Kami menggunakan cookies demi memberikan layanan terbaik di website Telkomsel Orbit Selengkapnya tentang kebijakan cookies /assets/images/icon-arrow-right-light.svg
Cara Membuat Surat Lamaran Kerja yang Disukai HRD

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja yang Disukai HRD

Membuat surat lamaran kerja merupakan langkah pertama kamu dalam memasuki dunia pekerjaan. Jika surat untuk melamar kerja yang kamu buat bagus, kamu bisa diterima bekerja dan dapat meniti karir di bidang yang kamu suka.

Oleh karena itu, para pelamar kerja wajib mengetahui bagaimana cara membuat surat ini dengan baik dan benar. Dengan begitu, HRD di perusahaan yang dituju bisa terpikat perhatiannya.

Alat pendukung yang perlu dipersiapkan sebelum menulis

Surat lamaran kerja adalah sebuah dokumen pengantar singkat yang ditulis oleh pelamar kerja. Dokumen ini berisi mengenai diri kamu, tujuan melamar pekerjaan, hingga alasan mengapa kamu sebagai pelamar kerja merasa cocok untuk mengisi posisi tersebut.

Dalam proses penulisannya, apalagi di era digital seperti sekarang, para pelamar kerja tentu akan membutuhkan alat pendukung. Bebebrapa di antaranya, yaitu:

Laptop/Komputer

Agar kamu dapat membuat surat lamaran pekerjaan, pastikan kamu memiliki akses ke laptop atau komputer. Laptop atau komputer dapat mempermudah kamu sebagai pelamar kerja untuk mengetik dengan mudah dan rapi. 

Selain itu, laptop atau komputer juga bisa dimanfaatkan untuk mencari informasi jika terhubung ke internet. Entah itu informasi perusahaan tujuan, posisi yang diinginkan, sampai informasi seperti tugas yang akan diemban nantinya.

Modem Internet

Selain laptop dan komputer, kamu juga akan membutuhkan modem untuk terhubung ke internet. Dengan adanya internet yang stabil, kamu bisa melakukan banyak hal dengan lebih mudah.

Kamu bisa mengirim surat lamaranmu ke HRD terkendala. Selain itu, kamu juga bisa menyimpannya pada layanan penyimpanan awan agar bisa diakses dari mana saja saat kamu membutuhkannya.

Nah, bagi kamu yang belum memiliki perangkat modem internet di rumahmu, jangan khawatir. Telkomsel Orbit hadir sebagai solusi praktis untuk memberikan layanan internet terbaik dari rumah.

Berikut produk modem Orbit pilihan yang bisa jadi pertimbangan kamu.

  • Orbit Star A1

Orbit Star A1

Orbit Star A1 adalah modem internet 4G rumah yang cocok untuk kamu yang mencari modem dengan harga terjangkau. Modem ini sudah dilengkapi dengan teknologi WiFi 2,4 Ghz dan 2x2 MIMO.

Kecepatan rata-ratanya bisa mencapai 15 Mbps dan dapat terhubung dengan 32 perangkat sekaligus. Setelah aktivasi, kamu berhak untuk mendapatkan total paket data sebesar 150 GB di enam bulan pertama pemakaian.

Hanya dengan Rp415.000, kamu bisa menikmati internet stabil untuk mempermudah aktivitasmu. Orbit Star A1 bisa kamu dapatkan di myorbit.id, GraPARI terdekat, atau official store Telkomsel di e-Commerce favoritmu.

  • Orbit Star N1

Orbit Star N1

Nah, bagi kamu yang membutuhkan modem dengan sinyal yang lebih kuat, Orbit star N1 dapat menjadi solusi yang tepat. Pasalnya, modem ini dilengkapi dengan dua antena untuk memperkuat sinyal.

Selain itu, teknologi WiFi 2,4 Ghz dan 2x2 MIMO juga sudah dimiliki oleh modem ini. Kecepatan rata-ratanya pun bisa mencapai hingga 15 Mbps dan sudah bisa terhubung dengan 32 perangkat sekaligus.

Kamu bisa mendapatkan Orbit Star N1 dengan harga Rp579.000. Modem ini bisa kamu beli di situs resmi telkomsel orbit, GraPARI terdekat, atau toko resmi Telkomsel di e-commerce kesayanganmu.

Baca Juga: Tips Mencari Tempat Magang dan Persiapannya

Cara membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar

Untuk menggaet perhatian HRD perusahaan yang kamu tuju, ada beberapa kiat yang dapat kamu gunakan dalam membuat surat lamaran pekerjaan. Salah satunya adalah dengan memperhatikan ejaan bahasa yang baik dan benar.

Selain itu, surat lamaran kerja yang kamu buat juga perlu memperhatikan beberapa hal di bawah ini:

  • Penulisan tanggal & tempat

Salah satu hal utama yang harus diperhatikan secara khusus saat kamu membuat surat lamaran kerja adalah cara dan menulis tanggal dan tempat. Hal ini perlu dilakukan untuk memastikan kesan profesional dan rapi dalam surat lamaran kamu.

