Kami menggunakan cookies demi memberikan layanan terbaik di website Telkomsel Orbit Selengkapnya tentang kebijakan cookies /assets/images/icon-arrow-right-light.svg
wifi tanda silang merah

Mengatasi Tanda Silang Merah WiFi, Masalah di Laptop atau Router?

Banyak pengguna windows yang mengeluh tentang kemunculan tanda silang pada WiFi yang mereka pakai. Tanda silang di WiFi dapat mengganggu produktivitas Anda yang memerlukan internet.

Tanda silang di wifi bisa terjadi tiba-tiba meskipun koneksi internet pada wifi di perangkat lainnya tidak ada masalah. Ini disebabkan oleh beberapa faktor, lalu bagaimana cara menghilangkan tanda silang pada koneksi internet WiFi? Sebelum itu, simak faktor penyebab munculnya tanda silang pada wifi.

7 Faktor Penyebab dan Cara Mengatasi Tanda Silang WiFi yang Muncul di Windows 7, 8, dan 10

Tanda silang merah di WiFi sudah menjadi salah satu masalah yang paling sering terjadi pada pengguna laptop maupun komputer dengan OS Windows 7, 8, dan 10. Nah, berikut ini beberapa penyebab sinyal wifi ada tanda silang merah:

1. Driver WiFi Belum Terinstall

Penyebab utama dari tanda silang adalah driver yang mungkin belum Anda install. Driver ini bernama WLAN, Wireless, dan sejenisnya. Secara umum, driver WiFi akan hilang ketika laptop Anda baru di-install ulang.

Agar Anda dapat mengetahui apakah driver WiFi sudah terinstall atau belum, Anda bisa melihatnya di Device Manager.

Caranya, pilih Properties lalu klik Device Manager dan Network Adapters.

Agar lebih cepat, tekan tombol Windows + R, kemudian ketik: mmc devmgmt.msc.

Untuk mengetahui driver WiFi mana yang Anda tidak punya, nantinya akan ada tanda peringatan: tanda tanya atau segitiga kuning pada daftar driver yang tersedia.

2. Fungsi Driver WiFi Disable

Ketika driver WiFi Anda terblokir, maka akibatnya akan muncul tanda silang pada ikon koneksi WiFi. Faktor ini kerap terjadi karena adanya kecelakaan ketika memakai komputer.

Driver WiFi disable bisa terjadi karena Anda tidak sengaja menekan kombinasi tombol keyboard, sehingga driver WiFi tidak bekerja dengan maksimal.

Cara mengaktifkan kembali driver cukup mudah, klik kanan driver lalu klik Aktifkan.

3. WiFi Tidak Nyala

Faktor penyebab tanda silang berikutnya adalah WiFi yang masih dalam keadaan mati. Faktor ini sangat mudah untuk Anda temukan.

Solusi terbaik untuk masalah ini adalah dengan masuk ke Windows Mobility Center yang ada di laptop.

Lalu untuk Windows 7: Tekan tombol Windows + X lalu pilih Turn Wireless On.

Untuk Windows 8 dan 10: Tekan tombol Windows + X kemudian pilih Mobility Center, Pilih Turn Wireless On.

Baca juga: 6 Cara Memperkuat Sinyal Modem WiFi Sampai ke Sudut Rumah

4. Pembaruan Windows Gagal

Salah satu kesalahan yang paling umum di laptop adalah pembaharuan Windows yang gagal. Sehingga membuat teknis laptop menjadi rusak.

Karena kerusakan ini bisa terjadi di berbagai sistem komputer, apalagi jika ditambah dengan tanda silang pada WiFi. Komputer semakin menjadi error.

Mengapa upgrade Windows bisa mengalami kegagalan? Hal ini karena kurang proteksi dan pengguna yang salah dalam melakukan pembaruan.

Biasanya, pembaruan Windows akan dilakukan setiap 6 bulan sekali. Jika lebih dari itu, potensi berbahaya bisa terjadi pada kesehatan Windows.

Selain itu, menginstall ulang Windows bukan solusi terbaik untuk kesehatan Windows, sebaiknya tingkatkan saja pembaruan. Jadi, laptop atau PC akan lebih awet.

Pembaruan pada Windows tidak membutuhkan jaringan yang terlalu cepat, Anda juga dapat menggunakan kecepatan jaringan menengah. Bahkan, pembaruan Windows hanya berlangsung dalam beberapa menit saja.

Biasanya untuk mencegah terjadinya error setelah pembaruan Windows, yaitu melakukan backup dan restore, ikuti langkahnya di bawah ini:

Untuk Windows 7:

  1. Klik Start
  2. Masuk ke Control Panel
  3. Klik Backup and Restore
  4. Lalu pilih Restore system settings or your computer.

Untuk Windows 8 atau 8.1:

  1. Pergi ke Control Panel
  2. Klik Recovery, dan
  3. Pilih Open System Restore.

Untuk Windows 10:

  1. Klik icon Windows di pojok kiri bawah
  2. Tekan tombol gear (tombol pengaturan)
  3. Pilih Update & Security
  4. Pilih Recovery.
  5. Masih di Update & Security, klik Windows Update
  6. Klik Restart now.

Lanjutkan dengan memilih restore point. Sebelum melanjutkan ke langkah selanjutnya, pastikan restore point akan dilakukan dalam waktu dekat sebelum melakukan update ke Windows troubleshooting WiFi.

Pilih Next lalu klik Finish dan tunggu beberapa menit hingga proses restore selesai.

