Kami menggunakan cookies demi memberikan layanan terbaik di website Telkomsel Orbit Selengkapnya tentang kebijakan cookies /assets/images/icon-arrow-right-light.svg
Cara Mengetahui Password WiFi di HP dan Laptop

Cara Mengetahui Password WiFi di HP dan Laptop

Password WiFi merupakan salah satu informasi yang dibutuhkan untuk terhubung ke internet. Kerahasiaannya pun perlu dijaga dengan baik agar tidak disalahgunakan.

Namun, tak sedikit juga yang melupakan password WiFi sehingga kesulitan untuk terhubung dengan internet. Nah, dalam artikel ini kami sudah merangkum berbagai cara mengetahui password WiFi di HP dan laptop dengan mudah.

Cara Mengetahui Password WiFi yang Sudah Terhubung

Saat ini, WiFi telah menjadi bagian penting dalam kehidupan sehari-hari bagi seluruh lapisan masyarakat. Ini tak lepas dari kebutuhan produktivitas yang tinggi yang memerlukan konektivitas internet stabil dan mudah digunakan.

Ketika sebuah perangkat sudah terhubung dengan WiFi, biasanya perangkat tersebut akan terhubung kembali secara otomatis saat berada dalam jangkauan WiFi. Kemudahan inilah yang menjadi salah satu alasan utama mengapa WiFi menjadi populer.

Namun, hal tersebut juga yang membuat banyak orang menjadi mudah melupakan informasi password yang digunakan. Padahal, sering kali kita akan membutuhkan password untuk menghubungkan perangkat lain.

Solusi termudahnya adalah dengan melihat informasi password pada perangkat yang sudah terhubung. Cara mengetahui password WiFi yang sudah terhubung pada sebuah perangkat ini sangat mudah, yaitu:

1. Melalui Pengaturan Router

Salah satu cara paling mudah untuk mengetahui password WiFi kamu yang telah berhasil terhubung adalah melalui router atau modem WiFi yang kamu pakai. Biasanya, informasi mengenai password WiFi tersimpan di dalam bagian pengaturan router.

Cara untuk mengakses pengaturan pada umumnya yaitu:

  • Buka browser pada perangkat yang sudah terhubung pada jaringan WiFi dan kamu pakai, baik itu HP maupun komputer.

  • Lalu, masukkan alamat IP default router (biasanya 192.168.1.1).

  • Kemudian, masuk dengan menggunakan username dan password router. 

  • Setelah berhasil masuk ke antarmuka router, kamu dapat mencari bagian yang menampilkan informasi jaringan.

  • Biasanya, di sana ada informasi password WiFi serta pengaturan lainnya.

2. Melalui Aplikasi MyOrbit

Ganti password wifi di aplikasi MyOrbit

Namun, bagi kamu pengguna modem Orbit, cara mengetahui sandi WiFi bisa menjadi lebih mudah lagi. Kamu bisa mengecek informasi password melalui aplikasi MyOrbit yang bisa kamu unduh di App Store atau Play Store.

Langkah-langkah untuk melihat informasi password WiFi yang sudah terhubung dengan perangkat melalui aplikasi MyOrbit, yaitu:

  • Buka aplikasi MyOrbit kamu.

  • Lalu, tekan tombol panah yang ada di samping nama modem Orbit yang kamu pakai.

  • Setelah itu, kamu akan diarahkan ke halaman yang menampilkan informasi WiFi, termasuk nama dan password dari WiFi.

  • Di halaman ini, kamu juga bisa mengubah nama dan password dari WiFi yang sedang kamu gunakan.

3. Melalui Situs Resmi Orbit

Melalui Situs Resmi Orbit

Selain melalui aplikasi MyOrbit, informasi password modem Orbit juga dapat dilihat melalui situs resmi Telkomsel Orbit. Namun, perlu diperhatikan, kamu harus terhubung melalui jaringan modem yang ingin diketahui informasi kata sandinya.

Berikut langkah-langkah yang bisa kamu ikuti:

  • Buka situs www.myorbit.id

  • Lalu, pilih menu login dan masuk dengan menggunakan akun kamu.

  • Setelah itu, informasi mengenai WiFi kamu di beranda akun dapat kamu lihat.

Pastikan untuk menggunakan modem WiFi dari Telkomsel Orbit untuk merasakan kemudahan mengakses internet dari mana saja dan kapan saja. Varian modem yang bisa kamu miliki pun ada banyak.

Misalnya, Orbit MiFi N1 yang cocok bagi kamu yang selalu bepergian. Modem ini bisa kamu dapatkan di harga Rp599.000 melalui situs resmi Orbit.

Modem ini bisa memberikan kecepatan rata-rata hingga 15 Mbps. Ini berkat dukungan teknologi 2x2 MIMO LTE dan teknologi WiFi dengan frekuensi 2,4 Ghz.

Selain itu, Obit MiFi N1 juga dapat terhubung hingga 10 perangkat sekaligus. Dengan begitu, kamu dapat berbagi kemudahan mengakses internet ke teman-temanmu juga.

Nah, bagi kamu yang membutuhkan kemudahan mengakses internet di rumah atau tempat usaha, kamu bisa cek Orbit Star N2. Modem ini bisa kamu dapatkan di harga Rp519.000 melalui situs resmi.

