Kami menggunakan cookies demi memberikan layanan terbaik di website Telkomsel Orbit Selengkapnya tentang kebijakan cookies /assets/images/icon-arrow-right-light.svg
Cara Memilih Antena Modem untuk Menguatkan Sinyal dan Jaringan Internet

Cara Memilih Antena Modem untuk Menguatkan Sinyal dan Jaringan Internet

Sekilas, cara memilih antena modem terlihat praktis dan menarik banyak orang yang ingin memperkuat sinyal membeli produk tersebut. Antena modem yang kadang disebut juga sebagai repeater memang membantu pengguna mendapatkan kecepatan internet yang dibutuhkan. Harga yang terjangkau pun membuatnya cukup laris di pasaran.

 

Namun, ada kalanya jaringan internet yang lambat atau sering putus disebabkan faktor-faktor lain, salah satunya penempatan modem yang kurang sesuai. Lantas, seperti apa prosedur menempatkan modem yang sesuai agar perangkat dapat menangkap sinyal internet secara maksimal?

 

Posisi yang pas untuk menaruh modem 

Mengapa posisi sangat berpengaruh? Pasalnya tak jarang pengguna langsung mencari cara memilih antena modem tanpa memperhatikan posisi perangkat tersebut terlebih dahulu. Sebagian dari mereka menganggap tempat tak terlalu penting karena mengira modem yang dipakai sudah memakai teknologi canggih yang mampu memancarkan sinyal kuat.

 

Kenyataannya, setiap rumah mempunyai desain berbeda. Tak jarang pembatas seperti dinding atau pintu menghambat sinyal yang dipancarkan. Beberapa modem pun akan mengurangi kecepatan saat jumlah perangkat yang mengakses internet semakin banyak. Jarak antara perangkat dan pengguna yang cukup jauh adalah alasan umum lainnya yang membuat koneksi terasa kurang maksimal.

 

Disitat dari CNET, berikut sejumlah tip yang bisa Anda terapkan dalam menempatkan modem sebelum mengaplikasikan cara memilih antena modem di rumah.

 

  • Hindari sudut-sudut rumah

Selain lokasinya yang tersembunyi, sudut-sudut rumah tak akan memaksimalkan pengiriman sinyal dari modem. Mengapa? Alih-alih dipancarkan ke dalam ruangan, sinyal malah akan lebih banyak berada di luar. Oleh karena itu, Anda sebaiknya menempatkan modem di dalam ruangan yang luas agar jangkauannya lebih maksimal.

 

Kemudian, tempatkan modem di tempat yang tinggi seperti di atas rak, lemari, atau langit-langit. Tujuannya adalah mengoptimalkan cakupan lewat pola penyebaran sinyal vertikal.

 

  • Jauhkan modem dari alat elektronik

Gangguan elektromagnetik adalah satu faktor yang membuat sinyal dari modem terpancar tak maksimal. Cara memilih antena modem pun akan sia-sia kalau Anda masih menempatkannya di sekitar alat elektronik seperti kulkas atau televisi. Microwave pun menjadi perangkat lainnya yang harus dihindari karena mampu memancarkan sinyal kuat sampai 2.4GHz.

 

Jadi, jauhkan modem dari alat-alat elektronik apabila Anda tak mau menghadapi kendala seperti sinyal lambat atau kerusakan pada perangkat tersebut.

 

  • Jangan simpan di tempat yang mudah kotor

Selain sudut-sudut ruangan, tempat yang mudah kotor karena debu atau cipratan air bukan tipe tempat yang ideal untuk menaruh modem. Hal ini disebabkan kotoran yang mengenai modem dan tak segera dibersihkan akan mengganggu performa perangkat. Tumpukan debu yang masuk ke dalam modem bahkan bisa membuatnya overheating.

 

Dalam hal ini, membersihkan modem secara berkala pun dibutuhkan, termasuk sebelum Anda melakukan cara memilih antena modem agar performanya semakin maksimal.

 

Memilih antena atau repeater untuk modem

Apakah tip di atas belum membantu Anda mendapatkan sinyal terbaik dari modem? Tak ada salahnya untuk menggunakan antena atau repeater sebagai aksesoris. Perangkat ini memiliki cara kerja dengan menerima gelombang radio yang dipancarkan dari router LAN nirkabel. Kemudian, sinyal Wi-Fi akan dilanjutkan ke unit penerima seperti laptop, PC, atau smartphone.

 

Perlu diingat antena atau router berfungsi untuk menguatkan jangkauan sinyal, bukan untuk menambah kecepatan. Jadi, Anda harus memperhatikan hal-hal berikut dalam cara memilih antena modem yang tepat.

 

  • Sesuaikan kecepatan standar dengan koneksi

Kecepatan yang dimiliki antena modem harus disesuaikan dulu dengan modem utama. Hal ini disebabkan performa antena atau repeater tak akan mampu menyaingi modem utama mengingat fungsi mereka hanya sebagai penunjang. Maka dari itu, sebelum membeli, cek dulu kecepatan minimal dan maksimal yang diberikan modem utama untuk kemudian disesuaikan dengan antena. Apalagi kalau Anda berencana memesannya secara online.

 

  • Pilih antena dengan koneksi simultan dual-band

Cara kerja pada antena dual-band adalah dengan menangkap sinyal yang dipancarkan modem utama satu band untuk kemudian dikeluarkan dari sisi lain. Band satu biasanya mampu menembus penghalang, sementara yang kedua cenderung lemah. Dengan cara memilih antena modem ini, Anda diharapkan dapat memaksimalkan kecepatan pada modem utama melalui pancaran sinyal dari kedua band dari perangkat.

 

  • Pertimbangkan bentuk antena yang dipakai

Ada dua jenis antena atau repeater yang sering dipakai. Antara lain tipe plug-in yang harus Anda hubungkan dengan stop kontak dan tipe stasioner alias portable yang bisa ditempatkan di mana saja. Pemilihan bentuk antena dapat dipengaruhi lokasi Anda menempatkan modem utama. Kondisi rumah juga turut berdampak pada penempatan antena. Misalnya, antena plug-in yang bergantung pada stopkontak agar dapat berfungsi membantu modem utama.

 

  • Cari antena yang dilengkapi tombol WPS

Cara memilih antena modem selanjutnya adalah carilah perangkat yang sudah dilengkapi WPS atau Wi-Fi Protected Setup. WPS merupakan sistem keamanan yang berfungsi mengatur mode pada antena untuk kali pertama, sehingga akan memudahkan Anda dalam memakainya. Tanpa ada WPS, Anda masih bisa menggunakan antena, tetapi pengaturan akan dilakukan secara manual, sehingga agak merepotkan di awal.

 

Selain poin-poin di atas, Anda juga dapat mempertimbangkan fitur tambahan dari antena yang bisa memaksimalkan pemakaiannya. Hal ini bersifat opsional, sehingga Anda tak perlu melakukannya kalau fitur-fitur utama dinilai sudah mencukupi.

 

Bagaimana, apa Anda sudah siap menggunakan modem di rumah? Semoga tip memasang dan cara memilih antena modem ini membantu Anda mendapatkan sinyal stabil dan kuat.

Telkomsel Orbit

  • 4729