Kami menggunakan cookies demi memberikan layanan terbaik di website Telkomsel Orbit Selengkapnya tentang kebijakan cookies /assets/images/icon-arrow-right-light.svg
transfer data FTP

Cara Kerja FTP Server, dan Keuntungan Penggunaannya

Dengan menggunakan FTP, transfer file akan lebih mudah dilakukan. Bahkan, Anda juga bisa melakukannya dari jarak jauh sekalipun. Lantas, bagaimana cara kerja FTP server yang sesungguhnya?

Apa Itu FTP Server

Sebelum membahas tentang cara kerja FTP, Anda harus mengetahui pengertiannya terlebih dahulu.

Kebanyakan perusahaan besar akan memperhatikan keamanan data, baik saat memindahkan atau mentransfernya. Salah satu solusi terbaik yang bisa Anda lakukan adalah dengan menggunakan FTP server.

Apakah Anda sudah mengetahui tentang apa itu FTP server?

File Transfer Protocol (FTP) sendiri adalah sistem yang berfungsi untuk mentransfer antar file komputer. Dengan menggunakan sistem ini, Anda bisa dengan mudah menukar antar file pada akun komputer.

Selain itu, Anda juga bisa melakukan transfer file antar komputer desktop dan mengakses arsip secara online pada perangkat lunak.

Dengan kata lain, FTP adalah cara yang paling tepat untuk menghubungkan antar dua komputer. Sistem ini akan membantu proses transfer file dengan lebih mudah dan tentunya aman.

Cara Kerja FTP Server

Pada umumnya, cara kerja FTP adalah ketika satu user komputer mendapat akses pada server untuk bisa terhubung dengan komputer lainnya karena telah terjadi koneksi dari pihak user dan server FTP. Jika sudah saling terhubung, maka user bisa melakukan apa saja dengan data. Antara lain seperti download, upload, dan lain sebagainya.

FTP server memakai metode autentikasi standar dalam cara kerjanya. Dengan metode tersebut, Anda akan membutuhkan username dan password tertentu. Ini bertujuan agar data-data yang ada di FTP server bisa diakses.

User menjadi orang yang memiliki akses penuh terhadap file-file di dalamnya. Jadi, user bisa dengan mudah membuat, menyalin, mentransfer, dan menghapus direktori file-file tersebut.

FTP server sendiri bisa bekerja dengan dua mode, yakni aktif dan pasif. Mode tersebut akan menentukan bagaimana bentuk koneksi data Anda. Selain itu, Anda juga bisa membuat kontrol TCP, dari port N ke port 21.

Pada mode aktif, user bisa menyimak koneksi data terlebih dahulu. Koneksi akan datang dari port M. Kemudian, user akan mengirimkan FTP command port M.

Ini bertujuan untuk memberikan informasi terhadap jaringan.

Dengan demikian, Anda akan mengetahui port mana yang harus diamati. Setelah itu, jaringan akan menginisiasi data ke user. Yakni mulai dari port 20 atau jaringan FTP.

Ketika user sedang berada di kondisi firewall, dan penerimaan koneksi TCP otomatis gagal, maka Anda bisa menggunakan mode pasif. Pada mode ini, user bisa memakai kontrol koneksi.

Kontrol tersebut berfungsi untuk mengirimkan perintah PASV ke jaringan. Nah, setelah itu Anda akan menerima alamat jaringan IP, alamat jaringan, dan nomor portnya.

Kelebihan Menggunakan FTP

Bagi Anda yang memiliki akun website, maka cobalah pakai FTP. Karena pengguna bisa mencadangkan data website dengan lebih mudah. Sehingga, Anda tidak perlu kesulitan dalam mengaturnya.

Selain itu, Anda juga bisa melakukan pertukaran data, mulai dari informasi file, transfer data file ke komputer, menukar ukuran file, dan lain sebagainya.

Ketika menggunakan FTP, komputer Anda akan mendapatkan fasilitas yang dapat memudahkan pengiriman data dan informasi menjadi lebih mudah.