Orbit Star N2 dilengkapi dengan teknologi 2x2 MIMO LTE dan teknologi WiFi berfrekuensi 2,4 Ghz. Oleh karena itu, kecepatan rata-rata yang bisa diberikan ke 32 perangkat sekaligus pun tinggi, yakni hingga 15 Mbps.

Kunjungi situs resmi Telkomsel Orbit untuk informasi lebih lengkap dan produk yang paling cocok untukmu.

Baca Juga: Cara Melihat Password WiFi di HP

Cara Mengetahui Password WiFi di Laptop

Selain melalui router, cara mengetahui sandi WiFi lainnya yaitu melalui laptop atau komputer. Sebagai informasi, cara yang kami bagikan ini hanya berlaku untuk perangkat dengan sistem operasi Windows.

Ada dua cara untuk mengetahui sandi WiFi di laptop atau komputer yang kamu pakai. Cara pertama adalah melalui pengaturan jaringan dan cara kedua melalui command prompt.

1. Melalui Pengaturan Jaringan

Cara termudah untuk mengetahui password WiFi di laptop atau komputer kamu adalah melalui bagian pengaturan jaringan. Berikut adalah langkah-langkah yang bisa kamu ikuti:

  • Buka bagian "Pengaturan" dengan menekan tombol "Windows + I."

  • Lalu, pilih "Jaringan & Internet."

  • Selanjutnya, pilih "WiFi" dari menu di sebelah kiri.

  • Kemudian, klik "Nama jaringan WiFi" yang ingin Anda lihat password-nya.

  • Terakhir, di bagian "Keamanan jaringan", centang kotak "Tampilkan karakter" untuk mengungkapkan password WiFi.

2. Melalui Command Prompt

Cara berikutnya adalah dengan menggunakan Command Prompt. Cara ini juga dapat digunakan untuk melihat password WiFi di laptop atau komputer. 

Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka Command Prompt dengan  menekan "Windows + X".

  • Lalu, pilih "Command Prompt (Admin)".

  • Selanjutnya, ketik perintah netsh wlan show profile name="NamaJaringanWiFi" key=clear dan tekan "Enter".

  • Kemudian, cari baris "Kunci Konten" dalam hasil yang ditampilkan, maka kamu akan menemukan password WiFi yang kamu cari.

Selain kedua cara tersebut, kamu juga bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk  melihat password WiFi yang tersimpan di laptop atau komputer. Aplikasi yang cukup populer adalah WirelessKeyView dan WiFi Password Revealer. 

Kamu tinggal unduh salah satu aplikasi tersebut. Kemudian, pasang di laptop atau komputer kamu dan ikuti panduan penggunaannya.

Baca Juga: Cara Mengganti Password WiFi

Cara Mengetahui Password WiFi di HP

Selain melalui router, laptop atau komputer, sandi WiFi juga bisa kamu cari tahu dengan menggunakan HP. 

Ada dua cara yang bisa kamu lakukan. Pertama, yaitu melalui pengaturan Wifi di HP. Cara kedua, yaitu dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga.

1. Menggunakan Pengaturan HP dan Router  WiFi

Salah satu cara melihat sandi WiFi di HP adalah dengan menggunakan pengaturan WiFi yang ada di HP yang sudah terhubung dengan WiFi. 

Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka menu pengaturan di ponsel Android.

  • Pilih opsi Wifi & Jaringan.

  • Klik nama Wifi yang password yang ingin kamu lihat.

  • Pada layar akan muncul alamat IP router atau default gateway.

  • Kemudian, copy-paste atau ketik ulang angka tersebut ke browser dari ponsel

  • Lalu, masukkan Username dan Password router. Jika kamu tidak mengubahnya, username dan password dapat kamu lihat dari belakang router.

  • Setelah masuk, pilih opsi Advance dan pilih menu WLAN

  • Kemudian, pada kolom SSID Name, klik nama Wifi yang password-nya ingin dilihat

  • Lalu, gulir ke bawah sampai menemukan opsi WPA PreShared Key

  • Terakhir, centang opsi Hide supaya Anda bisa mengetahui password wifi tersebut.

2. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Selain itu, ada juga beberapa aplikasi pihak ketiga seperti WiFi Manager. Aplikasi ini dapat membantumu melihat password WiFi yang sudah terhubung dan tersimpan di HP kamu. Beberapa aplikasi pihak ketiga ini tersedia secara gratis di App Store maupun Play Store. 

Saat menggunakan metode ini, penting untuk tetap menghormati privasi dan hak dari pemilik jaringan WiFi. Hanya gunakan informasi ini untuk perangkatmu sendiri atau atas izin pemilik jaringan.

Demikian berbagai cara mengetahui password WiFi yang sudah terhubung ke perangkatmu. Selalu, pastikan untuk mengamankan kata sandi Wifi kamu dan menggunakan jaringan Wifi yang terpercaya untuk menghindari risiko keamanan dan privasi. 

Selain itu, gunakanlah alat-alat untuk melihat atau mengetahui sandi WiFi dengan bijak. Bila WiFi yang kamu pakai bukan milikmu, selalu hargai privasi dan hak-hak pemilik WiFi tersebut.

  • 8082