Kami menggunakan cookies demi memberikan layanan terbaik di website Telkomsel Orbit Selengkapnya tentang kebijakan cookies /assets/images/icon-arrow-right-light.svg
3 Cara Atasi Data Seluler Tidak Muncul pada Handphone

3 Cara Atasi Data Seluler Tidak Muncul pada Handphone

Anda pengguna Android? Mungkin pernah mengalami gangguan koneksi akibat data seluler tidak muncul pada handphone, ya. Ini sebenarnya salah satu masalah yang sering terjadi. Nah, supaya hal ini bisa segera diatasi, sebaiknya Anda pahami lebih dulu apa penyebabnya.

Hal ini penting, karena data seluler berfungsi untuk menyambungkan jaringan internet seluler dari provider ke handphone Anda Jika Anda sering mengalami masalah data seluler tidak muncul, akibatnya koneksi internet sering kali terputus dan menghambat aktivitas Anda. Jadi, dengan mengetahui penyebabnya, Anda dapat dengan mudah mencari solusi untuk mengatasinya.

Faktor Penyebab Data Seluler Tidak Muncul

Data seluler tidak muncul bisa disebabkan oleh berbagai macam faktor. Biasanya, data seluler mengalami gangguan karena Anda baru saja mengganti SIM card handphone. Tapi, selain itu bisa juga disebabkan oleh faktor lainnya. Agar lebih jelas ketahui beberapa faktor yang sering menyebabkan data seluler tidak muncul:

1. Belum Registrasi Kartu SIM

Faktor pertama, yaitu Anda belum melakukan registrasi kartu SIM baru. Hal ini sering terjadi dan bisa diatasi dengan cara yang cukup mudah.

Setelah mengganti kartu SIM, Anda harus melakukan registrasi secara tuntas. Jangan sampai ada langkah yang terlewatkan ya, karena nantinya bisa mempengaruhi data seluler.

Jika ternyata Anda lupa untuk melakukan registrasi, Anda bisa mengatasinya dengan mematikan smartphone. Selanjutnya nyalakan kembali, dan Anda akan diminta untuk melakukan registrasi ulang.

Apabila ternyata tidak muncul permintaan registrasi, coba matikan ponsel kembali dan lepas kartu SIM. Setelah itu pasang dan hidupkan kembali ponsel untuk melihat apakah sudah muncul permintaan registrasi.

2. Masalah Sinyal

Faktor lain yang jadi penyebab kenapa data seluler tidak muncul adalah hilangnya sinyal seluler atau no signal pada handphone Anda. Akibatnya, Anda sama sekali tidak dapat mengakses internet, melakukan panggilan telepon, ataupun mengirim pesan singkat. Ada banyak penyebab dari sinyal seluler yang tiba-tiba menghilang, misalnya  karena aliran listrik yang padam, cuaca yang sedang buruk seperti hujan deras disertai petir dan angin kencang, atau juga karena lokasi keberadaan Anda tidak terjangkau oleh sinyal seluler dari provider. Biasanya area tanpa sinyal ini sering disebut sebagai blind spot.

3. Gangguan dari Operator

Ini juga sering jadi penyebab data seluler tidak muncul pada handphone Anda. Apabila hilangnya sinyal terjadi karena gangguan dari operator data seluler, tentu Anda perlu menghubungi penyedia layanan operator seluler tersebut untuk meminta bantuan.

4. Kerusakan Hardware

Penyebab berikutnya yaitu karena kerusakan pada hardware handphone Anda. Kerusakan pada komponen yang berfungsi menerima dan mengirimkan sinyal seluler, dapat mengakibatkan data seluler tidak muncul pada handphone Anda. Untuk memastikan dan memperbaikinya, Anda perlu segera membawa handphone ke service center terdekat.

5. APN Berubah atau Hilang

Data seluler yang tidak muncul juga bisa disebabkan karena APN berubah atau hilang. Cara untuk mengatasinya, yaitu dengan membuka menu APN. Apabila ternyata setelah membuka menu APN tidak ada informasi yang muncul atau kosong, itu tandanya ada yang harus diperbaiki.

APN merupakan nama titik akses yang sangat penting. APN menjadi sarana penyedia operator untuk menghubungkan jaringan internet dengan smartphone.

APN yang normal, secara otomatis akan muncul ketika Anda membukanya. Isinya berupa nama dari operator. Misalnya saja Telkomsel, atau nama operator Indonesia lainnya.

