan presentasi tanpa video. Padahal dua hal ini punya peran penting dalam mempermudah penyampaian materi presentasi. Belum lagi soal kendala teknis yang kerap muncul dan bisa mengganggu jalannya presentasi. 

 

Nah, supaya presentasi online selama WFH dapat berjalan dengan lancar, Anda butuh melakukan persiapan. Ikuti tipsnya di bawah ini. 

 

Tips Presentasi Online dengan Lancar

 

  1. Buat Slide Presentasi yang Simpel

Pastikan materi presentasi dibuat sesimpel mungkin. Informasi yang disampaikan sebaiknya menggunakan kalimat yang singkat dan jelas, supaya lebih mudah dipahami orang lain. Untuk itu, format penulisan materi presentasi disarankan terdiri dari headline (judul), deskripsi (body copy), dan bullet points. Jangan lupa, pastikan teks dapat terbaca dengan jelas karena audiens akan mengalami kesulitan membesarkan ukuran teks saat presentasi online berlangsung. Jadi, Anda direkomendasikan untuk menggunakan teks dengan ukuran 24 atau lebih, dan pilih warna teks yang kontras dengan background slide Anda. 

 

  1. Gunakan Visual yang Menarik pada Slide Presentasi

Anda pernah dengar pepatah “sebuah gambar bernilai 1.000 kata”? Faktanya bahkan lebih bernilai dari 1.000 kata! Sebuah penelitan dari 3M, perusahaan pembuat Post-it Notes, menunjukkan bahwa visual 60.000 kali lebih cepat diproses otak manusia dibandingkan teks. Maka dari itu, untuk mempermudah audiens dalam menyerap informasi, Anda sebaiknya gunakan visual yang menarik. Bisa juga pakai gambar bergerak seperti animasi atau GIF, tapi penggunaannya mesti dibatasi karena dapat memperlambat proses pergantian slide. Anda tentu tidak ingin audiens terpecah konsentrasinya karena mengerjakan hal lain saat slide presentasi tidak berhasil lanjut ke slide berikutnya, kan?

 

  1. Catat Poin-Poin Penting yang Ingin Disampaikan

Pastikan Anda menyampaikan informasi secara lisan dengan runut dan jelas. Supaya Anda dapat bicara dengan lancar dan tidak ada informasi yang terlewatkan, Anda perlu menuliskan poin-poin penting tersebut di kertas atau notes pada laptop. Selain itu, usahakan juga Anda tidak bicara dengan terlalu cepat agar mudah dimengerti audiens. Jadi, ada baiknya Anda latihan dulu sebelum mulai presentasi online sambil merekamnya atau menggunakan timer pada smartphone.

 

  1. Pastikan Webcam dalam Kondisi Baik 

Ini penting, supaya audiens dapat melihat wajah Anda dengan jelas. Umumnya saat ini fasilitas kamera laptop memiliki kemampuan cukup baik jika didukung dengan pencahayaan yang cukup. Tapi jika butuh kualitas gambar yang lebih baik, Anda juga bisa menggunakan webcam eksternal atau menyambungkan smartphone sebagai pengganti webcam laptop Anda.

 

  1. Gunakan Headset atau Mikrofon Eksternal

Selain visual, kualitas audio juga jadi faktor penting dalam menyampaikan presentasi online. Supaya suara yang didengar audiens lebih jelas, ada baiknya Anda pakai headset atau jika perlu gunakan mikrofon eksternal.  

 

  1. Siapkan Background Video Terbaik

Latar video yang rapi bisa membantu menjaga penampilan Anda terlihat profesional. Anda misalnya dapat menggunakan virtual background gratis dari aplikasi virtual meeting atau platform desain grafis. Namun jika Anda tidak menggunakan green screen sebagai latar video, sering kali gambar Anda terpotong di bagian sisi-sisinya. Sebagai alternatif, Anda bisa pasang kain polos sebagai background video Anda. 

 

  1. Tutup Aplikasi atau Tab Browser yang Tidak Digunakan

Ini salah satu trik untuk mencegah presentasi online terputus-putus atau berjalan terlambat. Sebab, “otak” laptop atau komputer tidak dipaksa mengerjakan berbagai hal sekaligus saat presentasi online berlangsung. 

 

  1. Pastikan Koneksi Internet Lancar 

Kelancaran presentasi online juga ditentukan dari koneksi internet yang Anda gunakan. Jika jaringan internet lelet atau tidak stabil, kualitas audio terdengar putus-putus, slide presentasi tidak bergerak, dan bahkan Anda bisa tiba-tiba menghilang dari ruangan virtual meeting. Untuk memastikan koneksi internet rumah lancar, Anda dapat menggunakan modem Telkomsel Orbit yang didukung jaringan internet 4G Telkomsel berkualitas terbaik. Anda juga bisa gunakan modem Telkomsel Orbit sebagai alternatif, ketika koneksi internet kabel rumah Anda melambat atau mengalami gangguan. Selain pemasangannya yang mudah, internet rumah ini juga serba digital karena dapat dikontrol melalui smartphone.  

 

Baca Juga: Inilah Cara-Cara untuk Membatasi Pengguna WiFi

 

Itu tadi beberapa tips yang dapat Anda terapkan agar presentasi online berjalan dengan lancar. Selalu jaga diri dengan terus menjalankan protokol kesehatan, supaya Anda dan keluarga senantiasa sehat dan tetap produktif selama di rumah saja.

 

Telkomsel Orbit

  • 95