Setelah restore point berhasil, maka sistem kembali ke keadaan semula sesuai tanggal restore point yang dipilih.

5. Salah Menginstall Driver WiFi

Faktor ini sering terjadi karena adanya masalah kehilangan file driver pada perangkat Anda. Jadi, jika Anda tidak mengetahui dan mengecek file driver terlebih dahulu, nantinya akan mengakibatkan masalah.

Salah satunya berdampak pada bagian WiFi yang bermasalah. Meskipun merek perangkat sama, namun file driver di dalamnya tentu berbeda-beda. Oleh sebab itu, Anda harus memperhatikannya secara rinci.

Install driver pada perangkat PC atau laptop, tidak hanya mempertimbangkan jenisnya saja, namun sistem operasi, prosesor, dan konfigurasi juga harus terlibat.

6. Memperbaiki Jaringan WiFi

Bagaimana cara untuk memperbaiki koneksi jaringan pada WiFi di perangkat laptop atau komputer? Berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Kunjungi menu Start.
  2. Buka Control Panel.
  3. Pilih Jaringan dan Internet.
  4. Kemudian buka opsi Jaringan dan Pusat Berbagi.
  5. Lalu tekan opsi Ubah Pengaturan Adaptor.
  6. Setelah itu pilih ikon WiFi bagian kanan.
  7. Pada menu konteks, tekan opsi Diagnosis.
  8. Terakhir pilih Troubleshoot Problems untuk memperbaiki tanda silang di WiFi.

7. Reset Jaringan

Jika Anda belum tahu cara untuk mereset jaringan WiFi, berikut di bawah ini langkah-langkah yang bisa Anda lakukan:

  1. Tekan kombinasi tombol windows + R di keyboard untuk membuka dialog Run.
  2. Selanjutnya, masukkan netsh winsock reset.
  3. Lalu klik OK, agar proses dapat berjalan.
  4. Terakhir, tekan Restart. Sehingga tanda silang pada WiFi bisa hilang dengan mudah.

8. Mengecek Servis Wireless

Berikut cara menghilangkan tanda silang pada koneksi internet WiFi dengan mengecek servis wireless:

  1. Tekan Windows + R agar kotak Run dapat terbuka.
  2. Buka jendela layanan dengan mengetik services.msc.
  3. Tekan tombol Enter.
  4. Tersedia beberapa jaringan, antara lain Network Connections, Network Location Awareness, Network Store Interface Service, WLAN AutoConfig dna Network List Service.
  5. Pilih semua layanan.
  6. Buka Tab Umum dan aktifkan tombol Mulai.

 

Baca juga: Penyebab & Cara Mengatasi Wifi Tersambung Tidak Ada Internet
 

Berikutnya bila kemungkinan gangguan dari laptop atau pc sudah Anda coba perbaiki namun wifi belum bisa berfungsi, coba ikuti langkah berikut ini untuk cek kemungkinan gangguan dari router.

Jika Gangguan Berasal dari Router, Ini 3 Cara Menghilangkan Tanda Silang Pada Koneksi Internet WiFi

Setelah mengetahui beberapa faktor penyebab tanda silang pada WiFi, berikut ini adalah cara untuk mengatasi WiFi tanda silang yang perlu Anda ketahui:

1. Lakukan Restart Router WiFi

Cara menghilangkan tanda silang pada koneksi internet WiFi yang pertama adalah dengan melakukan restart modem WiFi yang akan Anda gunakan.

Cara ini terbilang sangat mudah untuk dilakukan, Anda hanya perlu mencabut colokan yang terpasang di daya WiFi tersebut. 

Selain itu, Anda juga bisa menekan tombol yang tersedia di router. Biasanya, tombol router digunakan untuk menyalakan dan mematikan WiFi.

2. Mereset Router WiFi

Jika melakukan restart tidak berdampak positif, Anda bisa melakukan reset pada router WiFi. Caranya pun mudah untuk dilakukan.

Anda hanya perlu login ke page router dengan menggunakan kode masuk tertentu. Setelah itu, cari opsi dan pilih reset router atau modem yang tersedia.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan tombol reset yang ada di bagian router WiFi. Biasanya, beberapa router WiFi memiliki tombol resetnya masing-masing.

Kemungkinan akan ada beberapa perubahan, misalnya password WiFi. Oleh sebab itu, Anda perlu menambahkan setting lain untuk router WiFi yang Anda miliki.

3. Mengecek Koneksi WiFi

Cara menghilangkan tanda silang pada koneksi internet WiFi selanjutnya adalah dengan mengecek koneksi atau jaringan WiFi Anda. Agar memastikan apakah WiFi error atau tidak, cek ikon WiFi yang ada di perangkat Anda.

Jika terjadi masalah, berarti modem atau router WiFi sedang mengalami kerusakan. Sebaiknya menghubungi  pihak penyedia WiFi langganan Anda untuk memperbaikinya. Biasanya, mereka akan meninggalkan nomor ponsel pada box router saat instalasi

Segera Hilangkan Tanda Silang Agar Koneksi WiFi Berjalan Lancar! Setelah membaca dan mencoba berbagai cara yang kami rekomendasikan untuk mengatasi tanda silang merah pada wifi, diharapkan kamu dapat internet-an dengan normal.

Untuk mendapat koneksi internet yang lancar dan cepat, Telkomsel Orbit menyediakan pilihan modem wifi rumah dengan teknologi WiFi 2,4 GHz & 5 GHz, tingkat kecepatan modem hingga 50 Mbps. Yuk, cek disini.

Telkomsel Orbit

  • 107