Cara Mengatasi Data Seluler Tidak Muncul

Setelah tahu apa saja yang bisa menyebabkan data seluler tidak muncul, selanjutnya Anda juga harus mengetahui bagaimana cara mengatasinya. Ini dia beberapa langkah mudah yang dapat Anda coba:

1. Restart Smartphone

Cara pertama yang bisa dilakukan yaitu melakukan restart pada smartphone Anda. Cara melakukannya yaitu Anda cukup menekan tombol restart.

Cara ini bisa membantu mengatasi data seluler yang tidak muncul, akibat Anda lupa melakukan registrasi. Jika memang Anda lupa melakukan registrasi, setelah dilakukan restart nantinya akan muncul permintaan untuk melakukan registrasi ulang.

Namun, ketika menekan tombol restart tetapi ternyata tidak muncul permintaan melakukan registrasi ulang, Anda perlu melepas kartu SIM dan kemudian memasangnya kembali, lalu lanjutkan dengan menyalakan ponsel.

2. Gunakan Mode Airplane

Cara berikut ini sangat mudah untuk dicoba. Apabila data seluler tidak muncul, Anda bisa menyalakan mode airplane atau mode pesawat, lalu tunggu hingga kurang lebih 10 menit. Setelah itu, matikan mode pesawat dan lihat apakah data seluler sudah kembali normal.

Mode airplane ini banyak dijadikan sebagai solusi ketika jaringan internet tidak normal. Fungsi dari mode pesawat mirip ketika Anda me-restart handphone. Setelah mode pesawat dinyalakan, beberapa fitur yang ada pada handphone akan di-refresh secara otomatis termasuk jaringan internetnya.

3. Memperbarui Pengaturan APN

Cara mengatasi data seluler tidak muncul selanjutnya adalah dengan mencoba mengatur kembali APN. Apabila ternyata masalah yang menyebabkan data seluler tidak muncul disebabkan oleh APN yang berubah atau hilang, maka cara ini adalah yang paling sesuai.

APN atau Access Point Names digunakan oleh operator seluler sebagai penghubung jaringan internet dengan handphone. Nama dari APN tergantung dari operator yang Anda gunakan. Menu ini akan muncul secara otomatis di semua smartphone, namun bisa saja menghilang kKetika Anda tidak sengaja mengotak-atiknya atau karena ada masalah yang terjadi.

Cara yang harus dilakukan untuk memperbarui APN adalah dimulai dengan masuk ke menu pengaturan terlebih dahulu. Selanjutnya Anda perlu untuk mencari opsi sub menu jaringan dan internet.

Langkah berikutnya, Anda klik jaringan seluler kemudian pilih menu Nama Titik Akses atau APN. Setelah itu, Anda tinggal klik icon titik tiga untuk memasukkan APN. Jika sudah, tinggal masukkan nama APN sesuai dengan provider yang Anda gunakan.

Langkah selanjutnya adalah tekan tombol kembali, dan coba lihat apakah data seluler sudah kembali normal atau belum. Biasanya setelah dilakukan pembaharuan pada APN, sinyal internet akan muncul kembali.

Tapi jika ternyata data seluler belum juga muncul, Anda perlu mencoba cara lain di atas yang paling tepat.

Masalah data seluler yang tidak muncul pada handphone, bisa saja tiba-tiba terjadi. Namun Anda tidak perlu panik, karena biasanya penyebab data seluler menghilang atau tidak muncul adalah hal yang mudah diatasi.

Baca Juga: Cara Mengatasi WiFi Tersambung Tanpa Koneksi Internet

Satu tips lagi yang dapat Anda coba. Jika semua cara yang disebutkan di atas belum ada hasilnya, coba pindahkan kartu SIM dan pasang di smartphone lain. Jika data seluler muncul saat kartu SIM yang dipasang pada perangkat lain, itu artinya yang rusak bukan kartu SIM-nya tetapi smartphone yang Anda gunakan. Sehingga, hal ini mesti ditangani oleh teknisi yang khusus menangani perbaikan handphone.

Nah, sekarang Anda tidak perlu bingung lagi jika data seluler tidak muncul. Ikuti beberapa tips di atas dan lihat apakah cara tersebut berhasil mengatasi masalah yang terjadi. Sebagai solusi alternatif, Anda juga bisa menggunakan modem WiFi Telkomsel Orbit agar handphone Anda selalu terhubung dengan internet. Apalagi, modem Orbit juga didukung dengan jaringan seluler Telkomsel yang memiliki kualitas terbaik, sehingga dapat memenuhi kebutuhan Anda yang mencari koneksi internet rumah cepat.

Telkomsel Orbit

  • 50