Pengiriman tersebut terjadi secara dua arah.

Sebagai contoh, ketika FTP dipakai dalam kantor, maka direktur bisa mengirimkan file data ke manager dan staff. Tentunya bisa dilakukan dari pihak sebaliknya.

Nah, berikut beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari penggunaan FTP.

1. Data Tidak Mudah Hilang

Cara kerja FTP yang begitu efektif, membuat data yang dikirimkan tidak akan mudah hilang. Dengan kata lain, komputer dan perangkat keras lainnya tidak bisa secara sembarangan menghapus data.

Selain itu, langkah-langkah untuk menjalankan pertukaran data informasi antar perangkat juga tidak terlalu rumit dan susah.

2. Proses Efisien Untuk Transfer Data atau File Besar

Dengan proses yang begitu efisien, tentunya membuat transfer data semakin mudah untuk dilakukan. Sebesar apapun ukuran file, itu tidak akan menjadi sebuah masalah.

Mengapa demikian? Hal ini karena jaringan FTP tetap bisa memprosesnya dengan mudah dan cepat.

3. Dapat Menjadi Back Up atau Pemulihan Data

Agar bisa menggunakan jaringan FTP, Anda akan membutuhkan dua verifikasi. Jadi, software bisa dioperasikan dengan mudah. 

Penggunaan FTP bisa Anda manfaatkan untuk mencadangkan atau backup file data. Selain itu, Anda juga bisa melakukan restore data secara mudah.

4. Langkah-langkah Transfer Tidak Rumit

Efisiennya proses transfer data pada FTP karena disebabkan oleh langkah-langkah yang tidak rumit. Jadi, user komputer tidak perlu kesulitan dalam menjalankannya. Dengan begitu, user dapat dengan mudah mengirim data secara teratur.

5. Terdapat Sistem Pelindung

Jaringan FTP memiliki sistem yang dapat melindungi user komputer dari tertukarnya file storage dan host informasi. Anda bisa memanfaatkan sistem ini secara indirect dan juga implicit remote computer.

Contoh FTP Gratis

Sudah memahami cara kerja FTP, namun tidak tahu contohnya? Nah, berikut beberapa contoh FTP yang bisa Anda coba secara gratis.

1. Cyberduck

Anda bisa memakai Cyberduck untuk menangani keperluan transfer file. Antara lain seperti Amazon S3, SFTP, WebDev, dan format lainnya. 

Ukuran dari aplikasi yang satu ini juga terbilang minimalis, sehingga tidak memuat banyak ruang penyimpanan. Cyberduck sudah tersedia untuk komputer jenis Windows dan Mac OS X. 

2. FTP Classic

Bagi Anda yang ingin menggunakan FTP gratis dengan pemakaian tanpa komersial, maka jawabannya adalah Classic FTP. Aplikasi ini memiliki tampilan antarmuka sederhana dan mudah untuk dipakai. Sudah tersedia untuk pengguna Windows.

3. FileZilla

Tidak sedikit yang menggunakan FileZilla, sehingga membuatnya menjadi primadona FTP. Aplikasi ini memiliki kelebihan yang mampu mengatasi transmisi simultan. Selain itu, juga mendukung FTPS dan SFTP.

FileZilla bisa Anda gunakan pada semua sistem operasi komputer. Mulai dari Windows, Mac O S X, bahkan Linux sekalipun.

4. FTP Fire

FireFTP memiliki fitur berupa FTP dan FTPS. Karena tergolong add-on Mozilla Firefox, maka Ada bisa langsung menggunakannya dari browser sendiri. Bagi pengguna Linux, Windows, dan Mac O S X sudah bisa memakainya.

Nah, itulah beberapa pembahasan tentang FTP server. Mulai dari pengertian, cara kerja FTP, kelebihan, dan contoh layanan FTP. Apakah Anda berminat untuk menggunakannya?

Telkomsel Orbit

  • 81