Dalam surat lamaran kerja, tanggal dan tempat ditulis di sudut kanan atas atau kiri atas pada surat. Penting untuk mencatat bahwa kamu sebaiknya tidak menyingkat apapun, baik itu penulisan tempat atau tanggal. 

  • Tujuan surat

Bagian selanjutnya adalah menentukan kepada siapa surat tersebut ditujukan. Disarankan agar kamu sudah memiliki informasi yang  jelas mengenai nama dan jabatan orang yang akan menerima surat lamaran.

Sebelum mencantumkan nama dan jabatan penerima surat, penting untuk selalu memasukkan ungkapan. Misalnya, seperti "yang terhormat" atau "Yth" sebagai tanda penghormatan.

Hal ini penting untuk membuat surat lamaran kerja terasa lebih khusus dan sesuai dengan kebutuhan perusahaan. 

Selanjutnya, pada bagian bawah surat, sebaiknya kamu mencantumkan dengan jelas nama dan alamat lengkap perusahaan yang menjadi tujuan. 

  • Salam pembuka dan pengantar

Selanjutnya, buatlah salam pembuka dan kata pengantar. Untuk ucapan salam, usahakan memakai istilah-istilah yang netral dan universal, seperti "Dengan hormat".

Setelah itu, kamu bisa menulis tentang fakta lowongan pekerjaan yang akan dilamar. Namun, jangan menulis fakta terlalu panjang atau bertele-tele.

  • Data diri

Setelah itu, kamu dapat menuliskan data dirimu dengan lengkpa. Misalnya, seperti nama lengkap, jenis kelamin, tempat tanggal lahir, pendidikan, alamat email, dan nomor hp.

  • Pengalaman kerja dan kemampuan

Setelah menuliskan data diri, kamu  bisa menuliskan pengalaman kerja dan keterampilan yang dimiliki. Kamu harus  menuliskan secara rinci tentang pengalaman dan keahlian yang relevan terhadap pekerjaan yg dilamar.

Hal ini penting agar HRD dapat mempertimbangkan apakah kemampuan yang kamu miliki sejalan dengan kebutuhan perusahaan. 

Selain itu, bagian singkat tentang keahlian yang kamu miliki memungkinkan HRD untuk memeriksa sertifikat yang dilampirkan pada surat lamaran kerja.

  • Penutup

Terakhir merupakan bagian penutup. Bagian ini berisi tentang tujuan calon pelamar kerja agar dipertimbangkan untuk menjadi calon karyawan, dan menerima kesempatan untuk melanjutkan ke tahap berikutnya yaitu wawancara. 

Penulisan bagian penutup juga wajib mencantumkan ucapan terima kasih kepada HRD. Kemudian lengkapi surat lamaran kerja menggunakan tanda tangan & nama lengkap pelamar kerja.

Mohon diingat, isi dari surat lamaran kerja yang kamu buat harus padat, jelas, rinci, dan tidak berlebihan. Hal ini mempermudah HRD untuk membaca dengan lengkap surat yang telah kamu buat.

Baca Juga: Tips agar Produktif dan Efektif saat Bekerja dari Rumah

Contoh Surat Lamaran Kerja

Nah, sebagai referensi kami sudah merangkum empat contoh surat lamaran kerja yang baik dan pasti disukai HRD. Kamu bisa menggunakan contoh-contoh ini sebagai referensi dalam membuat surat lamaran kerjamu.

  • Contoh surat lamaran kerja untuk Fresh Graduate

Contoh surat lamaran kerja untuk Fresh Graduate

  • Contoh surat lamaran kerja dalam bahasa Inggris

Contoh surat lamaran kerja dalam bahasa Inggris

  • Contoh Surat Lamaran kerja untuk SMA dan Sederajat

Contoh Surat Lamaran kerja untuk SMA dan Sederajat

  • Contoh Surat Lamaran Kerja untuk Magang

Contoh Surat Lamaran Kerja untuk Magang 

Nah, demikian informasi kami mengenai cara membuat surat lamaran kerja yang disukai oleh HRD beserta dengan contoh lamaran pekerjaan yang bisa menjadi referensi. 

Jangan lupa untuk mengirim lamaran tersebut menggunakan etika berkirim pesan yang berlaku dan kamu ketahui. Misalnya, selalu usahakan untuk mengirim surat lamaran pada jam kerja agar mendapatkan perhatian optimal dari HRD perusahaan. 

Selain itu, pastikan semua dokumen pendukung yang dibutuhkan sudah terlampir pada email kamu. Jika ada yang tertinggal, sudah pasti lamaran kerja kamu tidak akan dilirik.

Agar kamu dapat membuat dan mengirim surat lamaran kerja dengan nyaman, pastikan untuk membeli paket data dari Telkomsel Orbit. Dengan begitu kamu bisa tetap terkoneksi ke internet dengan lancar.

  • 4358