Kami menggunakan cookies demi memberikan layanan terbaik di website Telkomsel Orbit Selengkapnya tentang kebijakan cookies /assets/images/icon-arrow-right-light.svg
Ilustrasi seorang pengguna teknologi metaverse dengan alat virtual reality

Apakah Benar Metaverse Bisa Meningkatkan Produktivitas Kerja?

Perkembangan teknologi terus meningkat mengikuti perkembangan zaman. Makanya, tak heran jika di era digital seperti sekarang ini, teknologi baru terus bermunculan untuk mempermudah kita dalam menjalani keseharian.

Salah satunya adalah metaverse. Ya, istilah ini rasanya sudah tidak asing lagi di telinga kita, bukan? Ini karena metaverse lagi hangat-hangatnya diperbincangkan.

Tren teknologi terbaru ini bakal diprediksi menjadi masa depan dari dunia internet.

Lalu, sebenarnya apa itu metaverse dan bagaimana pemanfaatannya dalam meningkatkan produktivitas kerja. Simak terus infonya di bawah ini sampai habis, ya.

Apa itu metaverse?

Istilah metaverse dipopulerkan oleh Facebook yang telah mengumumkan untuk mengganti nama perusahaannya menjadi Meta. Namun, hal yang bikin menarik adalah, di balik pergantian nama ini Facebook mengumumkan bahwa perusahaannya akan membangun sebuah realitas virtual baru bernama metaverse.

Ini adalah sebuah konsep ruang virtual yang dapat diakses oleh banyak orang di seluruh dunia menggunakan gadget-nya masing-masing.

Lantas, bagaimana cara kerja metaverse? Sebelum terjun ke ruang virtual ini, Anda butuh mempersiapkan perangkat khusus seperti kacamata augmented reality, headset virtual reality, aplikasi metaverse berbasis website (misalnya Decentraland, Horizon World, dan AltspaceVR), serta laptop atau smartphone untuk mengaksesnya.

Sebelum mulai menjelajah metaverse, Anda diarahkan untuk menciptakan avatar tiga dimensi sebagai perwakilan Anda di dunia tersebut.

Di sini Anda dapat berinteraksi dengan warganet lainnya dari berbagai penjuru dunia menggunakan avatarnya masing-masing, menikmati hiburan seperti bermain games, menonton konser musik, atau menikmati karya seni dalam dunia virtual. Setelah mengetahui apa itu metaverse, pertanyaan selanjutnya adalah apa dampak positif teknologi terhadap penggunanya?

Baca juga: 4 Rekomendasi Channel YouTube Ini Bisa Tingkatkan Potensi Diri, Penasaran?

Bagaimana metaverse membantu produktivitas sehari-hari?

Sebagian orang percaya, metaverse bisa membantu meningkatkan produktivitas penggunanya, terutama di masa pandemi ini yang mengharuskan orang beradaptasi untuk bekerja secara remote melalui Working from Home (WFH) atau Working from Anywhere (WFA).

Lantas, bagaimana cara metaverse dapat meningkatkan produktivitas kita sehari-hari?

1. Menciptakan Ruang Kantor Virtual

Sudah hampir dua tahun kita beradaptasi dengan melakukan pekerjaan sehari-hari dari rumah karena pembatasan mobilitas.

Supaya karyawan bisa bekerja dengan nyaman dan optimal tanpa bertemu tatap muka di kantor, setiap perusahaan berusaha mencari sistem kerja yang tepat. Misalnya, mulai mengadaptasi meeting virtual menggunakan platform video conference seperti Zoom dan Google Meet.

Nah, kehadiran metaverse bisa menjadi solusi untuk memungkinkan karyawan bekerja dan berinteraksi bersama dengan rekan kerja secara lebih personal, menggunakan audio dan avatar virtual tiga dimensi di dalam sebuah ruangan kantor virtual.

Jadi, dalam dunia metaverse ini, Anda bisa bekerja dan berkolaborasi secara lebih interaktif seperti yang Anda lakukan di kantor dalam dunia nyata.

Bedanya, Anda tidak perlu membuang waktu lama untuk pergi ke kantor, sehingga waktunya bisa digunakan lebih efektif untuk menyelesaikan pekerjaan. 

2. Membuka Peluang Pemasaran Baru

Anda seorang entrepreneur atau marketer digital?

