Kami menggunakan cookies demi memberikan layanan terbaik di website Telkomsel Orbit Selengkapnya tentang kebijakan cookies /assets/images/icon-arrow-right-light.svg
8 Tips agar Produktif dan Efektif saat Bekerja dari Rumah

8 Tips agar Produktif dan Efektif saat Bekerja dari Rumah

Pandemi masih belum usai. Pemerintah pun memperpanjang imbauan Work from Home (WFH) guna mencegah penyebaran virus COVID-19. Meski bekerja dari rumah bisa dibilang lebih aman, tapi tetap ada tantangannya sendiri dan terkadang menjadi halangan yang membuat produktivitas kerja berkurang. 

Produktivitas Berkurang, Jam Kerja Lebih Panjang

Apakah Anda merasa jam kerja malah bertambah panjang saat WFH? Ini bisa saja terjadi akibat produktivitas kerja yang terganggu. Penyebabnya ada berbagai hal, seperti munculnya banyak distraksi karena mengurus pekerjaan rumah tangga, gampang bosan karena berada di rumah seharian, atau batasan waktu kerja dan istirahat yang kian beririsan. Namun, Anda tidak sendirian. Menurut survei dari Jobstreet Indonesia, 50% dari respondennya merasa durasi bekerja lebih panjang selama berada di rumah. Jika hal ini terus berlangsung, bukan tidak mungkin Anda lebih mudah mengalami kelelahan secara fisik dan juga mental.

Tips untuk menjaga produktivitas ketika bekerja di rumah

Lalu bagaimana caranya agar kita bisa tetap bekerja secara produktif dan efektif dari rumah? Siapkan catatan, dan simak beberapa hal yang dapat Anda lakukan.

  1. Kenali waktu terbaik untuk fokus kerja
    Psikolog dari Clemson University, South Carolina, Amerika Serikat, mengemukakan hasil surveinya bahwa rata-rata karyawan kerja paling produktif di pagi hari pada jam 9-11. Jadi, waktu ini sebaiknya digunakan untuk menyelesaikan pekerjaan yang lebih rumit. Sedangkan pekerjaan lain yang administratif (misalnya cek e-mail atau book jadwal meeting) bisa dilakukan setelahnya. Namun, ini bukan berarti berlaku untuk setiap orang. Bisa saja, setiap orang memiliki waktu yang berbeda untuk bisa fokus kerja. Tugas Anda adalah mengenalinya, supaya Anda dapat bekerja lebih produktif.
     
  2. Buat prioritas pekerjaan
    Urutkan pekerjaan yang harus diselesaikan hari ini berdasarkan tingkat kepentingannya atau berdasarkan jam fokus kerja Anda. Dengan begini, Anda dapat bekerja lebih fokus tanpa distraksi akibat memikirkan pekerjaan lain yang deadline-nya bukan hari ini. Satu tips tambahan, beri tanda centang pada pekerjaan yang sudah diselesaikan dan beri garis penutup di bagian paling bawah daftar prioritas pekerjaan. Secara psikologis, hal ini bisa membantu mengurangi beban pikiran Anda.
     
  3. Buat jadwal harian 
    Saat WFH, biasanya Anda juga mesti mengerjakan pekerjaan rumah tangga, seperti memasak, menyiram tanaman, atau menemani anak belajar online. Nah, dengan membuat jadwal harian ini, Anda bisa berkomitmen pada diri sendiri kapan waktunya mengerjakan urusan rumah tangga, kapan waktunya bekerja, serta kapan waktunya istirahat. Dengan membuat kegiatan di rumah yang terjadwal, Anda bisa kerja lebih fokus dan produktif.
     
  4. Matikan notifikasi tidak penting 
    Wajar saja jika ada godaan untuk cek smartphone ketika notifikasi baru muncul. Tapi tidak semua notifikasi tersebut penting untuk Anda lihat saat ini, kan? Jadi, ada baiknya matikan semua notifikasi tidak penting pada smartphone, seperti notifikasi media sosial atau promo e-commerce. Ini jadi satu cara supaya fokus kerja tidak terpecah.
     
  5. Buat area kerja yang nyaman
    Anda disarankan menggunakan suatu ruangan atau pojokan rumah sebagai area kerja. Hal ini dapat membantu memberikan Anda kesiapan secara mental untuk fokus bekerja, mirip seperti saat Anda memasuki ruangan kerja di kantor. Di luar area ini, baru Anda gunakan untuk beristirahat atau sekadar mencari hiburan. Oh ya, pastikan area ini juga bebas berantakan, sebab kondisi yang tidak rapi membuat pikiran sulit fokus dan mengurangi produktivitas Anda.

    Baca Juga: Atur Ruangan Kerja di Rumah untuk Meningkatkan Produktivitas
     
  6. Dengarkan musik tempo up-beat
    Mendengarkan musik up-beat sekitar 121 bpm dapat membantu Anda lebih produktif. Ini berdasarkan penelitian dari Liverpool John Moores University. Hasilnya bahkan bisa lebih produktif, jika lagu yang diputar itu bukan yang familiar. Tapi ini semua tergantung preferensi Anda. Anda yang paling kenal dengan diri sendiri. Jadi, silakan Anda pilih genre musik yang paling cocok dengan Anda.
     
  7. Pastikan tidur yang cukup
    Idealnya, orang dewasa tidur selama 7-9 jam tiap malamnya. Waktu tidur yang tidak cukup berisiko memengaruhi kesehatan tubuh dan mental Anda, sehingga efeknya dapat mengurangi fokus, kreativitas, dan produktivitas kerja. 
     
  8. Ambil Istirahat Pendek (Microbreak)
    Tahukah, Anda? Rehat sejenak dalam beberapa menit saja dapat membuat pikiran kembali fresh, meningkatkan fokus, dan memberikan perspektif baru. Semua ini dibutuhkan agar Anda bisa tetap kerja produktif. Alihkan sejenak pikiran Anda saat bekerja di rumah dengan sedikit peregangan, menatap objek selain layar monitor, atau sekadar membuat kopi.

Bagaimana, tidak terlalu sulit kan? Supaya bisa membantu Anda kerja lebih produktif, Anda juga perlu memilih provider internet rumah yang stabil, salah satunya bisa menggunakan modem Telkomsel Orbit yang hadir dengan kualitas jaringan internet 4G terbaik dari Telkomsel. Cek spesifikasi produk lengkapnya di sini

Telkomsel Orbit

  • 794