Kehadiran metaverse bisa dimanfaatkan untuk memasarkan produk atau menawarkan promosi dengan cara baru yang lebih seru.

Salah satu caranya adalah Anda bisa menjual produk dalam versi digital dengan keuntungan tertentu.

Misalnya, jika Anda sedang merintis bisnis coffee shop, Anda dapat menjual tumblr di dunia virtual yang bisa memberikan diskon kepada pelanggan, ketika membeli kopi di dunia nyata.

Contoh lain, untuk Anda yang punya usaha furnitur. Anda bisa menjual produk furnitur dengan mengajak pembeli melihat tampilan, desain, dan dimensi produk secara real time di metaverse.

Hal ini tentu jadi terobosan baru, karena pembeli tidak harus datang ke toko Anda untuk mengecek barangnya. Semakin banyak orang yang merasakan pengalaman ini, semakin banyak juga potensinya menjadi pelanggan baru produk Anda. 

3. Mendukung Anda Berinvestasi di Dunia Virtual

Aset digital seperti NFT (Non-Fungible Token), jadi investasi baru yang berpotensi mendatangkan cuan.

Mungkin Anda masih ingat, berita viral seorang siswa yang bisa mendapatkan untung hingga 1,7 miliar rupiah dengan menjual NFT berupa foto selfie dirinya selama bertahun-tahun?

Ini hanya salah satu contoh mencari peluang pendapatan baru di metaverse. Ada berbagai aset digital yang bisa menjadi investasi jangka panjang, seperti gambar ilustrasi, pakaian dan aksesori yang bisa digunakan dalam dunia games atau dunia virtual lainnya, hingga properti seperti rumah dalam dunia maya.

Walaupun hanya bisa digunakan atau dinikmati di dunia virtual, berbagai aset tersebut dapat diperjualbelikan dan memiliki nilai yang berharga.

Transaksinya dilakukan menggunakan mata uang crypto, yang nantinya bisa ditukarkan dengan mata uang asli di dunia nyata.

Anda bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk menjual karya Anda di metaverse, atau mulai berinvestasi aset digital untuk mencapai tujuan keuangan Anda, tanpa perlu meninggalkan rumah.

4. Menciptakan Sekolah Virtual yang Lebih Interaktif

Platform video conference banyak digunakan sekolah, agar guru dan siswa lainnya dapat saling berinteraksi.

Sayangnya, interaksi yang dihasilkan tidak maksimal karena setiap orang harus bergantian ketika ingin berbicara.

Metaverse bisa menjadi solusi untuk meningkatkan interaksi antara sesama pelajar dan guru, karena mereka bisa berkomunikasi langsung menggunakan avatar tiga dimensi di ruangan kelas virtual secara real time.

Serunya lagi, avatar tersebut juga bisa berpindah-pindah dari satu ruang kelas ke ruang kelas lain, tanpa harus keluar dari platform.

Selain itu, di dalam kelas virtual ini nantinya siswa juga bisa melakukan simulasi untuk mempraktekan langsung teori yang dipelajari.

Misalnya, siswa sekolah dapat belajar anatomi hewan dalam kelas biologi secara interaktif, atau mahasiswa dapat mengasah langsung keterampilan prakteknya dalam membuat desain arsitektur. Tanpa keluar dari rumah, para siswa dan mahasiswa bisa tetap produktif belajar.

 

Nah, sekarang Anda sudah lebih mengenal apa itu metaverse dan manfaatnya dalam meningkatkan produktivitas Anda dan keluarga di rumah.

Jadi, sudah siap untuk bereksplorasi di dunia metaverse? Agar pengalaman menjelajah dunia metaverse lebih optimal, Anda membutuhkan akses internet yang cepat dan stabil.

Telkomsel Orbit bisa menjadi pendukung koneksi internet rumah Anda, agar Anda sekeluarga dapat menikmati jaringan internet yang lancar. 

Dengan menggunakan modem wifi 5G Telkomsel Orbit, Anda dan anggota keluarga dapat mengakses internet secara bersamaan, bahkan sampai 32 perangkat sekaligus. Jadi, Anda bisa mengakses metaverse bersama-sama dengan anggota keluarga. Semua fitur tersebut bisa Anda atur dengan mudah melalui aplikasi MyOrbit.

Yuk, cari tahu info selengkapnya tentang keunggulan fitur modem Orbit di website www.myorbit.id sekarang!

Telkomsel Orbit

  • 745